Kamis, 18 Oktober 2018

Genmuda – Saat kamu kuliah nama ‘Indeks Prestasi Kumulatif’ atau IPK ibarat sesuatu yang harus dipertahakan melebihi perjuangan kamu untuk mempertahankan hubungan dengan pacar. Alasannya simple banget, IPK akan berakhir untuk mencari pekerjaan, sedangkan hubungan hanya berakhir dengan naik ke pelaminan atau kandas di tengah jalan. *puk-puk.

Dengan gambaran seperti itu, perjuangan guna meningkatkan atau mempertahankan IPK jadi sesuatu yang mutlak dilaksakan setiap mahasiswa. Bayangin aja, kalau IPK kamu kurang belum tentu bisa ambil mata kuliah sesuai paket SKS, akhirnya lulusnya jadi ngaret, susah dapat pekerjaan, dan mirisnya ditinggalin pacar. Duh!

Well, Genmuda.com pun yakin Kawan Muda pasti engga mau momen ngenes kayak gitu menimpa kamu kan? Tapi nih, kamu juga engga perlu khawatir IPK kamu jelek kalau kamu sudah sering melakukan kebiasaan berikut ini.

1. Membaca catatan sebelum tidur

(Sumber: Tumblr)

Kalau dari kecil kita udah biasa diajarin membaca dan menyiapkan buku pelajaran buat besok, tanpa sadar kita sebenernya udah siap menerima materi yang besok akan kita pelajari. Selain itu, membaca catatan sebelum tidur sangat mempengaruhi meningkatkan daya ingat kamu.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa otak akan mengingat kejadian yang dialami setiap hari yang kemudian disimpan dalam memori jangka panjang (long term memory). Artinya, kamu punya kesempatan buat membuka catatan kamu sebelum otak kamu beristirahat alias tidur di malam hari.

2. Belajar lebih awal

Study hard

Hilangkan kebiasaan SKS alias ‘Sistem Kebut Semalam’. Kalau ada yang bilang hal itu lebih efektif, pastinya cuma berlaku pada segelintir mahasiswa doang. Itu pun belum dipengaruhi sama faktor keberuntungan.

Oleh karena itu, belajar lebih awal mampu membantu kamu melewati soal ujian paling sulit. Jika dilihat dari unsur kesehatan, cara ini mampu menghilangkan stres serta pola tidur yang tidak teratur karena belajar hingga larut malam.

3. Bangun pagi dan buat rencana hari ini mau ‘ngapain’

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

“Bangun pagi biar rejeki kamu engga dipatok ayam.” ungkapan kayak gitu sering banget kan didenger sama Kawan Muda. Jika dihubungkan oleh penelitian ilmiah, bangun pagi dan menyiapkan segala sesuatu yang ingin dikerjakan hari ini ternyata bisa membuat kita lebih produktif, termasuk dalam hal menerima materi dari dosen.

4. Belajar untuk produktif bukan sekedar menyerap materi

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Kuliah rajin, catatan rapih, materi yang diberikan ngerti, tapi apakah kamu termasuk produtif? Metode produktif di sini lebih dikhususkan pada cara produktifitas kamu dengan waktu. Sederhana aja kok, kamu bisa mulai dengan menjauhkan ponsel kamu saat belajar. Ingat ya, kemampuan berpikir tiap orang berbeda-beda, jadi gunakanlah metode belajar yang kamu anggap paling mudah buat kamu, bukan buat orang lain.

5. Disiplin mencatat

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Mencatat di kelas aja jarang, gimana mau ningkatin IPK kamu? Ngimpi! FYI, mencatat bisa membantu meningkatkan daya ingat kamu. Seperti yang pernah Genmuda.com berikan, mencatat juga adalah salah satu modal kamu mendapatkan kesuksesan, termasuk meningkatkan IPK.

Pada akhirnya nih gaes, IPK memang bukan jadi patokan buat kebanggaan kamu. Namun alangkah baiknya jika IPK dan soft-skill yang kamu miliki berimbang, sehingga dapat menjadi bekal kamu di masa depan. Jika kebiasaan di atas masih belum cukup buat kamu, artinya kamu masih harus berusaha lebih giat lagi buat belajar. Tetap semangat ya! Selamat Hari Senin!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.