Rabu, 17 Juli 2019

Genmuda – Inget waktu kecil Kawan Muda ditanya orang tua “Kalo gede mau jadi apa?” Biasanya sih jawabannya engga jauh-jauh dari Pilot, Tentara, Polisi ataupun Dokter. Tapi begitu kalian udah segede sekarang, emang masih kepikiran buat ke sana? Jawabannya pasti mikir-mikir.

Apalagi jaman sekarang karena perkembangan teknologi udah makin banyak kerjaan baru dan unik, bahkan cukup ‘aneh’ bagi orangtua kalian. Tapi siapa sangka kerjaan yang dibilang aneh ini punya potensi penghasilan yang gede banget loh. Engga percaya? Cari tau aja selengkapnya di bawah:

1. Youtuber / Selebgram

Youtubers Indonesia kece-kece loh! © Cameo Project

Kalo jaman dulu sering ngoceh-ngoceh sendiri itu bisa bikin kita dikucilin sama temen-temen dan dikategorikan orang abnormal, sekarang malah bisa ngehasilin duit banyak loh, bahkan bukan engga mungkin malah jadi banyak fans. Engga percaya? Salah satu buktinya akun Youtube PewDiePie, doi termasuk kategori Vlogger yang sukses banget di Youtube. Bahkan menurut Forbes, di Desember 2016 lalu doi berhasil jadi Youtuber dengan income tertinggi mencapai lebih dari 15 juta dolar Amerika per tahun.

Selain jadi Youtuber, kamu juga bisa nyobain jadi selebgram. Jepret sana jepret sini, diedit dulu biar makin cakep, upload deh ke medsos. Sekarang makin banyak loh akun-akun instagram yang di-endorse sama produk-produk dari perusahaan gede. Selain dapet penghasilan tambahan, seenggaknya kamu juga bisa dapet produk gratis! Kalopun barangnya diambil lagi, seengganya udah pernah nyobain lah, he-he.

Biar makin sip kamu butuh Notebook Hybrid yang mumpuni, jadi kamu bisa editing dan review konten Youtube atau Instagram kamu secara profesional dengan mode laptop, dan cari inspirasi buat konten berikutnya pake mode tablet.

2. Travel Blogger

via: Acer
It’s traveling time!! © Acer

Kalo kamu perhatiin pasti deh pernah liat akun medsos atau blog seseorang yang kerjaannya traveling mulu. Bisa jadi doi anak orang kaya yang hobinya jalan-jalan, tapi bisa jadi juga itu profesi yang doi gelutin. Kegiatannya ya selain explore dan nikmatin tempat-tempat liburan asik, pasti sambil blogging tentang perjalanan yang doi lakuin. Mulai dari tempat-tempatnya, akomodasi yang disaranin sampe ke budget dan experience-nya.

Engga butuh harus sarjana dulu kok, modalnya ya laptop yang ringan dan batre tahan lama, trus ditambah kamu yang emang hobi jalan-jalan, rajin jalin koneksi dan terutama mau ngasah kemampuan menulis, dijamin deh kamu bisa jadi Travel Blogger sukses. Oh iya satu lagi, selalu tepati aturan deadline.

3. Content Writer

via: Google
Pengen jadi content writer juga? (Sumber: Istimewa)

Mungkin mirip-mirip ya dengan profesi sebelumnya, tapi kalo kamu seorang content writer, kamu bakal bener-bener fokus dengan keahlian menulis. Terus apa aja yang dibuat sama content writer? Mulai dari artikel, blog ataupun berita, intinya sih konten yang sesuai dengan keinginan klien kita. Berhubung sekarang jamannya media online, seorang content writer juga butuh belajar SEO supaya keywords yang dipake dalam penulisan kontennya bisa mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Kerjaannya engga kenal waktu, alias suka-suka kamu dan klien yang butuh tulisan kamu. Makin banyak kamu cari orderan ya makin sering pula kamu dituntut untuk nulis konten, yang biasanya bakalan ada deadline! Enaknya jadi content writer, kamu punya peluang untuk kerja di rumah ataupun cafe, engga melulu di kantor. Bisa aja kamu kerja pake laptop sambil nongkrong di warkop kece, atau ngetik di rumah sambil ngemil padahal belum mandi dan sikat gigi. Intinya sih rajin nulis kapan pun dan di manapun.

4. Social Media Strategist

via: Google
Main di medsos juga bisa ngehasilin duit loh (Sumber: Istimewa)

Dijamin deh pasti kalian semua punya medsos, minimal satu entah itu Facebook, Instagram ataupun Twitter. Nah daripada cuma stalking medsos mantan dan baper tiap ngeliat doi udah move-on, mending jadiin profesi sekalian! Biasanya sih kamu bakal start dari Social Media Admin.

Nah, kalo kamu mau jadi seorang Social Media Strategist, selain hobi mainin medsos kamu juga butuh skill tambahan lainnya. Karena untuk sampe ke titik ini kerjaan kamu bukan cuma sebagai seorang admin yang ngepost foto atau artikel doang ke medsos, tapi juga harus bisa merangkap sebagai seorang fotografer, editor, copywriter, customer support, dan analis.

Kamu bakal keliatan punya banyak waktu luang dan semua kerjaan kamu bisa dilakuin di mana aja. Tapi jangan salah gaes, makin gede klien yang kamu handle, makin banyak pula workload-nya. Jadi ya kamu harus selalu siap siaga untuk bisa terhubung dengan semua akun medsos dan followers brand yang kamu pegang. Ditambah kamu juga butuh laptop yang bisa dipake buat presentasi hasil analisis kerjaan kamu ke klien, supaya kamu juga nentuin strategi untuk pengembangan medsos klien kamu ke depannya.

Semua profesi di atas bisa kamu gelutin mulai dari sekarang loh! Engga butuh harus nunggu kelar sarjana. Tapi yang pasti kamu bakal butuh Notebook Hybrid yang bisa kamu andelin kapanpun dimanapun seperti Acer Switch 1. Notebook kece dari Acer ini cocok banget buat kamu yang mobile, selain karena desainnya modern dan sangat ringan, batrenya juga tahan lama, bayangin aja bisa dipake selama 12 jam, jadi pas kamu lagi traveling engga harus khawatir low-batt. Kalopun kamu lupa ngecas dan chargernya ketinggalan, Notebook 2-in-1 dengan harga terjangkau ini bisa kamu cas pake powerbank yang kamu punya. Ntap!

Work and Play with Acer Switch 1 © Acer

Selain itu ada 4 mode yang bisa kamu pake untuk situasi tertentu, pertama Notebook Mode yang bisa kamu pake buat ngetik-ngetik atau editing. Kemudian ada Pad Mode, jadi layarnya bisa kamu copot dari keyboard, dan Acer Switch 1 langsung berubah jadi tablet, nyaman banget buat foto-foto atau main game. Terus ada juga Display Mode yang kepake banget buat kamu presentasi hasil kerjaan kamu ke klien, naikin gengsi dan gaya kamu juga loh! Terakhir ada Tent Mode, cocok banget kalo kamu tetep pengen kerja di kereta atau pesawat karena space meja yang sempit.

FYI, ada penawaran spesial juga khusus buat kamu nih, kalo kamu beli Acer Switch 1 sekarang, kamu bakal dikasih garansi penggantian unitbaru apabila ternyata Notebook yang kamu dapat mengalami problem, jadi dijamin puas deh. Ayo buruan beli Acer Switch 1 dan mulai berkreasi untuk masa depan kamu! (adv)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast