Jum'at, 27 April 2018

Genmuda – Dunia YouTube heboh sama aksi gak beretika Logan Paul. Youtuber Amerika Serikat itu dikecam karena dianggap jadiin fenomena bunuh diri di hutan Aokigahara sebagai becandaan pada salah satu video.

Dilansir dari BBC, Selasa (2/1), Makoto, relawan pencegah bunuh diri Jepang bilang, perlakuan Logan yang tertawa saat melihat mayat yang gantung diri, sama saja melecehkan masyarakat Jepang.

Seandainya Logan banyak baca dan berkonsultasi sama orang Jepang, doi pasti bisa bikin video sisi lain Aokigahara berdasarkan fakta-fakta di bawah ini. Bukannya ngecengin orang meninggal. Kan gak ada lucu-lucunya sama sekali.

1. Lautan pohon

via yamanashi-kankou.jp
(Sumber: yamanashi-kankou.jp)

Hutan Aokigahara adalah salah satu hutan lebat yang berada di sebelah Barat Laut Gunung Fuji. Saking lebatnya, Aokigahara sampe dijuluki hutan “Lautan Pohon” oleh warga sekitar.

Kesuburan area seluas 30 kilometer persegi itu disebabkan oleh endapan lava vulkanik bermineral tinggi hasil letusan Gunung Fuji sekitar tahun 864. Dalam sejarah Jepang, letusan besar tersebut terjadi pada Era Kekaisaran Jougan. Pada masa itu, Jepang sempet dipimpin raja yang masih berusia 5 tahun.

2. Tetangganya gunung fuji

Puncak bersalju Gunung Fuji keliatan banget dari kawasan Aokigahara. Sebelum masuk ke jalur hutan di musim gugur, pemandangan gradasi hijau daun muda, oranye daun kering, biru langit, dan putih salju Fuji jadi kombinasi yang surgawi.

Misalnya ngikutin jalur pendakian memutar lewat jalur Selatan, jarak Aokigahara ke Puncak Gunung Fuji cuma 50 kilometer. Misalnya ditarik garis lurus, jaraknya bisa sekitar 20 kilometer.

3. Serba hijau kayak di dunia Hobbit

Serba hijau nih maksudnya banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon. Kesuburan tanah, kelembapan, suhu adem, dan jarangnya sinar matahari membuat bebatuan dan tapak jalan di Aokigahara ditumbuhi lumut kayak hamparan karpet hijau. Persis hutan kurcaci di film “Snow White.”

Aokigahara juga merupakan rumah salah satu beruang yang telah punah di sejumlah negara, yaitu beruang hitam Asia. Itu, loh spesies beruang yang kayak batman karena ada bercak putih di dadanya.

4. Memiliki dua kulkas alami

via Istimewa
Timbunan mineral di salah satu kulkas alami Aokigahara. (Sumber: Istimewa)
via Istimewa
Area kulkas alami yang jadi tempat wisata. (Sumber: Istimewa)

Poin selanjutnya yang jadi sisi unik dari Hutan Aokigahara adalah doi punya dua kulkas alami. Kalo kulkas di rumah kamu biasanya ukurannya gak lebih gede dibanding mobil, kulkas yang ini muat buat nyimpen mobil.

Gua Narusawa dan Gua Fugaku adalah dua gua es yang ada di Hutan Aokigahara. Disebut juga sebagai Gue Es dan Gue Angin, keduanya dimanfaatin sebagai kulkas alaminya masyarakat zaman dahulu buat nyimpen ulat sutra dan bahan-bahan makanan.

Selain itu, pas kamu masuk ke dalam gua dan telusurin jalurnya, kamu bakal nemuin kumpulan salaktit dan stalagmit yang cantik buat dipandang. Gak mesti datang pas musim salju, dua gua ini selalu kasih kamu udara yang sejuk dan dingin setiap kamu kunjungin sepanjang tahun.

5. Muncul di banyak pop culture

via Istimewa
Ini karakternya Tokyo Ghoul, anime yang masukin Aokigahara sebagai salah satu set lokasi. (Sumber: Istimewa)

Tau film “47 Ronin” (2013) yang diperanin Keanu Reeves dan “The Forest” (2016) yang  diperanin Natalie Dormer? Kedua film itu berlatar tempat di Aokigahara, gaes. Itu baru dari film Hollywood.

Produk-produk budaya Jepang macam anime “Mazinger Z,” “Samurai Deeper Kyo,” dan “Tokyo Ghoul” juga nampilin Aokigahara, yang disebut di anime itu sebagai Sea of Trees.

Gak mesti terpaku sama satu sisi, Hutan Aokigahara tunjukin ke kamu kalo setiap apapun itu pasti ada sisi baik dan buruknya. Mungkin sekarang hutan satu ini terkesan mistis dan serem, tapi siapa yang tau kalo beberapa tahun kemudian hutan ini justru bisa jadi ikon save global warming nya Jepang. Kamu tertarik piknik ke sana gak? (tim)

Comments

comments