Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – Keluarnya Lala Marion Jola dari Indonesian Idol 2018 pada Selasa dini hari (13/3) ngingetin semua anak SMA pada dua hal. Realita itu pahit dan ujian nasional tinggal sebentar lagi. Oke siap!

Saat diumumin gagal lanjutin langkahnya, Marion bilang, “Terima kasih telah mendukung saya sampai di sini. Aku berjuang buat kalian yang selalu mendukung. Berarti, sekarang beta harus bersiap ujian nasional.”

Berhubung penulis artikel ini ngefans banget sama videonya Marion, nih ada beberapa info penting soal Ujian Nasional 2018. Kalo Marion gak baca artikelnya, seenggaknya info ini bermanfaat buat kamu!

1. Diselenggarakan April

via darunnajah.com
(Sumber: darunnajah.com)

Kemendikbud memastikan Ujian Nasional (UN) 2018 berlangsung April. Berdasarkan perencanaan Desember 2017, UN SMK terselenggara pada 2-5 April dan susulannya pada 17-18 April. Anak-anak SMA dapat giliran UN 9-12 April dan susulan pada 17-18 April.

Sementara itu, anak SMP/MTs dapat giliran tanggal 23-26 April dan susulannya pada 8-9 Mei. Gak jauh dari itu, akan diadakan juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Kemendikbud ngasih tiap sekolah kebebasan menyelenggarakan ujian itu dalam periode pekan kedua April 2018 hingga pekan ketiga Mei 2018.

2. Ada isian di UN Matematika

via darunnajah.com
(Sumber: darunnajah.com)

Totok Suprayitno juga bilang, “10 persen soal UN Matematika berbentuk isian.” Namun, soal isian berbeda dari soal esai. Kata Totok, siswa cukup menulis tulis jawaban akhirnya aja pada soal isian.

3. Tidak ada soal esai

via disdik.tanggamus.go.id
Simulai UN. (Sumber: disdik.tanggamus.go.id)

Totok juga memastikan bahwa UN 2018 gak mencantumkan soal esai. HORE! Soalnya tetap pilihan ganda. Paling, diselipin beberapa soal isian dengan ketentuan seperti yang disebut sebelumnya.

Namun demikian, USBN ada soal esainya. Teknisnya diatur sesuai kebijakan sekolah masing-masing. Jadi, besar harapan bahwa soal esai itu menyesuaikan standar pengetahuan di tiap sekolah.

4. Kisi-kisi soalnya tersedia secara online GRATIS!

via kemenag.go.id
(Sumber: kemenag.go.id)

Pemerintah Indonesia sekarang itu baik banget, loh. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nerbitin kisi-kisi soal ujian secara gratis di websitenya. Kawan Muda tinggal mendownloadnya.

Setelah itu, pelajari betul-betul materi pelajaran seperti yang tertera di kisi-kisi itu. Namun demikian, jangan harap ada bocoran soal UN 2018 dari website tersebut. INGET ITU KISI-KISI, DOANG!

5. Bisa cetak hasil ujian sendiri

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

“Tahun ini, sisawa bisa mencetak hasil UN secara mandiri. Kami siapkan laman login khusus. Hanya siswa yang bersangkutan yang bisa mengaksesnya,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno.

Jadi, Kawan Muda bisa mengakses mimpi buruk atau mimpi indah itu di manapun. Udah siap belum, nih? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.