Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Kesenangan berenang beneran atau sekedar ciprat-ciprat di kolam renang bisa banget dijadiin penutup liburan pada weekend 15-16 Juli ini. Tahun ajaran baru kan udah siap bikin anak-anak sekolah pada bete karena harus masuk Hari Senin.

Lebih seru lagi kalo nyeburnya bareng temen-temen. Kamu yang punya badan bagus kan bisa sekalian pamer bodi dan tebar pesona ke sana-sini. Sementara kamu yang jomblo bisa cuci mata asal gak jelalatan amat. Kali aja ada yang nyangkut.

Apapun yang kamu lakukan di kolam renang, inget satu hal ini: Jangan kebanyakan buka mulut saat nyebur. Meskipun air kolam keliatan biru jernih nyegerin, di bawah ini adalah benda-benda menjijikkan yang terkandung di dalamnya. Siap-siap kaget.

1. Telur cacing keremi

via giphy.com

Cacing kereminya mungkin gak keliatan bergeliat-liat di kolam, akan tetapi telurnya ada di mana-mana. Dan, sebuah kolam renang bisa memilki ratusan telur cacing yang bisa bertahan hidup di dalam usus. Tapi tenang aja. Kemungkinan telur cacing itu msuk mulut sangat kecil, malah tergolong mustahil menurut Departemen Kesehatan AS.

2. Kutu

via endlessfacts.com
(Sumber: endlessfacts.com).

Berhubung kebanyakan orang Indonesia nyebur kolam renang tanpa mandi, semua kotoran di tubuhnya jelas pindah ke air. Sebagian kutu kepala yang gak sempet nyari pegangan udah pasti hanyut ke air, tuh. Akan tetapi, Departemen Kesehatan AS bilang kemungkinan terinfeksi kutu di kolam renang sangat kecil. Kecuali, kamu berbagi handuk sama orang yang kutuan.

3. Bakteri Cryptosporidium

via huffingtonpost.com
(Sumber: huffingtonpost.com).

Namanya emang sulit, tapi nama penyakit yang disebabkan oleh bakteri itu sering diderita semua orang, kok. Yaitu, penyakit diare. Meski kolam renangnya udah dikasih klorin/kaporit, bakteri ini gak gampang mati karena punya lapisan pelindung. Sekarang, kamu tau kan penyebab perut selalu bermasalah setelah menelan air kolam renang.

4. Urin

via: giphy

Penelitian LiveScience, Kamis (13/7) bilang kalo seperlima orang yang dateng ke kolam renang pipis di dalam kolam. Kalo kamu gak percaya, coba deh nyebur kolam renang tanpa pelindung mata. Pasti mata kamu gatel dan perih kan? Terus, air kolamnya tercium bau-bau khas yang kalo kata orang bau kaporit kan? Nah, itu adalah efek air seni yang diikat zat kaporit.

5. Poop

via vecteezy.com
(Sumber: vecteezy.com)

Lebih menjijikkannya lagi, Depkes AS bilang kalo 58% air kolam renang tuh mengandung bakteri E. coli. Sialnya, bakteri itu berasal dari kotoran manusia. Bukan berarti ada orang yang buang air besar di kolam, loh. Tapi, karena ada sisa kotoran di (sori) anus (atau mungkin celana) yang terlarut di air kolam.

Lima zat itu ada di dalam kolam renang indoor, loh. Bayangin aja jumlah benda-benda menjijikkan, seperti polusi kendaraan, kotoran burung, dan jasad serangga, di kolam outdoor. Intinya, jangan kebanyakan buka mulut saat renang. Selamat bersenang-senang. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.