Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Kesuksesan film animasi gak lepas dari peran animator dalam menciptakan karakter yang ikonik dan gampang diingat sama kita. Dari zaman baheula sampai sekarang gak banyak orang tau kalo sebagian besar karakter kartun animasi yang kita kenal itu terinspirasi dari sosok terkenal.

Di antara 10 karakter komik yang akan Genmuda.com bahas kali ini, sebagian di antaranya emang terang-terangan dijadikan model oleh para animator. Kawan Muda mau tau ada siapa aja? Nih, langsung baca aja sampai selesai ya.

1. Aladdin – Tom Cruise

(Sumber: Pinterest)

Para animator Aladdin mengakui bahwa mereka menggambar tokoh pangeran tampan itu berdasarkan wajah ganteng Tom Cruise. Awalnya mereka ingin membuat Aladding mirip dengan aktor Michael J. Fox dari film “Back to the Future”, namun karena dirasa terlihat imut mereka kemudian memilih inspirasai lain, yaitu Tom Cruise.

2. Edna Mode – Edith Head

(Sumber: Pinterest)

Kamu yang udah nonton film The Incredibles pasti kenal sama perancang busana kostum superhero, Edna Mode? Nah, karakter ini diyakini terinspirasi dari seorang desainer hebat Edith Head. Mulai dari kacamata, hidung, gaya busana, sampe identitas brand (rambut dan kacamata) nyaris persis. Meski pihak Pixar gak membenarkan, tokoh Edna emang mirip banget sama desainer nyentrik tersebut semasa hidupnya.

3. Puteri Aurora dan Cinderella – Helene Stanley

(Sumber: Pinterest)

Kawan Muda pasti belum kenal sama Helene Stanley. Dia adalah aktris Amerika Serikat di era 1940-an dan dikenal menjadi model hidup untuk membuat karakter Puteri Aurora dan Cinderella oleh Disney. Alasannya sederhana, karena mereka melihat Stanley adalah aktris yang anggun dan cantik.

4. Betty Boop – Helen Kane

(Sumber: Pinterest)

Tokoh kartun ikonik Betty Boop juga terinspirasi dari penyanyi sekaligus aktris Helen Kane yang terkenal di tahun 1920-an. Gak cuma wajah dan rambutnya, suaranya pun persis sama, loh. Sayangnya Helen gak begitu suka sama karakter kartun tersebut, bahkan dirinya sempat menggugat penciptanya dari Paramount Pictures tahun 1932.

5. Pocahontas – Irene Bedard

(Sumber: Pinterest)

Gak cuma dipercayai untuk mengisi suara Pocahontas, Irene Bedard udah sering terlibat dalam film-film suku Indian. Dari situ pula para animator berhasil menciptakan Pocahontas. Sampai sekarang Irene pun masih dipercayai untuk mengisi suara puteri suku indian tersebut, salah satu di film Wreck it Ralph Breaking Internet yang tayang bulan November 2018.

6. Jessica Rabbit – Vicki Dougan

Terlepas dari Jessica Rabbit sebagai karakter kartun paling kontroversial karena keseksiannya, sejarah budaya pop mencatat kalo karakter ini terinspirasi sama model dan aktris, Vikki Dougan. Cewek ini terkenal sering tampil di acara sosial dengan gaun backless (kelihatan punggung) dengan potongan rendah di era tahun 50an.

7. Milhouse Van Houten – Josh Saviano

(Sumber: Pinterest)

Karakter nerd yang sering di-bully di kartun The Simpsons ini dipercaya terinspirasi sama tokoh Paul Pfeiffer di film “The Wonder Years” yang diperankan oleh Josh Saviano. Keduanya sama-sama punya kesamaan, mulai dari bentuk kacamata, hidung mancung, dan potongan rambut belah pinggir.

8. Eric Cartman – Carroll O’Connor

(Sumber: Pinterest)

Soal mirip dari bentuk wajah sama usia jelas gak ada kesamaan. Menurut Trey Parker dan Matt Stone kreator “South Park”, tokoh bocah nakal Eric Cartman terinpirasi sama aktor Carroll O’Connor dalam serial “All the Family” sebagai Archie Bunker. Kedua lantas berpikir gimana peran Archie diubah jadi anak berusia 8 tahun. Hasilnya ada pada tokoh Eric.

9. Snow White – Marge Champion

(Sumber: Pinterest)

Gaya rambut, bentuk wajah, sampai gaun Snow White terinspirasi oleh penari cantik asal Amerika Serikat, Marge Champion. Saat dikontrak Disney untuk film “Snow White” usianya masih 18 tahun dan para animator sempat memintanya untuk menggunakan helm football supaya mereka bisa menggambar kepala Snow White lebih besar dari kepala pada umumnya.

10. Tinker Bell – Margaret Kerry

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Banyak orang mengira kalo tokoh Tinker Bell terinspirasi sama Marlyn Monroe, padahal peri di film Peter Pan itu terinspirasi sama aktris dan penyiar radio Amerika Serikat, Margaret Kerry. Selain Tinker Bell, dia juga berperan mengisi suara beberapa tokoh di film-film Disney.

Comments

comments