Selasa, 10 Desember 2019
Gaya HidupNational[IS]meKesehatan

5 Aksi Nyata (dan Gampang) yang Bisa Lo Lakuin untuk Mengurangi Polusi Udara di Jakarta

©Genmuda.com/2017 TIMCewek yang siap rave party ini ngerekam tata cahaya panggung sambil joget. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Kabar kurang enak datang dari Jakarta nih Kawan Muda. Sejak beberapa hari terakhir ibu kota Indonesia ini baru aja mendapat ‘penghargaan’ sebagai kota dengan polusi udara paling tinggi. Menurut pantau Air Visual kualitas udara di Jakarta dalam sebulan terakhir sejak awal Juli 2019, masuk dalam kategori gak sehat.

Pemerintah beralasan bahwa pencemaran terjadi karena banyaknya proyek yang sedang berjalan di Jakarta, ditambah oleh semakin tingginya polusi dari kendaraan bermotor dan bertepatan dengan musim kemarau. Di satu sisi netizen dan citizen yang maha benar cuma bisa saling debat kusir dan saling menyalahkan satu sama lain tanpa memerikan solusi.

Oleh sebab itu Genmuda.com justru mau mengajak Kawan Muda buat ngelakuin 5 aksi nyata dan cukup sederhana buat mengurangi polusi udara di Jakarta. Ada apa aja? Langsung diterapin ya!

1. Naik kendaraan umum

hikmah terselubung naik kendaraan umum_2
(Sumber: sustainablecitiescollective.com)

Ini cara paling gampang buat dilakuin siapa aja, apalagi sama lo yang beraktifitas di tengah kota. Selain bikin badan sehat penggunaan transportasi umum juga mengurangi pencemaran udara yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor. Kalo kata pemred Genmuda.com nih, “Semua orang tau kali Jakarta selalu macet, makanya biasain datang lebih awal biar gak bikin sumpek jalanan.”

2. Rajin-rajin jalan kaki atau naik sepeda

olahraga
(Sumber: Istimewa)

Ke tempat fotocopy naik ojol, ke mini market depan rumah naik motor, gimana lo gak ikutan nyumbang polusi udara? Kalo jaraknya kurang dari 1 kilometer doang bisa kali cuma jalan kaki atau naik sepeda. Perlu digarisbawahi nih bahwa berjalan merupakan tipe olahraga paling gampang dan murah buat lo lakuin. Idealnya seseorang diharuskan berjalan 7-8 ribu langkah perhari, loh. Lo pernah coba gak?

3. Kurangi makan junk food

via wegotfoodcovered.com
(Sumber: wegotfoodcovered.com).

Apa hubungannya? Tanpa lo sadari kemasan junk food kayak plastik, kardus, almunium, hingga styrofoam adalah material gak ramah buat udara sehat. Gak cuma susah didaur ulang, produk kemasan kayak styrofoam punya pengaruh besar dalam pelepasan hidrokabron yang berbahaya. Itu baru pencemaran udara ya, belum pencemaran air hingga tanah. Saran dari Genmuda.com biasain deh bawa bekel dari rumah. Gak cuma lebih sehat buat tubuh, tapi juga buat kantong lo. He-he.

4. Keseringan pakai gadget

©Visinema Pictures
©Visinema Pictures

Mau pakai smartphone, smart tv, smart watch, dan barang-barang pintar lainnya, yang jelas semua perangkat elektronik yang lo pakai akan menghasilkan panas yang berperan dalam pencemaran udara. Terkesan receh ya? Tapi apa jadi jika 6 juta orang di Jakarta melakukan hal receh itu? Efeknya pasti bisa lo rasain seperti kejadian kayak sekarang.

5. Punya tanaman kecil dalam ruangan

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Mungkin di antara Kawan Muda ada yang gak punya waktu atau niat untuk berkebun. Gak usah ber-ide bikin perkebunan kayak game “Harvest Moon” dulu deh, cukup dengan menjaga ruang kerja atau kamar dengan satu tanaman hias. Kalo lo rasa repot pakai pupuk dan tanah, sekarang udah banyak kok tanaman yang pakai sistem hidroponik. Atau kalo mau mudah lagi, coba aja taruh pohon kaktus yang cuma perlu lo siram seminggu sekali.

Percaya deh, biarpun 5 hal di atas receh tapi kalo dilakuin oleh banyak orang (khususnya lo yang lagi baca artikel ini) maka secara gak langsung manfaatnya bakal luar biasa gede loh. Jadi selamat mencobanya ya! Inget ngeluh sama nyalain pemerintah gak bakal ngurangin polusi udara di Jakarta.

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.