Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Gerakan #WengerOut berakhir emosional. Perasaan haru terbersit dalam benak fans Arsenal, termasuk mereka yang mau Arsene Wenger mundur dari jabatan sebagi pelatih.

Langkah kepergian pria Prancis yang melatih Arsenal sejak 1996 itu diiringi prosesi pelepasan oleh para pemain Arsenal di Emirates Stadium, Minggu (6/5). Pada malam di tempat yang sama, Arsenal membantai Burnley 5-0.

Bob Wilson, mantan kiper Arsenal ngasih sambutan perpisahan di tengah podium lapangan. “Dia mengubah wajah pesepakbolaan negeri ini. Inilah Arsene Wenger, pelatih terhebat kita!” kata dia.

Saat itulah, semua fans garis keras Arsenal teringat jelas jasa-jasa Arsene Wenger seperti yang dirasain Bob Wilson, Thiery Henry, hingga van Persie. Kayak apa jasanya, kayak gini:

1. Pelatih paling produktif Arsenal

via express.co.uk
Wenger kawinkan Trofi FA dengan Trofi Premier League era 2000-an. (Sumber: express.co.uk)

Meski belum ngerasain sensasi Trofi Champions League dan gonjang-ganjing penurunan prestasi Arsenal sejak 2007, Arsene Wenger mengoleksi paling banyak trofi dibanding pelatih lain Arsenal. Doi peroleh tiga trofi English Premier League dan tujuh Piala FA.

2. Benahi stadion Emirates

via reddit.com
Arsene Wenger di tengah area pembangunan Emirates Stadium. (Sumber: reddit.com)

Kepindahan mulus rumah Arsenal dari Highbury Stadium ke Emirates Stadium juga berkat Arsene Wenger. Dengan kepindahan itu, Arsenal punya tempat latihan lebih layak dengan kursi penonton bertambah dari 38.419 kursi jadi 59.867 kursi.

3. Menjaga Arsenal dari kebangkrutan

via dailymail.co.uk
(Sumber: dailymail.co.uk)

Project pembangunan Emirates Stadium 2004-2006 seharga 390 juta pounds berdampak pada goyahnya kas Arsenal. Biar keuangan tim gak bangkrut, Wenger menjual banyak pemain kunci Arsenal.

Sebut aja Patrick Vieira yang dibeli Juventus, Robert Pires yang dibeli Villarreal, Sol Campbell yang dibeli Portsmouth, dan Ashley Cole yang dibeli Chelsea. Gantinya, Arsenal membeli pemain-pemain muda yang masih diragukan kemampuannya.

4. Punya scouting yang keren

via dailymail.co.uk
Salah satu keputusan bijak Wenger: beli Thierry Henry dari Juve, 1999. (Sumber: dailymail.co.uk)

Meski pada awalnya para pemain muda Arsenal diraguin kemampuannya, mereka dipilih setelah proses pencarian bakat (scouting) jeli dari tim Arsene Wenger. Sebut aja Aaron Ramsey, Samir Nasri, hingga Andrey Arshavin sebagai contoh kejelian The Professor.

5. Jago mengasuh pemain baru

via naijaloaded.com.ng
Van Persie dan Wenger akrab banget di laga MU vs Arsenal. (Sumber: naijaloaded.com.ng)

Dengan mengatur ketat pola makan, latihan, dan istirahat para pemain, wajar Wenger mampu mencetak anak-anak muda yang awalnya diragukan jadi pemain bintang.

Salah satu “project Wenger” tersukses ya van Persie. Doi dilatih dari zaman belum begitu cepat larinya hingga jadi partner pemain legenda Thierry Henry di lini depan Arsenal. Setelah pindah ke MU pada 2012-2015, van Persie jadi andalan di lini depan MU.

Selepas Wenger, manajemen Arsenal perlu putar otak buat nyari pelatih pengganti yang sama jeli dan cekatannya membesarkan pemain muda. Maklum, lah. Arsenal bukan klub yang merasakan uang-uang konglomerat minyak Timur Tengah. Jadi, harus banyak putar otak.

Yang pasti, semua fans Arsenal pasti akan ngerasain hal yang dicurhatin Arsene Wenger sebelum angkat kaki dari Emirates Stadium. “Saya ingin menyelesaikan ini dengan satu kalimat simpel. Saya akan kangen kalian semua,” tutupnya.

Jadi, kapan hashtag #KangenWenger akan populer? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.