Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Setelah 9 tahun dari film yang ketiga, Disney dan Pixar bakal kembali melanjutkan sekuel “Toy Story 4” pada Juni tahun depan. Film ini masih diramaikan oleh para mainan yang pertama kali memulai debut di tahun 1995.

Sejauh ini Pixar cuma kasih bocoran bahwa jalan cerita akan fokus pada petualangan Woody dan Buzz Lightyear untuk mencari Bo Peep, yang sempat absen di film pertama. Walau sejumlah pihak sempat mempertanyakan keputusan tersebut, namun franchise Toy Story emang selalu mendatangkan untung besar.

Perlu digarisbawahi, di luar dari pendapatan Box Office aja Disney udah ngedapetin untung lebih dari 10 milyar US dollar cuma dari penjual merchandise Toy Story doang. Warbiasyak. Terus apa sih yang bikin film ini keempatnya lebih menarik? Nih, baca dulu aja 5 hal di bawah ini!

1. Kembalinya aktor dari film pertama

©Pixar/2018
©Pixar/2018

Sebagai salah satu pionir film animasi komputer, “Toy Story 4” kembali menghadirkan pengisi suara dari tiga film sebelumnya yang udah terlibat lebih dari 20 tahun dalam franchise ini. Woody (Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen), Jessie (Joan Cusack), Rex (Wallace Shawn), Hamm (John Ratzenberger), Mrs. Potato Head (Estelle Harris), dan Bo Peep (Annie Potts) dipastikan kembali hadir dalam film ini.

Belum diketahui apakah suara Mr. Potato Head masih diperankan oleh Don Rickles atau aktor lain. Sebagaimana kita tau bahwa komedian senior Amerika Serikat tersebut meninggal pada bulan April 2017.

Belum diketahui apakah Rickles udah lebih dulu menyumbangkan suara sebelum meninggal atau digantikan oleh aktor lain. Kasus serupa sempat juga terjadi pada film “Toy Story 3” dimana suara aktor Jim Varney (Slinky Dog) digantikan oleh Blake Clark sampai sekarang. Clark sendiri diketahui sahabat baik dari Varney semasa hidupnya.

2. Karakter baru

via: Instagram
(Sumber: Pixar)

Dua teaser trailer dalam dua hari berturut-turut dilempar oleh Pixar tanggal rilis film “Ralph Breaks the Internet”. Dari teaser itu pula pihak studio udah membocorkan tiga karakter baru. Pertama adalah garpu bernama Forky yang perankan oleh Tony Hale. Terus masih ada dua boneka lucu, Ducky (Keegan-Michael Key) dan Bunny (Jordan Peele) yang tampil cukup meyakinkan dalam teaser keduanya.

3. Naskah film banyak direvisi

©Disney/Pixar
©Disney/Pixar

Ide membuat film keempat Toy Story sebenarnya udah muncul di tahun 2015 ketika sutradara dan penulis naskah, Andrew Stanton menawarkan cerita kepada John Lasseter. Dalam acara D23 Expo, film ini seharusnya tayang tahun 2017. Saat itu pun muncul perdebatan apakah jalan ceritanya masih berlanjut dari “Toy Story 3” atau engga, namun bos Pixar, Jim Morris akhirnya mantap memutuskan cerita filmnya engga berkaitan.

Namun penggarapan filmnya banyak berubah, pertama keluarnya dua penulis naskah Rishida Jones dan Will McCormack lantaran proses kreatif keduanya berseberangan dengan Pixar. Gak lama setelah itu John Lasseter mundur dari jabatannya pada akhir tahun 2017 karena tuduhan pelecehan seksual.

Drama itu pun membuat sepertiga naskah film yang udah dibuat harus ditulis ulang oleh tiga sutradara kawan Pixar yaitu, Lee Unkrich, Andrew Stanton, dan Pete Docter. Imbas dari revisi naskah juga membuat jadwal filmnya harus ditukar dengan “Incredibles 2”.

4. Film Toy Story pertama tanpa pengawasan John Lasseter

via REUTERS
John Lasseter, Chief Creative Officer Walt Disney dan Pixar Animation Studios (tiga dari kiri) pamerin Lightning McQueen seukuran mobil beneran di Detroit Auto Show, AS, 8 Januari. (REUTERS/Brendan McDermid)

Ini juga jadi film Toy Story pertama tanpa dominasi peran John Lasseter sebagai kepala animasi Pixar yang digantikan oleh Pete Docter. Posisi sutradara diisi sama Josh Cooley yang pernah menggarap film “Inside Out” dan film pendek “Riley’s First Date?”.

5. Randy Newman kembali mengisi soundtracknya

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Kamu pasti tau dong lagu “You’ve got a friend in me?” yang ikonik itu? Nah, lagu itu digarap sama musisi legendaris Randy Newman. Setelah berhasil menyabet Oscar untuk lagu “We belong together!” di “Toy Story 3”, dirinya masih dipercaya menggarap soundtrack dan scoring untuk “Toy Story 4”.

Buat Kawan Muda yang gak sabaran sama “Toy Story 4”, filmnya dijadwalkan tayang pada 21 Juni 2019.

(sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.