Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Popularitas subscene.com sebagai sumber subtitle berbagai film dan serial engga usah ditanya lagi. Tapi, situs penyedia subtitle berbagai bahasa itu suka bikin panik penggunanya lantaran engga menyediakan teks yang lagi dicari. Mau nyari di mana lagi?

Situs penyedia subtitle emang banyak, tapi belum tentu cepet update dan punya kualitas teks yang bagus. Malah, ada yang kebanyakan iklan atau engga jelas posisi kolom pencariannya sehingga bikin susah kamu sendiri.

Tapi tenang, jelang waktu liburan panjang yang tinggal menghitung hari ini, Genmuda.com siap kasih kamu rekomendasi situs penyedia subtitle yang engga kalah dari subscene.com. Engga cuma lengkap, kadang updateannya lebih cepet, engga banyak iklan, dan ngasih subtitle bagus dalam berbagai bahasa dan format. Langsung simak ya!

1. Opensubtitles.org

via giphy.com

Subtitlenya film dan serial populer pasti ada di opensubtitles.org, mau itu film Barat hingga India sekalipun. Semuanya bisa dicari di kolom pencarian yang letaknya jelas, ada ditengah-tengah atas situs. Tiap dua kali klik, ada satu iklan yang bakalan muncul. (Langsung close window aja) Iklannya bukan soal situs judi online atau situs ‘dewasa’ loh.

2. Subdl.com

Tampilan subdl.com sangat clean. Begitu masuk, langsung ada kolom pencarian dengan background sebuah poster film yang bikin tampilannya kekinian. Dari segi koleksi, jumlah subtitle di situs itu lebih banyak daripada Open Subtitles. Kualitas subtitle di situs ini mirip Subscene. Hanya, ada beberapa judul film yang cuma punya subtitle Bahasa Inggris tanpa Bahasa Indonesia.

3. isubtitles.net

Nah, isubtitles.net adalah favorit terbaru penulis, soalnya judul film dan serial televisi yang ada di situsnya lengkap banget. Subtitlenya banyak yang Bahasa Indonesia pula. Udah gitu, tiap hari selalu ada koleksi subtitle baru di situsnya. Kekurangannya sih cuma satu, situs ini dibuat panjang banget sehingga butuh scroll agak lama buat sampai ke bagian subtitle Indonesia yang letaknya di bawah.

4. sub-titles.net

via popsugar.com

Situsnya punya mesin pencarian yang lebih detil. Selain masukin judul film, kamu juga bisa masukin informasi tambahan seperti season, jenis film, episode, dan bahasa supaya nemuin hasil pencarian lebih detil. Sayangnya, koleksi subtitle situs ini agak kurang banyak. Kalo kamu cari subtitle Indonesia, kemungkinan hasilnya sedikit banget.

5. yifysubtitles.com

Kebalikan dari situs lainnya, yifysubtitles.com justru nyediain subtitle film-film anti-mainstream, misalnya aja film dokumenter, jadul, atau horor-komedi Asia. Selain ngasih subtitle, situsnya juga tunjukin review filmnya berdasarkan berbagai situs kritik terpercaya, gaes. Lumayan lah buat dibaca sembari nunggu downloadnya kelar.

6. Islandsubs.com

Identitas islandsubs.com sebagai penyedia subtitle drama-drama Asia langsung keliatan begitu masuk halaman depan. Judul drama-drama Korea paling banyak, tapi ada juga drama Jepang, Hong Kong, dan Taiwan. Kelebihan situs ini adalah selalu nyediain subtitle Bahasa Indonesia di semua episode tiap dramanya. Kalo kebetulan engga tersedia, tunggu aja beberapa hari pasti langsung di-update deh.

7. Subtitleseeker.com

via imgur.com

Ada sekitar 8,7 juta subtitle di situs subtitleseeker.com dari judul film dan serial yang koleksinya lumayan lengkap. Di situs itu, iklannya hampir engga ada. Sayang, kebanyakan subtitlenya masih pakai Bahasa Inggris.

8. Fansubupdate.com

Penggemar anime sepertinya cuma butuh fansubupdate.com. Situsnya di-update tiap beberapa jam sekali dan berisi koleksi subtitle Bahasa Indonesia dari ribuan judul anime. Mulai dari yang jadul sampai yang baru rilis ada. Selain itu, situsnya juga jadi tempat download beberapa manga berbahasa Indonesia yang sulit ditemukan di berbagai situs baca manga. Je-Jepang-an banget lah pokoknya.

9. Animesave.com

via pinterest.com

Well, animesave.com sebenernya situs treaming dan download anime, tapi subtitle di tiap filmnya bisa di-download. Situsnya bisa jadi alternatif seandainya subtitle anime favorit kamu engga ada di fansubupdate.com.

10. Moviesubtitles.org

Moviesubtitles.org bagi penulis adalah harapan terakhir. Desain situsnya rada jadul, koleksi judul filmnya agak sedikit, dan jarang ada subtitle Bahasa Indonesia. Kalo lagi hoki, situsnya malah munculin subtitle yang dicari ketika udah putus harapan di situs lain.

Kawan Muda punya koleksi situs penyedia subtitle lainnya? Langsung aja tulis komentar kamu di bawah ini. Tapi inget, ya. Nonton film asli jauh lebih seru daripada yang bajakan. Udah gitu aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.