Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Kita tau kalo yang namanya program diet dan ngurusin berat badan tuh gak segampang liat nonton tips hidup sehat ala influencer. Tapi kamu tau gak sih kalo sebenarnya banyak banget cara mengurangi berat badan tanpa perlu diet mati-matian atau sampe ngabisin duit berjuta-juta cuma buat gabung member fitness dan beli peralatan olahraga?

Makanya, kali ini Genmuda.com bakal kasih tau kamu nih 10 tips sederhana yang bisa kamu lakuin kapan aja, dimana aja, dan sama siapa aja. Penasaran? Cekidot infonya di bawah ini!

1. Jalan kaki

Jangan mager buat jalan kaki. Risiko kenaikan berat badan dapat dikurangi sampai setengahnya hanya dengan berjalan kaki selama satu jam setiap hari. Berjalan akan membakar kelebihan kalori dan akan membuat kamu bisa lebih langsing. Setiap satu mil kita jalan, maka kalori kita akan terbakar hingga 100 kalori.

2. Lapar? Kunyah permen karet

via: Tumblr

Ketimbang ngemil cantik atau makan sekali dalam porsi banyak, kamu bisa mencoba kunyah permen karet. Khususnya permen karet tanpa gula rasa mint. Kenapa? Soalnya rasa mint bisa menekan nafsu makan dan menghilangkan rasa lapar dengan cepat.

3. Banyak tidur

Menurut riset yang diterbitkan majalah Nature Communications menunjukan bahwa orang yang kurang tidur dari 6 jam semalam mengonsumsi makanan berkalori lebih banyak dan punya berat badan lebih besar daripada mereka yang cukup tidur. Jadi mulai deh rutin tidur selama 7-8 jam per hari.

4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein

Saat kamu banyak makan makanan yang kaya akan protein seperti ikan, telur, keju, atau kacang-kacangan,  akan membuat kamu jadi lebih cepat kenyang dan gak gampang lapar. Penelitian yang dipublikasikan dalam Medicine National Institutes of Health menyebutkan bawah peningkatan 15% protein per hari membantu peserta diet mengurangi 440 kalori lebih sedikit. Dari situ mereka juga berhasil menurunkan berat badan sebanyak 10 pon sekita 4,5 kg dalam 12 minggu tanpa harus pilah-pilih makanan.

5. Pilih piring bewarna merah

Apa pengaruhnya? Secara psikologis warna merah erat kaitannya sama larangan atau tanda berhenti, sehingga secara naluri orang memilih untuk membatasi makanannya. Masih dari penelitian di Medicine National Institutes of Health, mereka mengambil contoh dengan memberikan pilihan piring berwarna merah, putih, dan biru. Ajaibnya, orang yang makan dengan piring merah ternyata mengambil makanan lebih sedikit ketimbang dua warna lainnya. Tapi kayaknya cara ini kurang berpengaruh, apalagi kalo lagi makan prasmanan.

6. Minum di gelas berukuran tinggi

Kita boleh percaya atau engga sama fakta ilmiah yang satu ini. Kenyataannya saat kita minum dari gelas tinggi, kita akan minum sekitar 25-30 persen dari volumenya. Menurut ilmuan asal Amerika Serikat, Brian Wansink, kebiasaan tersebut terjadi karena tipuan ilusi optik kepada otak. Bahkan bartender profesional pun menuang lebih banyak air ke dalam gelas berukuran pendek. Itu juga kali ya alasan di kafe jarang ada gelas mug atau cangkir.

7. Kurangin main media sosial

via: giphy

Sebuah studi yang diterbitkan di Harvard Health Blog menemukan bahwa ketagihan media sosial menyebabkan banyak orang kelamaan duduk sehingga aktivitas tubuh mereka kurang. Kebiasaan inilah yang bikin berat badan naik dan perut semakin buncit. Biar gak kebablasan kamu bisa mengatur waktu penggunan media sosial di smartphone kamu. Tapi kalo kamu admin akun gosip itu beda persoalan ya.

8. Beli baju ukuran kecil

via: Giphy

Kalo kamu mau naikin berat badan gak apa-apa klo beli baju naik satu ukuran dari badan kamu. Sebaliknya kalo pengen turunin berat badan pilih deh baju yang pas di badan kamu. Jangan takut baju gak muat, justru baju baru itulah yang bisa jadi motivasi dalam diri kamu.

9. Cari temen yang juga mau kurusin badan

via giphy.com

Ini cocok buat kamu yang males-malesan buat nurunin angka di timbangan. Sebuah studi bilang bahwa orang yang bekerjasama dengan orang lain untuk nurunin berat badan lebih sering mencapai target mereka sebanyak 20%. Tuh, coba cari temen seperjuangan mulai dari sekarang.

10. Bahagia

via: Giphy

Kalo kamu udah coba 9 cara di atas tapi masih belum ampuh, mungkin kamu masih lupa rasanya bahagia. Emang sih bahagia itu banyak bentuknya. Mulai dari nonton, belanja, sampai piknik pun bisa jadi cara yang mujarab. Tapi apapun bentuknya rasa bahagia mampu menurunkan rasa depresi yang memicu kenaikan berat badan. Gitu, gengs! (sds)

Comments

comments