Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Anak-anak kosan di berbagai tempat sebentar lagi bakal kembali ke rumah, ninggalin kamar kosan demi nikmati libur panjang. Semoga aja pada gak was-was ninggalin kamar yang kosong tanpa penjagaan.

Bukannya nakut-nakutin, loh gaes. Libur akhir tahun ajaran yang bertepatan sama libur Hari Raya Idul Fitri bikin kosan sepi. Banyak penghuni kos yang liburan atau mudik ke kampung halaman mereka.

Jangan lengah dan jangan cuek sama barang berharga macam laptop, buku tabungan, akta, serifikat, dan surat berharga. Kalo bisa, bawa itu pergi bersama atau sembunyiin dalam tempat paling aman di kamar kosan.

Selain itu, kamu juga perlu lakuin beberapa hal supaya kamu bisa tau ada yang masuk ke kamar kosan atau enggak. Caranya, dengan di bawah ini.

1. Bola tenis di belakang pintu

via detik.com
(Sumber: detik.com)

Trik ini cuma bisa dilakuin bila pintu kosan membuka ke dalam ruangan. Pertama, tutup semua jendela dan matiin semua kipas buat meminimalkan angin masuk kosan. Kedua, tempatkan bola tenis di belakang pintu sebelum kamu ninggalin kosan.

Saat balik lagi ke kosan, cek bola tenis di belakang pintu. Kalo masih ada, berarti gak ada yang masuk ke kosan. Kalau bola tenis itu kamu temukan menggelinding ke tempat lain, berarti ada yang masuk kosan kamu.

2. Kertas diselipin di antara pintu dan kusen

via handymanknowhow.co.uk
(Sumber: handymanknowhow.co.uk)

Kamu harus punya ingatan yang kuat buat melakukan trik ini. Siapin sobekan kertas. Lalu, selipin sobekan itu di celah sempit antara bagian atas pintu dengan kusen.

Kertas itu pasti jatuh kalo ada orang buka pintu. Meski penerobos itu sadar ada kertas jatuh lalu menyelipkannya lagi, belum tentu dia meletakkannya pada posisi yang tepat.

3. Solatip ditempel dari pintu ke kusen

via 3m.com
(Sumber: 3m.com)

Cara lainnya bermodal solatip bening yang ditempelin di atas pintu dan kusen. Saat pintu dibuka, solatipnya pasti copot dari kusen dan cuma nempel di pintu. Penerobos pun belum tentu sadar karena gak ada benda yang jatuh dari atas pintu.

4. Bedak dicecerkan di kosan

via growingourgreenbeans.wordpress.com
(Sumber: growingourgreenbeans.wordpress.com)

Cecerkan bedak di lantai kosan. Bila bedak itu masih ada pada posisi yang sama pada saat kamu datang, berarti kosan gak dibobol. Kalo lantai mendadak bersih atau ada bekas tapak kaki, berarti kosan kamu dibobol orang.

5. Pakai babycam

via pcmag.com
(Sumber: pcmag.com)

Cara paling gampang adalah dengan memasang kamera yang terhubung langsung ke ponsel. Zaman sekarang, kamera macam itu bisa dibeli secara online atau di toko elektronik terdekat.

Namun demikian, kamu harus pastiin wifi dan listrik kosan tetap menyala selama kamu pergi supaya sambungan kamera dengan ponsel terus bertahan selama kamu tinggal.

Cara terakhir emang paling modern dan paling tepat buat mengetahui apakah penyusup di kosan itu maling atau bapak/ibu kos yang lagi mengecek kondisi kamarnya.

Yang manapun cara kamu, Genmuda.com doain supaya kamar kosan kamu tetap aman sampai tiba waktunya kamu tinggal di situ untuk semester selanjutnya. Amiin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.