Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – Mendekati akhir tahun 2017 berbagai talenta baru di lapangan hijau mulai mencuri banyak perhatian pecinta sepakbola. Gak melulu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, para pemain muda berikut ini bisa dibilang punya sejumlah bekal buat menjadi bintang di masa depan.

Dilansir Genmuda.com dari L’Equipe, berikut 20 daftar pemain muda U21 yang cukup menjanjikan. Bahkan gak sedikit dari mereka udah menembus posisi timnas di negaranya dan ada pula yang menjadi pemain termahal di dunia kedua setelah Neymar. Tanpa banyak basa-basi kita mulai dari urutan 20 dulu ya.

20. Patrik Schick

via: Goal
(Sumber: Goal)

Dipinjam AS Roma dari Sampdoria gak lantas bikin pemain muda asal Ceko ini berkecil hati. Buktinya tim ibu kota menjamin jika Schick mampu mencapai beberapa target bersama AS Roma, sang pemain akan diberikan kontrak tetap dengan bayaran mencapai 42 juta euro. Itu artinya kalo Schick bisa konsisten, doi bakal ngalahin rekor Gabriel Batistuta sebagai pemain bola termalah yang pernah dibeli Roma dengan mahar 36 juta euro.

19. Davinson Sanchez

via: Standard.co.uk
(Sumber: Standard.co.uk)

Namanya emang gak setenar Dele Alli, namun kepindahannya dari Ajax ke Tottenham Hotspur musim 2017/2018 jelas bukan sesuatu yang murah. Buat memakai jasanya, Tottenham harus mengocek dana sekitar 42 juta poundsterling. Walau baru tampil sebanyak 13 kali, tapi sebagai pemain muda doi udah jadi bek andalan bagi timnas Kolombia.

18. Franck Kessie

via: licencetoroam
(Sumber: Istimewa)

Digadang-gadang sebagai penerus Toure bersaudara di skuad Pantai Gading ngejadiin Kessie bisa bermain sebagai gelandang tengah hingga pemain belakang. Dikontrak Atalanta selama tiga tahun sejak musim 2015, Kessie hanya membela Atalanta di musim pertama, di tahun keduanya ia dipinjamkan ke Casena, dan sekarang di AC Milan.

17. Benjamin Henrichs

via: Intup
(Sumber: Intup)

Kejelian Joachim Low mengeksplor pemain muda di timnas Jerman untuk piala dunia Russia terbilang masih ampuh. Salah satu bakat yang doi temuin ada pada Benjamin Henrichs. Pemain yang sekarang membela Bayern Leverkusen ini memulai debut pada laga persahabatan saat Jerman kontra San Marino tanggal 11 November 2016, dengan kemenangan telak 8-0.

16. Youri Tielemans

via: Express
(Sumber: Express)

Kamu yang doyan main FIFA atau PES mungkin bisa masukin pemain muda asal Belgia ini. Namanya terpilih sebagai pemain Belgia terbaik tahun 2017. Sedangkan dua tahun sebelumnya doi menjadi pemain muda terbaik Belgia secara berturut-turut. Yang bikin kamu melongo, Tielemans menjadi pemain Belgia termuda yang pernah tampil di Liga Champions pada usia 16 tahun 148 hari saat membela Anderlecht.

15. Dani Ceballos

via: Fourfourtwo
(Sumber: Fourfourtwo)

Baru dikontrak Madrid selama 6 tahun pada musim 2017 jelas menjadi tanda tanya, “Sejago apa Dani Ceballos?”. Meski demikian pemain jebolan akademi Sevilla ini mampu menjadi pelapis lini tengah Madrid. Debutnya tanggal 16 Agustus 2017, berbuah manis dengan kemenangan 2-0 atas Barcelona.

14. Jonathan Tah

via: Express
(Sumber: Express)

Nama pemain Bayer Leverkusen ini mulai diperhintungkan setelah rutin mengisi skuad muda Tinmas Jerman. Meski tahun ini doi baru memulai debut di timnas senior, namun Joachim Low gak segan buat menjadikan Tah sebagai pengganti Mats Hummels di berbagai laga uji coba.

13. Julian Brandt

via: Express
(Sumber: Express)

Masih satu tim sama Jonathan Tah, pemain sayap berusia 21 tahun ini masuk sebagai pemain masa depan Jerman. Sejak bergabung dengan Bayer Leverkusen di tahun 2014, Brandt udah tampil sebanyak 115 kali dengan torehan 22 gol di liga domestik.

12. Kasper Dolberg

via: Sky Sport
(Sumber: Sky Sport)

Kasper Dolberg adalah pemain muda Denmark yang masuk bidikan beberapa tim top eropa jelang bursa transfer musim dingin. Real Madrid dan Manchester United jadi dua kandidat teratas buat memakai jasanya. Bergabung dengan Ajax sejak tahun 2016, Dolberg udah mengoleksi 21 gol dari 47 laga.

11. Christian Pulisic

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Pemilik passport Amerika Serikat ini menjadi salah satu pemain penting dari lini depan Borussia Dortmund. Saat baru bergabung pada tahun 2015 bersama di junior, Pulisic berhasil mencuri perhatian dengan mencetak 10 gol dan 8 assist hanya dalam 15 laga. Gak sampe satu musim, doi lantas langsung dipanggil buat masuk ke tim senior Dortmund.

