Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Fase menjadi mahasiswa gak jauh beda sama anak SMA. Mulai dari kelas X junior, kelas XI panitia acara sekolah, dan kelas XII yang udah jadi senior. Di kampus juga ada yang kayak gitu. Bedanya para senior yang udah masuk tahap tuga akhir, skripsi, atau semester nyaris drop out (DO) disebutnya mahasiswa tingkat akhir.

Jadi mahasiswa tingkat akhir pun gak sepenuhnya enak. Walau dianggap senior, berbagai tuntutan dan pertanyaan “Kapan Lulus?” udah jadi cobaan yang harus kamu lalu. Ibarat game dengan raja terakhir, tugas akhir pun menjadi syarat wajib yang harus kamu lewatin. Saat itu pula kamu bakal melihat tipe-tipe mahasiswa tingkat yang pasti selalu ada di tiap kampus.

Mau tau ada tipe apa aja? Selengkapnya bisa kamu baca di bawah:

1. Sesuai target

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sesuai target baik, lebih cepat dari target juga lebih baik. Itulah kenapa mahasiswa satu ini giat banget ngerjain tugas akhir. Mulai dari riset, penelitian, bolak balik perpus, sampai rajin ketemu dosen jadi menu wajib dia setiap hari. Tipe macam inilah yang wajib kamu tiru. Syukur-syukur jadi lulusan cumlaude.

2. Latah

©Genmuda.com/2017 TIM
Calon-calon mahasiswa ke Prancis lagi pada diskusi (atau gosip ya?) saat seminar persiapan pelepasan di Jakarta, Rabu (12/7). ©Genmuda.com/2017 TIM

Temen ambil judul dan penelitian apa, dia ikutan. Dosen kasih saran apa, ditelan bulat-bulat kayak tahu. Kebanyakan latah kayak gini bisa berbahaya saat sidang nanti. Mendingan ikutin kata hati dan pemikiran kamu sendiri. AIH SYEDAP!

3. Pemburu dosen

corinne breuze
Dubes Perancis untuk Indonesia, Ibu Corinne Breuzé sedang ngasih wejangan dan membuka seminar persiapan pelepasan mahasiswa Indonesia ke Perancis di Jakarta, Selasa (12/7). (Foto: Genmuda.com 2016 / Charisma Rahmat)

Beruntunglah kamu yang sedang dibimbing sama dosen yang baik hati, enak diajak diskusi, gampang ketemuan, dan gak bikin kepala pusing saat harus revisi. Sebaliknya ada pula mahasiswa yang harus dapat dosen pembimbing killer, susah diajak ketemu, dan banyak kasih revisi. Kalo udah begini, otomatis kamu masuk golongan mahasiswa tingkat akhir pemburu dosen. Sabar-sabar aja ya, sob!

4. Ngulang

via Her Campus
(Sumber: Istimewa)

Buat mereka ngulang mata kuliah sambil skripsi ibarat kayak lihat Lin Dan di tim bula tangkis China. Datang ke kelas cuma jadi formalitas, karena tujuannya cuma mau memperbaiki nilai untuk menaikan IPK. Kalo gak mau kayak gini, mulai deh belajar serius dari semester satu. Gitu aja.

5. Dikejar deadline

©Genmuda.com/2017 TIM
Lagi ngerjain apa sih, kak? Sini aku bantuin. ©Genmuda.com/2017 TIM

Kuliah segan lulus tak mau. Begitu kira-kira tipe mahasiswa yang udah dikejar deadline ‘buat lulus’. Mau kamu itu cinta banget sama almamater, ada masanya kampus menawarkan dua pilihan. Mau lulus dengan gelar atau tanpa gelar (Baca: Drop Out). Awas jangan sampai masuk tipe ini ya.

6. Diam-diam mendadak sidang

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Tipe yang ini pasti ada di kampus kamu. Meski gak banyak, mereka tergolong orang yang jarang gembar-gembor atau pamer di sosial media. Biarpun jarang kelihatan di tempat nongkrong kampus, eh sekalinya muncul udah beres sidang. Wadaw! Kayaknya tipe ini punya prinsip diam-diam menghanyutkan.

7. Dikit-dikit update

via alivecampus.com
(Sumber: Istimewa)

Tipe ini pasti ada saat ngerjain skripsi dan dikit-dikit selalu update sama kerjaannya. Mau lagi bimbingan di kampus, di warnet, di perpustakaan, semua hal-hal diceritain ke sosial media. Pokoknya selama urusannya sama skripsi pasti diupdate. Kalo kamu keganggu sama orang ini, mute aja akun medsosnya biar gak nyampah di timeline kamu.

8. Penelitian terus sampai lulus

via Istimewa
Ki-ka: Citra dan Elisabeth, mahasiswa Indonesia yang memukau peneliti asing. (Sumber: Istimewa)

Ada pula mahasiswa yang lama ngerjain skripsi bukan karena males-malesan, tapi emang butuh waktu lama untuk penelitian. Misalnya aja kayak judul skripsi salah satu Gentroopers yaitu, “Pengaruh iklim tropis pada pertumbuhan kacang Bogor.” Jadi perlu adanya penelitian lebih mendalam. Belum lagi kalo gagal, modalnya udah banyak banget kan. Saran dari penulis sih, mendingan cari judul yang gampang-gampang aja deh, jangan nyusahin diri sendiri.

9. Drama, drama, dan drama

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Gak cuma film korea, mahasiswa kayak gini selalu menanggapi tugas akhir bagai drama. Ditolak dosen saat pengajuan judul, drama. Skripsi suruh direvisi, drama. Sampai drama buat milih pendamping wisuda juga ada. Padahal lulus aja belum. Yakan!

10. Deadliner

Buat tipe ini ngerjain skripsi dan revisi itu enaknya di masa-masa injury time. Bahkan kalo bisa H-1 sebelum masa deadline. Biasanya mereka berdalih untuk santai-santai aja buat ngerjain skripsi. Males sama ngeles beda tipis deh ya!

Kira-kira kamu masih tipe mahasiswa yang mana nih, gengs? Apa masih ada tipe yang belum dibahas? Tambahin aja di kolom komentar biar tipe mahasiswa tingkat akhirnya tambah banyak. Ciao! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.