Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Di tengah padatnya aktivitas, yang namanya becanda emang dibutuhin buat mencarikan suasana biar engga kaku-kaku banget kayak kerupuk kulit. Tapi, bukannya mencairkan suasana, engga jarang sebagian becandaan justru bisa bikin suasana makin tegang loh, Kawan Muda.

Engga peduli berapapun usia kamu, ada kalanya kamu pasti pernah ngejahilin orang lain. Kalo sikonnya lagi sesuai, biasanya sih orang yang kamu jahilin palingan cuma bakal ketawa-ketawa, sambil ngedumel dalam hati. Sebaliknya, kalo kamu ngejahilin orang tersebut di saat yang engga tepat, yang ada urusannya malah bakal berabe.

So, buat kamu yang suka iseng ngejahilin orang lain, mending kamu amatin dulu deh sikon di sekitar kamu sebelum kamu mulai beraksi. Kalo kamu engga jeli ngelihat keadaan, kejahilan yang receh dan old school sekalipun nantinya bisa bikin kamu berantem sama orang lain. Berikut ini adalah 5 contohnya:

1. Ngata-ngatain nama ortu

Ini bisa dibilang kejahilan old school yang paling receh. Entah apa esensinya ngata-ngatain nama ortu, yang jelas kejahilan ini udah ada dari jaman SD dan masih berlanjut bahkan sampe kuliah atau kerja. Kalo kamu ceng-cengannya cuma di depan si anak, mungkin itu masih bisa dimaklumi. Tapi, kalo kamu ceng-cengannya pas lagi ada bonyok sohib kamu, siap-siap malu dan masuk blacklist.

2. Pura-pura ninggalin

via: Tumblr

Mau itu pura-pura ninggalin di tempat asing (apalagi pas udah malam dan tempatnya nyeremin) atau tempat umum kayak restoran, semuanya sama-sama bisa berujung nyebelin. Bayangin gimana jadinya kalo teman kamu yang kamu tinggalin tiba-tiba pingsan gara-gara ngelihat hal yang aneh-aneh atau diamanin satpam. Kalo doi masih mau ngangkat telepon atau ngebalas chat kamu aja itu udah bagus.

3. Ngumpetin kunci/ngunciin

Kejahilan yang satu ini pernah dialamin oleh seorang Kawan Muda, sebut aja doi Mawar. Ceritanya, doi dan teman-temannya ngerayain Malam Tahun Baru bareng di rumahnya. Pas udah kelar, doi engga bisa nemuin kunci rumahnya karena ternyata diumpetin sama salah satu temannya.

Doi sih cuma panik, tapi bokapnya yang ngoceh-ngoceh. Kata bokapnya, “Bilang teman kamu, becanda tuh engga kayak gitu juga ya!” Well, kalo kamu di posisi temannya si Mawar, kira-kira kamu masih bisa ketawa-ketawa engga?

4. Nginjekin sepatu baru

Sama kayak ngata-ngatain nama ortu, nginjekin sepatu baru juga udah ada dari jaman SD. Walau receh banget, kejahilan ini tetap aja bisa bikin orang lain kesal, terutama yang jadi korban alias yang sepatunya diinjekin. Kalo di iklan, sepatunya emang bisa bersih dan kelihatan baru lagi kayak sedia kala. Kalo di dunia nyata? Lain ceritanya.

Meski udah dicuci atau disikat sedemikian rupa, biasanaya sih masih bakal ada sisa-sisa nodanya dikit, apalagi kalau kamu nginjeknya pakai sepatu yang berlumpur dan super duper kotor. PS: Kalo ada temen yang engga asik, bisa aja kamu malah dipukul gara-gara becadaan kayak gini.

5. Narik kursi pas mau duduk

Meski kelihatan sepele, narik kursi pas orang mau duduk maupun ngejorokin atau nyelengkat kaki sebetulnya tetap bisa berakibat fatal. Berantem doang sama orang yang kamu jahilin masih mending lah. Yang parah itu adalah kalo kamu malah sampai nyelakain orang lain.

Seorang siswi kelas III SD Negeri Mangkang Wetan 02 Semarang bernama Ana Amelia misalnya, doi beberapa waktu yang lalu sampai sempat lumpuh gara-gara dijahilin kayak gini sama teman-temannya loh. *Prihatin.

Singkatnya, walaupun cuma becadaan receh dan old school tetap aja semua ada batasannya. Kalo udah kelewatan siap-siap aja di-bully, “BECANDAAN LO KAMPUNGAN!” Hati-hati ya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer