Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Bentuknya kurang menarik, baunya khas, bahkan daging buahnya sering dijadiin makanan burung. Buah apa itu? Yap, seperti bisa kamu tebak dari judulnya, buah yang Genmuda.com maksud adakah pepaya.

Pepaya adalah satu dari sekian banyak buah negara tropis yang sebenarnya gak begitu populer dibandingkan jeruk, kiwi, anggur, atau malah buah naga. Padahal buah yang relatif gampang dicari di pasar dan harganya terjangkau ini ternyata punya banyak manfaat positif buat kita sebagai anak muda.

Kalo kamu termasuk orang yang gak suka buah ini karena bentuk, rasa, atau malah baunya, nih Genmuda.com kasih tau 5 alasan kenapa kamu harus doyan mengonsumsi buah ini di usia muda. Gak harus dimakan tiap hari kok, minimal kalo kantong kamu lagi kempes bisa loh coba buah ini sebagai pelengkap menu 4 sehat 5 sempurna.

1. Obat penurun berat badan alami

via: Flickr
(Sumber: Istimewa)

Sebelum iklan obat langsing bertebaran di kolom komentar media sosial, pepaya adalah obat paling alami buat kamu yang pengen ngurusin lingkar perut. Banyak penelitian menyebutkan bahwa pepaya, apalagi yang masih muda, dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Selain itu khasisat alami pepaya bakal memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga lemak kamu bisa diubah menjadi energi secara alami. Cara ini jelas lebih aman dan gak punya efek samping ketimbang obat-obatan kimia.

2. Mengganti sel kulit mati

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Masih yang berhubungan sama penampilan. Pepaya dapat mengatasi sel kulit mati secara alami dari dalam dan memberikan kesegaran sekaligus mencerahkan kulit kamu. Kandungan vitamin dan berbagai mineral didalamnya akan berdampak pada kesehatan kulit. Kalo mau lebih berasa hasilnya, coba aja produk kecantikan dari buah pepaya, kayak lotion ataupun sabun muka.

3. Mengurangi diabetes

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Masih inget dong, kalo diabetes masuk dari 10 penyakit mematikan yang menderita anak muda di dunia? Ini juga jadi alasan utama bagi kamu untuk mulai mengonsumsi pepaya. Buah pepaya sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes buat memperoleh asupan gula alami dan serat yang sehat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan gula pepaya lebih rendah dan baik buat kamu konsumsi setiap hari.

4. Mencegah penyakit jantung

via: pinterest
(Sumber: Pinterest)

Selain untuk penderita diabetes, pepaya juga dapat mencegah penyakit jantung yang kini banyak menyerang anak muda. Kandungan serat, kalium, dan vitamin di dalam buah pepaya membantu tubuh kamu untuk mencegah penyakit jantung. Peningkatan kalium dalam tubuh akan menyebabkan penurunan asupan natrium saat kamu rajin mengkonsumsi buah pepaya. Sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kardiovaskular ini. Selain itu buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

via hellosehat.com
(Sumber: hellosehat.com)

Sistem imun tubuh adalah pertahanan tubuh dalam menghadapi berbagai infeksi penyakit yang diakibat oleh virus, bakteri, dan kuman. Vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya sangat berkhasiat buat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga bisa terjaga dari segala jenis penyakit seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya.

Tuh, jadi gak usah ragu dan kebanyakan mikir lagi deh buat mengonsumsi pepaya. Kalo emang bagus buat kesehatan, kenapa engga? Iya kan!!! (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.