Jum'at, 17 November 2017
HiburanSeleb

5 Fakta Akad dan Resepsi Bobby Nasution – Kahiyang Ayu Ini Semoga Gak Jadi Standar Pernikahan Bagi Para Calon Mertua. Amiin

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sah jadi suami istri di Solo, Rabu pagi (8/11). Sebanyak 8 ribu tamu diundang menghadiri jadwal resepsi yang digelar di Graha Saba Buana, siang dan malam pada hari yang sama.

Pesta pernikahan anak presiden dengan anak almarhum pemimpin PT Perkebunan Negara itu juga disemarakkan sama pawai kereta kuda keliling Solo. Sebanyak 8 kereta kuda disiapin, dengan harga masing-masing keretanya aja hingga 100 juta rupiah.

Tamu yang diundang pun bukan main-main. Wajah-wajah yang pernah mencatat namanya pada Sejarah Indonesia hadir dalam acara itu. Misalnya, presiden keenam Indonesia Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur DKI Anies Baswedan beserta istri, dan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Dengan tokoh besar yang hadir dan mas kawin berupa seperangkat alat solat beserta 80 gram emas, sah banget menyebut pernikahan ini sebagai acara ningrat. Kalo ngeliat lima fakta di bawah ini pun kamu bakal ngerasa kalo inilah salah satu pernikahan terpenting di Indonesia sepanjang tahun ini.

1. Meja panas

via breakingnews.co.id
(Sumber: breakingnews.co.id)

Meja yang jadi saksi bisu bagi ikrar janji Bobby Nasution bukan hanya menegangkan bagi doi, tapi juga bagi para pengamat politik. Selain karena ada Presiden RI, di meja itu juga terdapat beberapa pejabat politik tingkat tinggi.

Misalnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Ulama Indonesia Maruf Amin sebagai saksi pihak Kahiyang. Lalu, Tokoh Petinggi Muhammadiyah Syafii Maarif dan Menteri Kordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution sebagai saksi pihak Bobby.

2. Menikah di tanggal baik

via krjogja.com
(Sumber: krjogja.com)

Pernikahan itu terlaksana di jam kerja pada Hari Rabu, bukan akhir pekan karena berbagai pertimbangan. Selain untuk mencegah kemacetan di hari libur, juga karena pertimbangan tanggal baik.

Budayawan Solo Ronggojati Sugiyatno bilang tanggal 8 November bertepatan dengan tanggal 19 Safar dalam kalender Jawa, dan merupakan hari yang luhur sumur sinaba. Artinya, hari yang membawa berkah terus-menerus.

3. Tak menerima sumbangan dalam bentuk apapun

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Para tamu undangan acara pernikahan di Indonesia biasanya ngasih sumbangan dalam bentuk uang di dalam amplop atau kado pernikahan kepada para mempelai. Para pernikahan Kahiyang-Bobby, keduanya enggak menerima sumbangan tersebut dalam bentuk apapun.

4. Biaya katering lebih dari 500 juta rupiah

via Istimewa
Salah satu contoh makanan Chili Pari. (Sumber: Istimewa)

Berdasarkan perhitungan, biaya katering pernikahan yang menggunakan jasa Chili Pari Catering Services itu mencapai angka lebih dari 500 juta rupiah. Perhitungannya berasal dari kalkulasi tahun 2014.

Pada saat itu, biaya paket 1.000 orang adalah 69 juta. Dikalikan delapan, maka didapatlah angka 552 juta rupiah. Namun, jumlah itu kan belum termasuk kenaikan harga selama tiga tahun dan biaya lain-lain yang dikeluarkan katering milik Gibran Rakabuming Raka, kakak kandung Kahiyang.

5. Suvenir pernikahan yang terbilang mewah

 

Total biaya pernikahannya pasti jauh lebih besar dari 500 juta rupiah karena souvenir buat tamunya mewah banget. Yaitu, wadah serbaguna berbahan kaca yang dikemas dengan kotak dan pita berwarna emas.

Genmuda.com doain semoga kemeriahan di awal umur pernikahan ini terus berlangsung hingga akhir umur pernikahan mereka. Amiin. Dan, semoga pernikahan ningrat ini gak jadi standar baru pernikahan ideal yang diharapkan para calon mertua. INI AMIIN JUGA!! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.