Senin, 25 September 2017
Gaya HidupPiknik

10 Tempat Liburan di Jakarta yang Pasti Penuh Tiap Akhir Pekan (Mendingan Gak Usah ke Sini!)

(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Akhir pekan di Jakarta gak ada bedanya dari hari-hari biasa. Pasti macet. Pasti sumpek. Pasti banyak polusi. Kalo ada yang beda, paling cuma waktu penuhnya doang yang beda.

Seolah gak bosen sama kesumpekan itu, para anak urban dari Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi masih juga ke Jakarta di akhir pekan bareng keluarga, pacar, atau selingkuhan. Jakarta makin rame terutama di tempat hiburan.

Masalahnya, di antara sekian banyak tempat hiburan di Jakarta, para turis lokal seolah gak punya banyak pilihan. Mereka berkumpul di tempat-tempat di bawah ini. Kalo kamu gak suka tempat sumpekhindari aja dan cari tempat liburan baru di Ibu Kota.

1. TMII

via beritadaerah.co.id
Badut TMII lagi menghibur bocah pengunjung. (Sumber: beritadaerah.co.id)

Taman Mini Indonesia Indah masih jadi tempat hiburan ikonik paling rame di area tengah DKI Jakarta. Tempat yang nyajiin miniatur pulau dan rumah-rumah Adat seluruh wilayah Indonesia ini dikunjungi sampe 350 ribu pengunjung di hari libur, kata laporan Sindonews.com, 1 Juli lalu.

2. Pantai Ancol

via poskotanews.com
(Sumber: poskotanews.com)

Tiap tahun, pengunjung Ancol nambah 3-5 persen. Kalo lagi rame-ramenya, area pantai di Utara Jakarta ini dikunjungi hingga 92 ribu sampe 150 ribu pengunjung dalam sehari. Bayangin. Betapa padetnya bibir dan pantai landai itu. Jangankan untuk duduk selonjoran. Untuk jalan aja susah.

3. Dunia Fantasi

via gingerbreadandtea.wordpress.com
Antrean Roller Coaster Dufan. (Sumber: gingerbreadandtea.wordpress.com)

Masih berada di kawasan yang sama, Dufan termasuk salah satu tempat hiburan yang paling bayak dikunjungi di area Taman Impian Jaya Ancol, sejak April 2017. Pengunjung taman hiburan seluas 9,5 hektare itu bisa nyampe 2.100 orang loh di saat peak. Jumlahnya emang engga sebanyak TMII dan Ancol tapi antrean wahana pasti puanjang buanget.

4. Seaworld

via metrotvnews.com
(Sumber: metrotvnews.com)

Seaworld juga sama. Wahana wisata pemandangan bawah laut di Utara Jakarta ini rame dikunjungi keluarga tiap akhir pekan. Pengunjungnya bisa 2.300 orang yang udah antre bahkan sebelum gerbang buka. Ketika penuh, lorong-lorong di dalam Seaworld padet merayap. Hati-hati dompet dan ponsel hilang.

5. Kebun Binatang Ragunan

via tempo.co
(Sumber: tempo.co)

Sejak dilalui jalur Transjakarta, Kebun Binatan Ragunan makin rame dikunjungi. Saat musim libur, tempat ini dikunjungi sampe 700 ribuan orang, loh. Di area Kandang Ular, Bonbin Ragunan juga ngasih kesempatan pengunjung untuk ngelus-ngelus dan berfoto sama beberapa piton jinak.

6. Pusat belanja dan cafe manapun

via tempo.co
(Sumber: tempo.co)

Ya. Gak di Barat, Timur, Utara, Selatan, atau Pusat, tiap pusat perbelanjaan dan cafe di Jakarta selalu penuh pada akhir pekan. Saking ramenya, lorong-lorong di pusat sampe dipenuhi orang kayak lorong di pasar. Susah jalannya.

7. Jalan Protokol

©Genmuda.com/2016 TIM
Anak skate lagi kickflip di CFD. ©Genmuda.com/2016 TIM

Jalan Sudirman Thamrin pasti rame sama orang lari pagi, naik sepeda, foto-foto, skateboard, olahraga, jalan, pacaran, jualan, dan kegiatan apapun yang bisa dilakuin saat Car Free Day Minggu pagi. Makin dekat ke Bundaran Hotel Indonesia, makin rame crowd-nya.

8. Monas

via udinnews.wordpress.com
(Sumber: udinnews.wordpress.com)

Belum dateng ke Jakarta kalo belum pernah jalan-jalan ke Monas. Baik di area taman, di museum bawah monas, atau di puncaknya, pengunjung padat sesak. Area bersejarah itu bisa dikunjungi sampe 4.000 orang dari pagi sampai siang di akhir pekan, loh.

Kalo lagi main ke sana, ingat satu hal penting. Jangan terbangin drone tanpa ijin karena polisi dan paspampres istana bisa menembak jatuh drone kamu. Monas kan termasuk area “Ring 1” yang merupakan daerah terdekat Istana Presiden.

9. Kota Tua

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Gak mungkin lah kawasan Museum Fatahillah sepi di akhir pekan. Saat rame, pengunjung area itu bisa sampe 125 ribu orang dari jam 8 sampe jam 10 malam. Selain dapet foto yang instagrammable, kamu juga bakal dapet banyak ilmu karena banyak museum di area itu.

10. Kepulauan Seribu

via kompas.com
Mau main jetski? Antre dulu! (Sumber: kompas.com)

Tiap minggu, pasti ada deh travel agent besar-kecil yang ngadain open trip ke Kepulauan Seribu. Emang tempatnya bagus-bagus dan deket Ibu kota juga, sih. Wajar peminatnya banyak sehingga kepulauan di utara Jakarta itu dikunjungi sampe 3.000 – 5.400an orang.

Jadi, jangan pernah ke Jakarta kalo pengen liburan tenang jauh dari orang. Liburan aja di rumah. Liburan ke luar kota atau ke luar negeri deh sekalian kalo mau sepi. Menurut kamu, tempat liburan mana nih yang favorit dikunjungi tiap akhir pekan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.