Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Olahraga itu penting. Sama pentingnya kayak belajar, makan, atau tidur. Dengan berolahraga tubuh kita jadi lebih sehat dan otak kita jadi lebih baik dalam bekerja. Tapi nih, di era digital seperti sekarang, banyak banget orang-orang yang super sibuk dan susah banget buat olahraga.

Mau CFD-an udah keburu mager, habis pulang kerja udah keburu males, nyempetin sebelum ke kampus/sekolah gak mau keringetan. Hih, serba salah gak sih? Nah, kali ini ada beberapa tips buat Kawan Muda yang super sibuk tapi tetap sehat di padatnya jadwal kamu. Cekidot!

  1. Tentukan Jadwal Seminggu Kedepan

Ini adalah hal paling esensial dari keseluruhan tips yang Genmuda.com kasih. Kalau Kawan Muda orang yang sibuk, pastiin kamu tau jadwal seminggu ke depan dan luangkan waktu buat berolahraga. Atur jadwal kapan waktu kerja, jadwal makan sehat, pacaran kalo ada, dan fitness. Emang sih suka meleset dari jadwal, tapi tenang aja gaes, yang setiap ada waktu luang langsung gunain buat olahraga.

  1. Tentukan “Goal”

Goal di sini bukan kayak Calciopoli di Liga Italia ya. Saat mengatur jadwal kegiatan, pastiin juga kamu punya target realistis buat olahraga. Apakah seminggu harus dua atau tiga jam jogging atau berapa kilometer jogging yang harus kamu tempuh selama seminggu, asalkan gak terlalu dipaksain buat berolahrga di saat kerjaan kamu lagi banyak ya, yang ada nanti kamu malah kacapean atau malah sakit. Gak mau kan?

  1. Pilih Makanan Ringan yang Menyehatkan

Diet bagi sebagian orang udah jadi kebiasaan sehari-hari, susahnya yaitu mengontrol makanan ringan buat jadi cemilan. Buat kamu yang ‘laperan’ meski udah makan, coba deh cemelin makanan ringan yang menyehatkan kayak kacang, buah-buahan, dan yoghurt.

  1. Bawa Bekel yang sehat

Siapin dari pagi atau malam sebelumnya buat bawa bekel yang menyehatkan dari rumah. Biasanya yang bekel yang menyehatkan itu terdiri dari meatballs, kacang kacangan, pasta, telur, dan kalau bisa direbus ya Kawan Muda, jangan digoreng. *Awal kolesterol.

  1. Hindari Makan Karena Stres

Biasanya, karena sibuk jadinya stres dan malah jadi makan banyak. Udahnya baru nyadar, “Gue stres jadi gemukan!” Tapi kejadian kayak gini bisa banget kamu hindarin loh, kamu bisa memulai pelampiasan stres kamu seperti berendam di air hangat, yoga, atau minum secangkir teh hangat, jadi jangan apa-apa ujungnya selalu makan ya!

  1. Atur Pola Makan

Sebenarnya keberhasilan sehatnya tubuh kita ditentukan oleh makanan. Walaupun Kawan Muda udah olahraga 4-7 kali seminggu, semuanya bakal percuma kalau pola makan kamu asal-asalan. Pola makan harus disesuaikan juga dengan kegiatan.

  1.  Intensitas Itu Penting

Dalam fitness, yang terpenting bukanlah seberapa lama kalian menjalani olahraga, tapi intensitas olahraganya. Jadi walaupun gak banyak waktunya, yang penting intens aja ya Kawan Muda, nanti tiggal kamu tingkatin aja waktu olahraganya.

  1. Rajin Jalan

FYI, rajin jalan kaki terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang menjaga badan kamu tetap sehat. Bahkan kalau kamu gak sempet olahraga, dengan aktif berjalan setiap harinya bisa membuat tubuh kamu tetap bugar.

  1. Maksimalkan waktu akhir pekan

Kalau sibuk dari Senin sampai Jumat, hari Sabtu dan Minggu adalah waktu yang tepat buat memaksimalkan aktivitas olahraga dan menjaga kebugaran Kawan Muda. Rajin angkat berat, lakukan interval latihan yang tinggi, dan buat diri kamu berkeringat selama akhir pekan.

  1. Tidur yang cukup

Kesibukan kadang menyita waktu tidur. Selain dapat menyebabkan stres, kurang tidur juga dapat meningkatkan berat badan loh. Jadi kalo masih sore coba deh buat tubuh dan pikiran kamu rileks dan tidur sebelum pukul 12 malam. Dan yang penting jangan terlalu sering main smartphone sebelum tidur, karena inilah yang menjadi penyebab utama seseorang susah tidur.

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.