Minggu, 19 November 2017
Kekinian

5 Gaya Hidup Paling Hits di Tahun 2015 (Bakalan Terus Eksis Gak ya?)

Genmuda – Dalam beberapa hari ke depan kita bakalan menyambut tahun baru 2016. Nah, sebelum kita move-on ke tahun baru, Genmuda.com bakalan ajak kamu nge-recap apa aja sih gaya hidup yang paling hits di tahun 2015.

Setelah minggu kemarin kita bahas Film, MV, Gadget, Fashion, sampai semua hal yang viral di tahun 2015. Kira-kira ada gaya hidup apa ya yang booming banget tahun ini? Hmm…kira-kira kamu mengalaminya gak ya? Yuk, cekidot gaes!

  1. Transportasi Online
Go-Jek (Sumber: Go-Jek)
Go-Jek (Sumber: Go-Jek)

Tahun 2015 ini bisa dibilang tahunnya transportasi online. Mulai dari ojek sampai mobil pribadi bisa mengalahkan transportasi publik. Saking hitsnya, semua orang berlomba-lomba mulai beralih ke transportasi online. Metode pemesanan yang mudah, cepat, aman, dan murah adalah kunci keberhasilan bisnis ini. Well, suka engga suka, transportasi online jadi salah satu bentuk gaya hidup di tahun 2015.

Bagaimana di tahun depan: Kasus larangan transportasi online dari Menhub, Ignasius Jonan, beberapa minggu lalu jadi saksi betapa dibutuhkannya gaya hidup yang satu ini di Indonesia. Engga sampai 24 jam, larangan ini akhirnya dicabut. Ini pun jadi bukti nyata, kalau belum adanya transportasi publik yang lebih baik bisa jadi transportasi online masih berjaya di tahun depan.

 

  1. E-Money
Ilustrasi Binary Code (foto: pic4k)
Ilustrasi Binary Code (foto: pic4k)

Satu lagi gaya hidup yang engga lepas di tahun ini, yaitu e-money. Kemajuan teknologi yang akhirnya memaksa masyarakat kita memiliki e-money (uang digital). Walau awalnya dianggap ribet, akhirnya banyak transportasi publik sampai sarana umum yang menggunakan e-money.

Bagaimana di tahun depan: Genmuda.com masih tetap percaya kalau gaya hidup yang satu ini bakalan terus berjaya. Sederhana aja, kamu juga lebih suka belanja online kan? Pastinya e-money butuh banget kan?

 

  1. Pesona Batu Akik
(Sumber: Antara)

Dari orang tua sampai anak SD mendadak demam batu akik di tahun 2015. Melihat sifatnya sebagai batu alam yang diistimewakan, harga batu akik melambung hingga ratusan juta rupiah. Sekedar mengingatkan kamu nih, akhir Mei 2015, warga Aceh dihebohkan dengan penemuan batu akik berukuran 20 Ton. Tahu berapa harganya? Kalau ditaksir sih sampai Rp 30 miliar. Edan kan?

Bagaimana di tahun depan: Engga sampai akhir tahun, pesona batu akik seperti timbul tenggelam. Keberadaan para penikmatnya sih masih ada. Tengok aja Pasar Rawa Bening, Jakarta. Tapi kalau diprediksi tren Batu Akik di tahun depan mungkin tidak sebegitu besar seperti tahun 2015.

 

  1. Kedai ‘ala-ala’ Filosofi Kopi
(Sumber: WordPress)

Saya jamin, kamu engga perlu baca atau nonton film ‘Filosofi Kopi’ dulu buat mencicipi gimana rasanya kopi. Saya cuma melihat kalau film ini punya magnet yang cukup kuat, terutama dalam bisnis kedai kopi di Indonesia tahun 2015. Sedikit demi sedikit, keberadaan kedai kopi mulai ramai di kota-kota besar. Tentunya ini emang bukan jadi pionir lahirnya kedai kopi ya gaes, bisa jadi orang yang minum bukan pecinta kopi tapi udah jadi sesuatu yang kekinian.

Bagaimana di tahun depan: Gaya hidup seperti (kuliner) paling rentan mengalami perubahan. Engga heran jika kualitas jadi nilai tambah bakal terus berkembangnya kedai kopi. Roda ekonomi terus berputar sob, selain kualitas produk, daya beli pun jadi nilai penilaian konsumen. Coba aja tengok warkop yang menjual burjo pasti tetap laku walau ekonomi sedang lesu. He-he.

 

  1. E-Commerce
(Sumber: Tech Asia)
(Sumber: Tech Asia)

Siapa sih yang engga suka online shopping? Selain mudah dan gampang, kita juga hemat waktu pula. Tren ini pun melejit di tahun 2015. Puncaknya adalah peringatan Harbolnas 2015 di awal bulan Desember kemarin. Walau YLKI menyatakan belum ada aturan soal peringatan hari belanja online nasional ini, tapi kayaknya engga terlalu berpengaruh sama masyarakat. Buktinya hampir 30 persen jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan internet, dan lemba riset ICD memprediksi kalau pasar e-commerce bakalan meningkat 42 persen.

Bagaimana di tahun depan: Hidup di era digital, pastinya gaya hidup yang satu ini bakalan terus berkembang. Suka atau tidak, banyak dari kita yang lebih mencari kemudahan lewat pengetahuan informasi dan teknologi.

 

Simplenya tahun 2015 emang penuh cerita ya gaes. Kamu setuju engga nih? Anyway, kira-kira gaya hidup apa lagi ya yang bakalan nge-hits di tahun 2016?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.