Rabu, 12 Desember 2018

Genmuda – Penganugerahan gelar pemain sepakbola terbaik atau Ballon d’Or 2018 emang masih punya banyak waktu sampe akhir tahun nanti. Walau begitu, hegemoni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mungkin bakal mulai kendor mengingat banyak bintang muda dengan penampilan apik di level tim hingga timnas.

Gak cuma itu dong gengs, para pesaing dari dua pemain peraih Ballon d’Or dalam satu dekate terakhir itu diprediksi makin besar lantaran mereka juga tampil di pentas Piala Dunia 2018 di Rusia. Kalo ngelihat dari fakta terbaru, 5 pemain ini masih bisa mencuri perhatian pecinta sepakbola buat menanging Ballon d’Or 2018.

1. Mohamed Salah

Alasan kuat: Top skor Liverpool musim ini dan punya peran penting meloloskan Mesir ke Piala Dunia 2018

Penampilan Salah di Liverpool musim ini mungkin jadi penghibur paling mujarab setelah kepergian Coutinho ke Barcelona. Pemain Mesir itu pun juga sukses menyaingi Harry Kane di daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 24 gol hingga pekan ke-29. Liverpool sendiri masih bisa nikung MU di posisi dua saat bentrok Sabtu (10/3) di Old Trafford.

Sedangkan pada level Liga Champions, The Reds juga lolos ke fase 8 besar dengan menang agregat secara meyakinkan, 5-0 atas Porto. Jadi layak ditunggu apakah pemain terbaik Afrika 2017 ini bisa memberikan kejutan di akhir musim dan ajak Piala Dunia 2018.

2. Kevin De Bruyne

Alasan kuat: Masih punya banyak peluang meraih gelar bersama Manchester City dan Timnas Belgia

Secara gaya permainan, De Bruyne emang gak semencolok gocekan La Pulga atau power se-seterong CR7. Tapi, harus Kawan Muda inget kalo bintang Manchester City ini termasuk pemain paling sering ciptain banyak peluang di musim 2017/2018. Tercatat 14 assist dan 7 gol udah dikoleksi doi musim ini.

Berdasarkan hitung-hitungan di atas kertas, City tinggal membutuhkan 4 kemenangan lagi buat menyegel trofi Liga Inggris. Sedangkan di ajang Liga Champions, The Citizen juga masih memiliki peluang setelah lolos ke fase perempat final. De Bryune pun masih bisa show off kualitasnya dengan timnas Belgia di Piala Dunia. Walau gak dijadiin favorit, namun segala skenario masih bisa terjadi.

3. Neymar Jr.

Alasan kuat: Udah jadi pemain termahal dan Brasil jadi tim favorit

Nama pemain muda ini mungkin udah gak asing lagi dalam nominasi Ballon d’Or, meskipun cuma jadi bayang-bayang Messi dan Ronaldo. Tapi musim 2017/2018 terasa berbeda buat Neymar Jr. lantaran mencatatkan namanya sebagai pemain termahal sejagat setelah dibeli PSG.

Sayangnya, pembelian Neymar gak bisa menolong PSG di pentas benua biru. Soalnya PSG gagal melaju ke babak 8 besar Liga Champions setelah kalah dari Real Madrid. Pemain 26 tahun yang sedang cedera itu pun masih aja bisa menyabet Ballon d’Or selama penampilannya bisa konsisten dan membawa Timnas Brasil memboyong Piala Dunia.

4. Robert Lewandowski

Alasan kuat: Kesempatan menangin trible

Penampilan Lewandowski bersama Bayern Munich terbilang cukup konsisten dalam torehan gol dan perolehan gelar. Walau doi selalu kalah saing sama Ronaldo dan Messi, namun dalam pencapain tim musim ini, Lewandowski terbilang lebih baik ketimbang Ronaldo. Sama kayak De Bruyne di Manchester City, doi masih menyimpan peluang meraih treble winner di musim 2017/2018.

Sedangkan dalam level Timnas, seenggaknya Polandia diunggulkan buat lolos dari fase Grup H Piala Dunia 2018 yang dihuni sama Kolombia, Senegal, dan Jepang. Selanjutnya apakah doi bisa memberi kejutan tambahan? Kita liat aja nanti.

5. Harry Kane

Alasan kuat: Ngalahin Ronaldo dan Messi dalam urusan gol terbanyak

Timnas Inggris mungkin bakal berharap ketajaman Harry Kane di Piala Dunia nanti bisa setajam di Tottenham Hotspurs. Dengan 36 gol dari 40 laga musim ini, Kane sejatinya jadi ancaman serius Messi dan Ronaldo dalam perebutan Sepatu Emas Eropa. Tapi rekor invidu itu gak berbanding lurus sama Spurs di kancah Eropa.

Satu-satu gelar yang masih bisa didapetin Kane musim ini adalah trofi FA Cup. Meski peluangnya menangin Ballon d’Or terbilang kecil dibandingin empat nama sebelumnya, tapi kalo doi emang serius mau menangin anugerah bergensi itu, udah waktunya Kane pindah ke tim yang lebih besar di liga lain. Entah itu Real Madrid atau Bayern Munich.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.