Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Bahasa baru selalu menarik dibahas, apalagi bahasa-bahasa gaul dan singkatan zaman now (kalo pengen baca soal itu, lihat artikel ini, ini, dan ini). Ada kalanya, bahasa kuno pun seru dibahas karena mampu deskripsiin kondisi masa sekarang.

Kalo pada link-link di atas Genmuda.com jelasin soal perkembangan Bahasa Indonesia lisan, sekarang mari bahas Bahasa Inggris. Coba perhatiin — hapalin juga kalo perlu — kata-kata di bawah ini biar pengetahuan kamu lebih banyak dari guru atau dosen Sastra Inggris kamu.

1. Shivviness

via Istimewa

Bahagia itu sederhana. Misalnya, ketika kamu peroleh kenyamanan haqiqi saat mengenakan pakaian dalam baru. Dalam Bahasa Inggris kuno, perasaan nyaman itu adalah definisi kata “Shivviness.”

2. Uhtceare

via Istimewa

Ketika kamu sulit tidur sampe hampir fajar karena gelisah dan khawatir mikirin hari-hari esok atau masa depan secara umum, kamu sedang melakukan hal yang bernama “Uhtceare.” Itu adalah istilah Bahasa Inggris serapan kuno dari Uhta (jelang fajar) dan Cearu (duka), dua kata Bahasa Jerman kuno.

3. Twattling

via Istimewa

Twattling terjadi saat kamu nongkrong rame-rame sambil bergosip soal hal gak penting. Istilah tersebut berasal dari Bahasa Inggris sekitar abad 16. Kata dasarnya adalah Twat yang berarti orang bodoh tingkatan lebih rendah dari Stupid.

4. Cacoethes

Temen kamu yang ndablek alias keras kepala lakuin hal-hal bodoh, gila, ekstrem, idiotik, atau konyol melakukan hal itu karena cacoethes, sebuah dorongan hati untuk lakuin hal berbahaya atau gak disaranin orang. Asal katanya dari Bahasa Inggris abad 16.

5. Frobly-mobly

Kamu sakit, tapi gak sampe parah harus ke dokter. Tapi, dibilang sehat pun sebenernya enggak. Artinya, kamu sedang frobly-mobly, kata dari Bahasa Inggris abad 18.

6. Grumbletonians

Lihatlah media sosial, maka kamu bakal nemuin haters pemerintah. Bahasa Inggris abad 17 sebut mereka sebagai para grumbletonians, alias sekumpulan orang yang gak bahagia, marah, benci, murka, keki, sama pemerintahnya.

7. Kakistocracy

Para grumbletonians bisa jadi ngomel-ngomel lantaran pemerintahannya berbentuk kakistocracy. Itu adalah istilah Bahasa Inggris abad 19 buat definisikan sistem pemerintahan yang dijalankan orang-orang paling gak kompeten.

8. Snollygoster

Nah, para pejabat di kakistocracy biasanya merupakan snollygoster. Apa itu? Itu adalah orang-orang bejat gak berprinsip, yang biasanya merupakan politisi. Istilah itu juga berasal dari Bahasa Inggris abad 19.

9. Callipygian

Cewek berolahraga melatih otot bawah tubuh dengan gerakan macam squat supaya jadi callipygian, alias memiliki bentuk bokong indah dan ideal. Gokil, ya. Orang-orang Inggris abad 19 ternyata udah suka mendeskripsikan bokong orang lain kayak preman zaman sekarang.

10. Peg puff

Anak-anak kecil atau remaja cewek yang dandanannya kayak orang dewasa adalah peg puff. Kalo secara harfian, peg puff adalah cewek muda yang berperilaku seperti orang tua bahkan nenek-nenek. Asal katanya dari Bahasa Skotlandia kuno.

11. Lanspresado

Temen kamu yang sekolah, nongkrong, dan ngelakuin hal apapun dalam keadaan bokek adalah lansperado. Istilahnya berasal dari Bahasa Inggris abad 18.

12. Groke

Orang-orang Skotlandia kuno punya deskripsi kocak, nih. Para lansperado biasanya juga jadi groke, alias jadi orang yang perhatiin makanan orang lain dengan harapan dibagi makanan itu.

13. Ultracrepidarian

Tapi, gak apalah jadi groke atau lansperado asalkan gak jadi ultracrepidarian. Artinya kata Bahasa Inggris abad 19 itu adalah orang yang berpendapat mengenai masalah yang gak dipahaminya sama sekali. Singkatnya, orang sok tahu.

14. Dysania

Kamu pasti termasuk pengidap dysania. Alias, keadaan sulit beranjak dari tempat tidur pagi-pagi. Hayo. Ngaku aja. JSYK, dysania adalah kata Bahasa Inggris sekitar 1900-an yang zaman sekarang punya sinonim yaitu clinomania.

15. Slugabed

Para pelaku dysania/clinomania adalah slugabed. Di kamus Bahasa Inggris abad 16, slugabed artinya orang yang leha-leha di kasur melewati waktu normal bangun tidur. Kamu begitu?

16. Gruefeling

Kelakuan para slugabed di tempat tidur bisa didefinisiin pake kata dari Bahasa Skotlandia kuno, yaitu gruefeling. Artinya adalah tiduran sambil kemulan dalam posisi enak, atau membungkus diri sendiri dengan lapisan kain nyaman.

17. Perendinate

Kata perendinate adalah kosa kata Bahasa Inggris Abad 19 yang berasal dari Bahasa Latin perendinare, artinya menunda-nunda sampe lusa. Pernah melakukannya? Pasti pernah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.