Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Begitu dengar nama Korea Utara (Korut) pasti kamu bakal kebayang sama negara tertutup dengan kepemimpinan komunis dibawah kepemimpinan Kim Jong Un. Tak cuma itu, kepala negara yang sering bikin Donald Trump naik pitam itu juga memberlakukan banyak aturan dan larangan ketat kepada warga Korut.

Sebelum bahas larangan tersebut, perlu digarisbawahi bahwa larangan yang akan Genmuda.com bahas kali ini merupakan cara pemerintah Korut melindungi warga mereka sekaligus menghindari bocornya informasi ke negara lain.

Dari semua larangan yang dirancang pemerintahan Korut, berikut ini 12 larangan yang mungkin terasa aneh dan bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Melancong ke luar negeri

via: Travel
(Sumber: Istimewa)

Saat kita bisa traveling ke luar negeri tanpa ada batasan dari pemerintah Indonesia, beda kasusnya sama warga Korut. Mereka gak diperbolehkan ‘melancong’ ke luar negeri. Jika ada anggota pemerintah atau delegasi negara yang akan pergi keluar negeri pun jumlahnya dibatasi dan diawasi dengan ketat.

Uniknya, pemerintah Korut berusaha menyangkal larangan itu dengan pengiriman ‘pemandu sorak’ mereka di Olimpiade Musim Dingin bulan Februari lalu. Namun sejumlah media asing banyak juga yang gak percaya, dan menganggap jika kehadiran pemandu sorak itu cuma akal-akalan Kim Jong Un supaya terkesan negara mereka fine-fine aja. Duh!

2. Membicarakan hal berbau seksual, apalagi nonton film porno

via hdimagelib.com
(Sumber: hdimagelib.com)

Seperti yang pernah Genmuda.com infoin, Korut mengharamkan segala tindakan berbau seksual yang terjadi di depan umum. Jangankan nonton, sekedar ngomongin soal seksual aja bisa dianggap kejahatan politik dan bakal dihukum kurungan penjara.

3. Penggunaan pembalut sekali pakai

via: Dailymail
(Sumber: Instagram)

Karena ada larangan ini, wanita di Korut terpaksa menggunakan pembalut kain sehingga bisa dibersihkan dan dipakai berulang kali. Alasannya mungkin bikin kamu geleng-geleng kepala nih, yaitu karena pembalut dianggap produk barat. What?!

4. Penggunaan kondom

via: This is insider
(Sumber: This is insider)

Ini juga sulit diterima nalar. Padahal penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penyakit kelamin. Namun demikian, larangan itu lebih berkaitan dengan larangan di poin kedua.

Hasilnya banyak warga yang menderita penyakit kelamin justru mengucilkan diri karena takut dijebloskan ke penjara. Seorang warga asal Korut yang berhasil keluar dari negara itu pun sempat mengakui kepada Metro, jika di negaranya tidak ada pendidikan seks atau program keluarga berencana.

5. Memakai produk AS

via cnet.com
MP White JR, seleb Inggris yang pertama menjajal iPhone X di London. (Sumber: cnet.com)

Perang ideologi dengan AS juga berdampak pada pemblokiran semua produk-produk asal negeri Paman Sam, entah itu makanan, pakaian, hingga gadget. Namun demikian mereka tetep bisa memiliki barang sejenis, selama itu buatan negara China. Pake KW gak apa-apa deh.

6. Seniman asing gak boleh tampil tanpa izin negara

(Sumber: Pinterest)

Seniman yang dimaksud berhubungan pada penampilan panggung atau pameran suatu karya. Contohnya kayak penyanyi, aktor, pelukis, pematung, dan lain-lain. Hal ini sebabkan karena pemerintah Korut menilai seniman tersebut bisa menjadi alat propaganda politik yang membocorkan informasi ke pihak luar.

7.  TV kabel

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Karena menganut paham komunis, pemerintah Korut melarang warganya memasang/menonton acara TV Kabel. Tercatat saat ini hanya ada 4 stasiun televisi yang dikendalikan sepenuhnya oleh pemerintah.

8. Majalah/koran asing

via: Slate
(Sumber: Slate)

Sama halnya dengan TV, akses informasi dari negara luar juga dilarang oleh pemerintah. Kalo pun ada berita, semuanya tetep dikendalikan oleh pemerintah. Pers di Korut pun cuma diperbolehkan menulis dua tema, pendidikan dan pencitraan politik pemerintah.

9. Pohon Natal

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Pasca pecahnya perang Korea tahun 1950, penganut agama Kristen di Korut adalah penduduk minoritas, selebihnya mereka adalah atheis. Walau kebebasan beragama telah diatur, namun mereka melarang ornamen atau kegiatan keagamaan, termasuk pohon Natal.

Total cuma ada 14 gereja di negara tersebut, dimana tiap gereja selalu diawasi oleh pemerintah. Bahkan rumah ibadah tersebut hanya dikhususkan bagi orang asing aja, alias bukan warga asli Korut.

10. Model rambut sama rata

via: Dailymail
(Sumber: Dailymail)

Di Indonesia kita cukup beruntung karena pemerintah gak ikut campur perihal gaya rambut kita harus seperti apa. Tapi di Korut setiap warga negaranya dilarang punya model rambut yang udah ditetapkan oleh pemerintah.

Ibarat galeri ‘Top Collection’, semua tukang cukur di Korut punya 18 model potongan rambut cewek dan 15 model potongan cowok. Semua model potongan itu juga gak boleh diwarna-warnain. Melanggar? Siap-siap aja masuk penjara. Serem ya.

11. Dilarang internetan tanpa izin negara

via: giphy

Kita mungkin dengan gampangnya akses internet, tapi beda kasus sama warga Korut. Walau internet di sana gratis, tapi cuma segelintir orang aja yang dibolehkan mengaksesnya.

Jika ngotot mau internetan, warga Korut perlu izin pemerintah dan kepolisian setempat buat punya komputer. Kalo pun udah dapet izin, aksesnya pun terbatas dan gak langsung terhubung ke internet luar, namun harus lebih dulu ke China.

12. Larangan menggunakan pakaian gaya barat

via: Shopify
(Sumber: Istimewa)

Berbanding terbalik sama Korsel, urusan penampilan warga Korut justru juga diatur oleh Kim Jong Un. Baik cewek atau cowok, mereka dilarang menggunakan pakaian gaya barat seperti celana jeans, dress, sneakers, dll. Aturan ini dibuat untuk membendung pengaruh negara lain kepada kehidupan warga Korut.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.