10. Timo Werner

via: Talk Sport
(Sumber: Talksport)

Tampil gemilang bersama RB Leipzig dengan torehan 29 gol dalam 46 laga bikin cowok kelahiran 6 Maret 1996 ini diincer banyak tim raksasa, kayak Real Madrid dan Inter Milan. Di level timnas senior, penyerang muda ini terbilang subur lewat torehan 7 gol dari 10 laga.

9. Marcus Rashford

via: Metro
(Sumber: Metro.co.uk)

Pemain jebolan akademi MU ini emang udah gak diraguin lagi ketajamannya. Memulai debut di era Van Gaal, Rashford kini menjadi pemain penting dalam skuad racikan Jose Mourinho. Pemain Inggris ini sering menjadi pemecah kebuntuan Setan Merah dalam beberapa laga.

8. Kingsley Coman

via: 101greatgoal
(Sumber: 101greatgoals)

Walau di timnas Prancis Coman baru cetak sebiji gol, tapi bukan berarti skillnya pas-pasan. Bermain sebagai pemain pinjaman di Bayern Munich sejak dua musim terakhir gak menjadikannya luput sebagai pemain muda paling bersinar tahun 2017. Buktinya doi mampu menggantikan peran penting pemain senior di sana, kayak Xabi Alonso dan Franck Ribery.

7. Leroy Sané

via: The Independent
(Sumber: The Independent)

Hijrah ke Manchester City musim 2016, membuat pemain sayap asal Jerman ini cukup produktif dalam memberikan umpan dan mencetak gol. Bersama Kevin De Bruyne dan David Silva, Sane sama-sama telah menghasilkan 8 assist hingga di pekan ke-19. Ngelihat laga yang masih panjang hingga akhir musim, besar kemungkinan pemain yang akan genap berusia 22 tahun pada 11 Januari 2018 ini bakal terus menambah jumlah umpannya.

6. Gabriel Jesus

via: Sky Sport
(Sumber: Sky Sport)

Generasi pesepakbola Brasil setelah Neymar, mungkin ada pada pemain 20 tahun ini yang sekarang membela Manchester City. Meski debutnya bersama Manchester Biru musim lalu belum berbuah satu gelar pun, namun sekarang Jesus menjadi pilihan utama Pep Guardiola untuk menggantikan Aguero. Total ada 26 laga yang doi mainkan di tahun ini dengan torehan 15 goal.

5. Gianluigi Donnarumma

via: 90min
(Sumber: 90min)

Kegemilang Donnarumma di bawah mistar gawang AC Milan cukup membuat sejumlah tim-tim Eropa ngebet pengen memboyongnya. Bahkan debut Donnarumma di tahun 2015 menjadikannya sebagai kiper termuda kedua yang memulai debut di Serie A, yaitu pada usia 16 tahun 242 hari. Sayang kemampuan suksesor Gianluigi Buffon itu gak bakal kita liat di Piala Dunia tahun depan lantaran kegagalan Italia menembus fase kualifikasi.

4. Ousmane Dembelé

via: Dailymail
(Sumber: Dailymail.co.uk)

Dibeli dari Borussia Dortmund dengan mahar 147 juta euro, mengantarkan Ousmane Dembele sebagai pemain termahal kedua di dunia. Kepindahannya ke Barcelona emang digadang-gadang sebagai suksesor Neymar yang pindah ke PSG. Meski ada yang bilang harganya terlalu overrated, tapi menurut catatan Opta, Dembele masuk sebagai 10 pemain terbaik dalam timnas Prancis. Well, kita liat aja kiprah Dembele yang diperkirakan akan kembali dari cedera pada 1 Januari 2018.

3. Kylian Mbappe

via: The National
(Sumber: Istimewa)

Bersinar di Monaco musim lalu membuat pemain ini jadi buruan tim-tim besar kayak Real Madrid, Arsenal, dan Manchester City. Karena dijual terlalu kemahalan, dimainin enggak mau, Monaco memilih opsi meminjamkan Mbappe ke PSG. Bersama Cavani dan Neymar, pemain 19 tahun ini berhasil nyetel di lini depan Le Parisien. Wajar kalo harga transfernya naik hingga tiga kali lipat menurut situs transfermarkt per Oktober 2017.

2. Dele Alli

via: Express.co.uk
(Sumber: Express.co.uk)

Bersama Rasford, Alli sering dibilang sebagai generasi baru dari The Tree Lions. Mantan playmaker Milton Keynes yang sekarang membela Tottenham Hotspurs ini pernah menempati urutan 8 dalam 50 pemain muda U20 versi Gazzetta dello Sport. Kecemerlangnya musim lalu juga turut mengantarkan Spurs menyegel satu tiket Liga Champions. Terlepas dari inkonsistensi anak-anak Mauricio Pochettino awal musim 2017/2018, Alli masih masuk pemain berbahaya yang banyak diperebutkan sejumlah tim elit eropa.

1. Marco Asensio

via: Mirror.co.uk
(Sumber: Mirror)

Pemain U-21 paling bersinar ada pada pemain tempaan akademi Real Madrid, Marco Asensio. Seenggaknya udah ada 8 gelar yang doi boyong buat El Real sejak tahun 2015, termasuk Piala Eropa U19. Di usia 21 tahun, Asensio sering menjadi pilihin Zidane untuk mengisi lini tengah Real Madrid. Gak heran kan kalo namanya juga udah masuk dalam skuad senior Timnas Spanyol.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.