Sabtu, 22 September 2018
Gaya HidupPiknik

10 Tips Dateng ke Festival Musik 2018 Supaya Kamu Bisa Menikmatinya dengan Maksimal!

©Genmuda.com/2017 TIMPara penggemar Alan Walker joget sambil nyanyi bareng. Beruntunglah mereka yang dateng bersama temen atau orang kesayangan di SHVR Invasion, Jumat (22/9). ©Genmuda.com/2017 TIM.

Genmuda – Aroma-aroma festival musik mulai tercium pada titik puncak masa liburan kayak gini, genks. Sampai dimulainya tahun ajaran baru 2018/2019, kamu bisa keliling Indonesia buat nikmati semua festivalnya.

Pada pekan awal Juli di Jakarta, ada Hammersonic, festivalnya pecinta musik keras. Dua pekan berikutnya, We The Fest 2018 digelar sebagai festival musim panasnya anak-anak gaul Tanah Air. Beberapa hari kemudian, ada Jazz Gunung Bromo buat para pecinta smooth tunes.

Apapun festival yang mau kamu datangi, Genmuda.com punya 10 tips supaya pengalaman kamu di sana bisa dinikmati semaksimal mungkin. Perhatiin, ya.

1. Jaga ekspektasi

©Genmuda.com/2017 TIM
Penonton konser WTF 2017 nyanyi sepenuh hati. ©Genmuda.com/2017 TIM

Jangan berharap tinggi-tinggi. Panitia boleh ngomong acara garapannya bakal jadi acara yang wagelaseh, tapi kamu perlu jeli untuk tidak berharap tinggi-tinggi. Acaranya pasti keren tapi belum tentu jadi pengalaman yang menjadi titik balik dalam pencarian jati diri kamu.

2. Bawa baju ganti

(©Genmuda.com/2016 TIM)
Dua orang pengunjung lagi berfoto di WTF 2016, Minggu (14/8). Meski hujan, penonton tetep hepi mengikuti acara. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Keringet kamu pasti bercucuran setelah jogat-joget mengikuti irama. Terus, kamu bakalan pulang malam. Biar gak masuk angin, ada baiknya kamu bawa baju ganti. Gak perlu bawa sekoper. Cukup bawa kaus atau jaket cadangan aja.

3. Mau nyaman? Jangan bawa kendaraan

©Genmuda.com/2017 TIM
Antrean masuk penonton JGTC 2017, Minggu (26/11). Meski dandanan luntur kena hujan, semangat penonton tetep membara. ©Genmuda.com/2017 TIM

Hampir semua pemilik kendaraan merasa nyaman bawa kendaraan saat datengin festival musik. Mereka salah. Pada waktunya bubaran konser nanti, antrean mobil dan motor ke loket parkir bakal bikin stres. Nonton konser emang paling asik naik angkutan umum atau transportasi online.

4. Pakai baju yang body fit

©Genmuda.com/2017 TIM
Gaya Armand (23 tahun) tipikal penikmat Jazz abis. Top to toe: Local brand (flatcap), Jackhammer (polo shirt), D-Ziner (wirstwatch), Niion (purse), Local brand (jeans), Fladeo (shoes). ©Genmuda.com/2017 TIM.

Pengalaman aja, nih. Dateng ke konser dengan pakaian terlalu gombrong adalah mimpi buruk karena bagian bawahnya bisa kecipratan becekan di jalan. Sementara itu, baju yang terlalu ketat bikin kamu gak leluasa menari-nari.

5. Pemanasan dulu di festival lebih kecil

©Genmuda.com/2016 TIM.
Ginda Bestari lagi solo gitar di TJF 2016. Biar musik-musiknya agak nge-blues, permainan doi tetep memukau fans jazz di TJF 2016. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Buat kamu yang baru pertama datang ke festival musik besar, kamu butuh pemanasan dengan menghadiri festival kecil, entah di sekolah atau di dekat rumah. Biar apa? Biar kamu tau sensasinya menghadiri festival dan gak norak.

6. Telusuri panggung-panggung

©Genmuda.com/2017 TIM
Tata artistik panggung Garuda Land DWP 2017. ©Genmuda.com/2017 TIM

Pada festival dengan banyak panggung, ada baiknya kamu menelusuri semua panggung yang tersedia. Lagian, buat apa kamu cuma mendekam di panggung yang ada artis favorit kamu?

Berharap berdiri paling depan dan melihat artisnya? Sedepan-depannya, pasti ada jarak antara panggung dengan area penonton terdepan. Jaraknya pun bisa lebih dari 5 meter.

7. Bawa tisue basah

©Genmuda.com/2017 TIM
Pengunjung area Cosmic Station DWP 2017 menggila di tengah beat menghentak DJ Marlo, Jumat malam (15/12). ©Genmuda.com/2017 TIM

Coba deh beli tisue basah kemasan kecil (isi 10 atau 5) yang muat kamu simpan di kantung celana. Itu akan berguna banget ketika kamu butuh pergi ke toilet dimana jumlah air bersihnya terbatas.

8. Bawa uang ekstra

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kebanyakan panitia melarang pengunjung bawa masuk makanan/minuman dari luar area festival. Semua bahan konsumsi harus dibeli di dalam. Dan, harganya tuh di atas rata-rata. Kamu gak bisa melawan peraturan itu. Ikutin aja. Makanya, bawa uang ekstra.

9. Beli minuman berelektrolit

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Bila dihadapkan pada pilihan beli air putih atau minuman berelektrolit saat kamu kehausan, pilih minuman berelektrolit. Meski harganya lebih mahal, rasa haus kamu akan lebih hilang ketimbang kamu minum air putih biasa. Kalau uang kamu udah habis, mungkin ada baiknya kamu belajar minum air kran.

10. Enjoy!

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kamu bakalan dateng ke festival musik, loh. Itu tempatnya kamu berhura-hura, loh. Jadi, jangan malu buat teriak, joget, dan kenalan sama sesama pengunjung karena itulah saat yang paling tepat. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.