Selasa, 19 Maret 2019
Hiburan

5 Fakta Menarik Seputar Film ‘Sundul Gan’ yang Wajib Kamu Tahu

Andrew Darwis, Ken Dean, Naya Anindita, dan Dion Wiyoko saat bincang-bincang soal film 'Sundul Gan' di MARKAS hari pertama di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Buat kamu para agan dan aganwati, yuk siap-siap buat flashback dan bernostalgi(l)a ngikutin perjalanan 17 tahun KASKUS di Tanah Air. Engga lama lagi, film ‘Sundul Gan’ bakal resmi dirilis loh!

Menyusul Festival MARKAS, ‘Sundul Gan’ rencananya bakal tayang hari Kamis (2/6) mendatang. Film garapan sutradara Naya Anindita itu dibintangi oleh Albert Halim (Andrew Darwis), Dion Wiyoko (Ken Dean Lawadinata), serta sederet bintang lainnya kayak Baim Wong dan Pamela Bowie.

Kalau kamu emang agan dan aganwati sejati, tentu kamu udah engga sabar buat nonton ‘Sundul Gan’. Tapi, sebelum kamu nonton film tersebut, ada beberapa fakta menarik nih yang perlu kamu tahu, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 di antarnya, yang udah terungkap di acara MARKAS yang berlangsung di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5):

1. Tujuan

Sebagian di antara kamu mungkin masih bertanya-tanya kenapa ‘Sundul Gan’ dibuat. FYI, pada dasarnya film tersebut pengen nunjukin kalau siapapun bisa ngelakuin sekaligus menjadi apapun. Singkatnya, kalau Andrew dan Ken aja bisa sukses lewat KASKUS, kenapa kamu engga?

Kami itu intinya pengalaman kerja engga ada, balik ke Indonesia masuk kuliah saya juga belum lulus. Jadi, kalau misalnya kami aja bisa, kenapa yang pada masuk kuliah, terutama yang kuliahnya UGM, ITB, UI, kenapa engga bisa? Itu poinnya kami bikin film ini,” papar Ken.

Di samping itu, ‘Sundul Gan’ juga sekaligus jadi perayaan buat 17 tahun hadirnya KASKUS di Indonesia. “KASKUS udah sampai 17 tahun ini kayak something banget, jadi kami ngerasa pengen sharing juga gimana sih jatuh bangunnya KASKUS. 17 tahun KASKUS diringkas untuk menginspirasi teman-teman, khususnya startup,” jelas Andrew.

2. Pemilihan judul

Bincang-bincang film 'Sundul Gan' di MARKAS hari pertama di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Bincang-bincang film ‘Sundul Gan’ di MARKAS hari pertama di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Selain tujuan pembuatan ‘Sundul Gan’, hal lain yang engga kalah bikin penasaran adalah pemilihan judul ‘Sundul Gan’ itu sendiri. Well, kalau kamu agan dan aganwati sejati, kamu seharusnya sih udah engga asing lagi dengan jargon tersebut.

“Yang selalu gue lihat setiap gue buka thread adalah kalimat sundul gan. Artinya positif, menyundul supaya thread lo selalu ada di atas,” kata Naya.

3. Inti cerita

Menurut Ken, ‘Sundul Gan’ bisa dibilang jadi semacam gambaran kepribadian dari semua orang yang terlibat di dalam KASKUS. Dengan kata lain, film tersebut engga cuma berkisah tentang para orang dalamnya, tapi juga para agan dan aganwatinya. “Kami selalu merasa KASKUS ada tiga, yaitu kami [Ken dan Andrew] serta para user-nya,” ujar Ken.

4. Keterlibatan Dion Wiyoko

Andrew Darwis, Ken Dean, Naya Anindita, dan Dion Wiyoko saat bincang-bincang soal film 'Sundul Gan' di MARKAS hari pertama di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Andrew Darwis, Ken Dean, Naya Anindita, dan Dion Wiyoko saat bincang-bincang soal film ‘Sundul Gan’ di MARKAS hari pertama di Area Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Kalau biasanya sutradara bakal ngadain casting buat nyari aktor/aktris yang tepat buat berperan di filmnya, maka lainnya halnya dengan pendekatan yang dilakuin oleh Naya terhadap Dion Wiyoko. Naya awalnya udah sekitar empat bulan nyari-nyari aktor buat meranin Ken dan udah hampir nyerah gara-gara engga nemu-nemu aktor yang sesuai.

“Tapi di saat harapan gue hilang tiba-tiba gue lihat trailer film ada Dion Wiyoko. Gue bilang ke produser buat dikenalin sama Dion, tapi belom ketemu-ketemu. Sampai akhirnya di sebuah mall saat gue mau nonton, gue lihat dia mau masuk toilet terus gue tunggu depan toilet sampai keluar. Begitu keluar, langsung gue hadang,” beber Naya.

5. Berat badan Dion Wiyoko

Sebelum Dion akhirnya terpilih jadi pemeran Ken, Naya sebenarnya udah sempat ketemu sama seorang aktor lainnya. Sayangnya, sang aktor engga mau naikin berat badan gara-gara doi juga terlibat di proyek lain. Nah, berhubung yang akhirnya meranin Ken adalah Dion, otomatis doi harus naikin berat badannya sampai 10 kg.

“Kalo film biopik memerankan karakter aslinya ‘kan ada tantangan tersendiri. Tapi, kami dikasih waktu buat workshop dan observasi. Selain itu, tantangannya ya naikin berat badan sampai 10 kg,” ungkap Dion. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer