Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Bahasa gaul berkembang seiring berkembangnya kegaulan anak-anak muda. Kayak bahasa formal, penciptaan bahasa gaul baru juga terjadi lewat adaptasi dari bahasa asing, termasuk bahasa online.

Tahun-tahun lalu, Genmuda.com udah bahas sejumlah kata gaul macam YXGQ, Hype, dan BM. Ada juga istilah khas kampus yang pasti bikin anak SMA kebingungan kayak hilang pegangan.

Kali ini, Genmuda.com punya tambahan bahasa gaul lagi yang harus dipahami biar gak ketinggalan jaman. Jadi, kuy lah, kuy. YXGQ!

1. Prank

via YouTube
(Sumber: YouTube)

Diambil dari Bahasa Inggris, prank bisa diartiin secara gampang dengan kata “ngerjain” atau “ngisengin.” Istilah itu biasa dipake para YouTuber saat isengin orang lain. Namun sayang, kadang prank YouTuber suka kelewatan sehingga selebnya kena kasus.

2. Tubir

Itilah “tubir” sebenernya gak baru-baru amat. Asalnya dari kata “ribut” yang dibaca dari belakang. Itu teknik ciptain bahasa gaul ala remaja era 2000-an. Pada saat itu, “tubir” identik sama tawuran. Sekarang, kisruh adu mulut di media sosial juga bisa disebut “tubir”.

3. Lur

via blogromeltea.blogspot.com
(Sumber: blogromeltea.blogspot.com)

Penggunaan kata “lur” sama persis kayak kata bro, sis, sob, bos, dan pak. “Lur” adalah kata sapaan yang diserap dari kata “dulur” dalam Bahasa Sunda yang artinya teman. “Gitu, lur.”

4. Sampis/Limbah

Apa istilah untuk deskripsiin sesuatu yang lebih rendah dari sampah? Pilihannya dua, antara “sampis” yang merupakan singkatan dari sampah abis atau limbah yang dalam ekosistem lebih berbahaya dari sampah.

5. CMIIW

via abbreviations.com
(Sumber: abbreviations.com)

Singkatan ini berkali-kali muncul di akhir penjelasan panjang mengenai topik pelik yang gak melulu politik. Kepanjangannya adalah correct me if i’m wrong, artinya tolong benerin kalo gue ada salah. Jadi, koreksi pendapat doi. Jangan malah menghina kalo ada salah.

6. LMAO

Arti istilah ini sama kayak LOL (laugh out loud). Kepanjangan LMAO adalah laugh my ass off yang artinya ngakak guling-guling.

7. JSYK/FYI

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kepanjangan JSYK adalah just so you know. Sementara itu, FYI adalah singkatan dari for your infomation. Diterjemahin ke bahasa sehari-hari, dua singkatan itu artinya jadi “Asal lo tau.”

8. IMHO

Saat pengen berpendapat secara online, pake istilah IMHO di awal pendapat. Soalnya kepanjangannya adalah in my humble opinion, artinya “menurut pendapat gue.”

9. Yalord

via YouTube
(Sumber: YouTube)

Lord=Tuhan dalam Bahasa Inggris. “Yalord” ya artinya adalah ungkapan “Ya Tuhan.” Penggunaannya paling pas saat komentari kelakuan minus generasi micin.

“Yalord. Zaman gue kecil, kayaknya gak gini-gini amat.”

10. Warlok

Warlok adalah singkatan kata warga lokal. Artinya jelas mengacu pada “orang asli sini.”

Gitu, genks! Semoga 10 istilah di atas melengkapi kosa-kata kegaulan kamu dan gak bikin kamu bingung saat ngomong sama anak-anak tongkrongan lain. Kalo ada tambahan, langsung aja kamu komen di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.