5 Alasan Kenapa BIGO LIVE Nge-Hits Banget di Indonesia | Genmuda.com
Home Tekno 5 Alasan Kenapa BIGO LIVE Nge-Hits Banget di Indonesia
5 Alasan Kenapa BIGO LIVE Nge-Hits Banget di Indonesia
(Sumber: BIGO Technology)

5 Alasan Kenapa BIGO LIVE Nge-Hits Banget di Indonesia

Genmuda – Baru-baru ini, sebuah media sosial bernama BIGO Live berhasil mendapat perhatian netizen Indonesia. Karena popularitasnya yang melejit itu, ada orang engga bertanggung jawab yang nyalahgunain media sosial ‘siaran langsung’ buatan developer Singapura ini.

Apa sih BIGO Live itu? Kalo kata situsnya, apps ini dipakai buat berbagi tren fashion kekinian secara live. Lewat aplikasi ini, para netizen bisa jadi broadcaster (penyiar) yang bikin siaran langsung dan bisa langsung ditonton semua pengguna Bigo Live.

Kalo fitur live streaming-nya dimatiin, baru penonton engga bisa ngeliat videonya. Jadi, lain dari SnapChat atau YouTube yang videonya bisa ditonton berulang-ulang. Seperti halnya siaran langsung di televisi, siaran di BIGO juga digandrungi.

Sayangnya, ada netizen engga bertanggung jawab yang juga pakai media sosial yang lagi populer ini. Beberapa akun pun diduga nampilin siaran langsung yang terbilang engga senonoh. Dilansir dari Okezone, Terkait hal itu, Country Manager Bigo Live Kelly Zhang bilang pihaknya udah punya tim sensor yang kerja 24 jam nanganin hal itu.

Selain di Singapura dan Indonesia, apps ini juga tersedia di Thailand. Apps ini sekarang udah tersedia di Android dan iPhone. Kalo kamu masih penasaran kenapa apps ini bisa sepopuler itu, cek aja lima alesannya di bawah ini:

1. Makin tenar makin banyak uang

bigo
(Sumber: Istimewa)

Oke. Jujur aja, salah satu keunggulan BIGO Live daripada medsos serupa adalah fitur bayaran. Dengan fitur ini, tiap broadcaster yang dapat banyak ‘BEAN’ bisa dapet uang makin banyak. ‘BEAN’ bisa didapet kalo ada penonton yang ngasih feedback positif (Semacam LIKE).

Berdasarkan kurs BIGO Live, Senin (1/8), 210 BEAN bisa dituker dengan 1 dolar AS. Nah, BEAN itu baru bisa dituker uang kalo jumlahnya udah 6.700. Berdasarkan peraturan, kamu cuma bisa narik tunai seminggu sekali.

2. Gamifikasi

bigo 2
(Sumber: Istimewa)

Bukan cuma ngandelin jumlah viewers dan followers, BIGO Live juga punya sistem leveling. Broadcaster yang baru punya akun udah pasti masuk di level 1. Begitu doi sering siaran, ditonton makin banyak orang, dapet feedback oke, levelnya juga makin tinggi. Mirip kaya lagi leveling di game MMORPG.

Kalo minjem istilah orang barat, yang BIGO lakuin itu adalah gamifikasi atau meng-game-kan sesuatu yang pada dasarnya bukan game. Karena itu lah, media sosial ini bisa ngegelembung cukup cepet hingga ke permukaan, bahkan masuk 20 besar apps gratis terpopuler.

3. Feedback langsung

Ketika kamu lagi siaran langsung, kamu bisa langsung ngeliat komentar penonton. Komentarnya dikasih dalam bentuk chat atau gift berupa BEAN. Karena apresiasi penonto langsung keliatan itu lah penyiar yang kreatif selalu punya materi siaran. Kalo bisa diibaratkan, BIGO Live merupakan campuran fitur siaran langsung televisi dengan fitur chat kekinian.

4. Ketauan siapa aja yang lagi nonton

Selain tau komentar penontonnya secara langsung, broadcaster juga bisa nyari tau fans setianya. Soalnya, foto tiga penonton setianya bakal muncul di profil. Sementara itu, fans bakal dapet notifikasi kalo broadcaster favoritnya lagi siaran di BIGO.

5. Seru

Buat narik banyak penonton, para broadcaster BIGO pun niat kalo lagi siaran. Bukan cuma ramah dan menguasai bidang masing-masing, para broadcaster-nya juga tampil oke dengan make-up yang bikin mereka tampil kayak lagi foto OOTD banget. Siapa yang engga suka ngobrol sama orang kece kayak gitu.

Selain itu, kemungkinan tenar di medsos ini lebih besar daripada di YouTube. Soalnya, sistem BIGO bakal ngerandom akun yang bisa ditonton siaran livenya. Kalo dimanfaatkan dengan baik, akun BIGO bisa banget dipakai buat oleh dokter, guru, konsultan, atau orang yang bergerak di bidan jasa buat promosikan usaha dan keahliannya sambil nyari duit lewat BEAN. Sementara pengguna pasif bisa nimba ilmu lewat siaran para pakar itu. Gimana, udah pada coba belum? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.