Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Tren teknologi smartphone emang masih dipegang sama dua raksasa teknologi, yakni Apple dan Samsung. Saat akhir tahun 2017 kemarin Apple ngerilis iPhone X, banyak netizen yang akhirnya jatuh hati dan rela ngeluarin budget setara ‘satu motor baru’ buat dapetin iPhone tercangih itu.

Gak cuma dalam sisi konsumen gengs, produsen smartphone lain juga ikutan latah ingin membuat smartphone kayak iPhone X. Walau dalam segi spesifikasi gak terlalu canggih-canggih banget, nyatanya ada 5 pabrikan China yang pede banget ngikutin desain iPhone X.

‘Copy-paste’ desain yang Genmuda.com maksud emang macem-macem, ada yang layarnya ikutan fullscreen, posisi kameranya yang ikutan vertikal, dan masih banyak lagi deh. Nih, baca aja kalo gak percaya.

1. Ulefone T2 Pro

via: Videoland
(Sumber: Videoland)

Genmuda.com percaya kamu pasti belum pernah denger nama merek ini. Ulefone adalah vendor asal China yang ngeluarin flagship mirip iPhone X dengan harga miring abis. Nama smartphonenya adalah Ulefone T2 Pro, dengan layar 6,7 inch rasio 19:9, prosesor Mediatek Helio P70, RAM 8 GB, Internal Storage 128 GB, baterai 5.000 mAh, dual kamera belakang 21 MP dan 13 MP. Sistem operasinya udah dibekalin sama Android Oreo 8.1. T2 Pro dijual dengan harga kisaran Rp 3 jutaan.

2. Doogee V5

via: CNBC
(Sumber: CNBC)

Pabrikan China ini ngenalin smartphone anyar mereka Doogee V5 pada acara Mobile World Congress 2018. Keunggulannya ada pada layar 6.2 inch, teknologi wireless charging, dan desain fullscreen ‘yang katanya’ lebih sporty ketimbang iPhone X. Karena belum dirilis, harganya masih dirahasiain sama pihak perusahaan.

3. Leagoo S9

via: GSM Arena
(Sumber: GSM Arena)

Leagoo gak cuma ‘copy-paste’ iPhone X doang, tapi juga Samsung Galaxy S9. Kenapa? Nama smartphonenya aja Leagoo S9. Wadiaw! Desain layar dan kamera utama vertikal aja udah pasti ngikutin iPhone X banget. Kalo pun ada yang ngebedain paling cuma warna biru metalik yang udah lebih dulu dipopulerin sama Oppo dan Huawei. Soal harga, Leagoo S9 dijual Rp 2 jutaan.

4. Oukitel U18

via: Gizmo China
(Sumber: Gizmo China)

Smartphone yang mirip kayak nama Timnas ini sempat disebut sebagai bayang-bayang iPhone X versi The Verge. Oukitel U18 juga nawarin teknologi face id dengan baterai 4.000 mAh. Bentang layarnya 5,8 inci rasio 12:9, prossesor Mediatek MT6750T, RAM 4 GB, internal storage 4 GB, dan dual kamera belakang 16 MP dan 5MP. Smartphone China ini dibanderol dengan harga Rp 2,5 jutaan.

5. Huawei P20

via: GSM Arena
(Sumber: GSM Arena)

Huawei ngeluarin tiga jenis P20, yaitu P20, P20 lite, dan P20 Pro. Dari rumor yang beredar di Twitter, seri terbaru ini bakal dirilis pada 27 Maret 2018. Banyak netizen yang komentarin ‘copy-paste’ Huawei atas iPhone X mulai dari layar hingga kamera vertikal. Dilansir dari GSM Arena, untuk seri P20 Pro kabarnya produsen asal China itu bakal gunain triple kamera. Agak lebay sih. Di Eropa smartphone P20 dibandrol dengan harga mulai Rp 6,5 jutaan.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.