Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Selain buka bersama, sahur on the road (SOTR) kadang jadi agenda wajib anak-anak muda di bulan Ramadhan. Biasanya, SOTR dihabiskan dengan cara keliling kota naik motor bareng-bareng temen. Engga jarang juga ada kekerasan mewarnai kegiatan itu karena bertemu rombongan yang lain. (Jangan ditiru ya!)

Daripada waktu habis engga jelas dan mata sepet engga manfaat di kegiatan kaya gitu. Ada baiknya kamu ubah susunan acara SOTR yang kamu buat bareng temen. Berikut ini ada beberapa ide SOTR yang pastinya banyak berkah dan engga bakal bentrok sama rombongan lain.

1. Mungutin sampah di jalan

(Sumber: China Daily)

Terkadang, SOTR yang dilakuin orang-orang tuh menyisakan sampah di jalan-jalan ibu kota. Botol plastik, bungkus styrofoam, atau pembungkus makanan berserakan di sepanjang jalur SOTR, terutama di tempat pemberhentian utama rombongannya.

Daripada ikut-ikutan nyampah dan nyusahin dinas kebersihan setempat, lebih baik kamu dan rombongan SOTRmu memungut sampah-sampah yang berserakan itu. Tanpa disadari, kamu bakal bantu warga kota, dan dinas kebersihan buat menjaga kebersihan di kota kamu.

Ditambah lagi, kalo kamu SOTR sambil bawa tim dokumentasi, foto-foto kegiatannya bisa kamu posting di sosial media. Komunitas lain yang liat sosmed kamu pasti bakal iri sama kegiatan keren yang kamu lakuin. Siapa tau ada orang yang kepincut sama aksi tersebut.

2. Bikin kegiatan bersih-bersih sekolah

(Sumber: inquirer.net)

Kalo kamu ngadain SOTR sama temen-temen sekolah, ada baiknya kamu bikin kegiatan yang bermanfaat buat sekolahmu. Salah satunya, bikin kegiatan bersih-bersih sekolah. Selain angkatan kamu bakal dipandang oke sama guru, kamu juga bakal dapet pahala banyak.

Soalnya, aksi yang kamu lakukan itu bakal bermanfaat buat adek-adek kelas di kemudian hari. Bersih-bersihnya engga perlu ribet, gaes. Siapin aja sapu, pengki, dan lap pel buat bersihin lantai sekolah. Kalo ada tenaga ekstra, bisa sekalian berbenah halamannya. Engga perlu ribet sampai beli cat sekolah, gaes.

Kalo kamu beruntung, gebetan kamu yang belum pernah dijadiin pacar bakal ikut kegiatannya. Terus, doi bakal terkesima sama ide brilian kamu yang banyak manfaatnya itu. Kemudian, kalian jadian ketika idul fitri tiba. Amiin.

3. Sharing session dan Sahur bareng yatim-piatu

Sharing sessionnya bisa kamu lakuin kaya Kelas Inspirasinya Indonesia Mengajar, gaes. (Sumber: Kompas.com)

Berhubung kamu sudah remaja dan mungkin sebagian malah udah lulus dari bangku kuliah, kamu pasti udah punya banyak banget pengalaman idup yang bisa kamu bagiin. Pengalaman kamu latian ekstra keras buat masuk tim futsal, dapet nilai bagus, atau lulus kuliah aja udah jadi pengalaman menarik buat yang lebih muda, kok.

Maka dari itu, kamu bisa bikin acara sahur bareng yatim-piatu di panti asuhan, rumah singgah, atau yayasan anak lainnya. Di sela-sela kegiatan sahur mereka, kamu selipin deh sesi sharingnya. Ajak aja mereka bercerita dan berdialog.

Bagi mereka, yang kamu lakukan itu sangat berharga. Mereka bakal ngerasa senang dan terharu karena masih ada kakak-kakak yang peduli nasib anak-anak kurang beruntung. Setelah sesi santap sahur dan sharingnya selesai, adain deh sesi doa bersama. Terus, kamu minta didoain biar engga jomblo selamanya. *eaa…

Well, tiga ide itu bakal mengubah pandangan miring orang, termasuk orang tua kamu, soal SOTR, gaes. Terus, kamu bakal buktiin ke orang-orang kalo anak muda tuh engga cuma bisa hura-hura. Tapi, juga peduli sesama dan niat kerja sosial. Daripada uang kamu habis buat bensin dan perkara engga jelas, mendingan dipakai buat kegiatan bermanfaat kaya gitu, kan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.