Rabu, 12 Desember 2018

Genmuda – “Soccer is simple, but it is difficult to play simple.” kata Johan Cruyff begitu. Walau satu dekade belakangan nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sama-sama menciptakan gelontoran rekor baru, tapi semuanya gak semudah yang fans mereka pikir.

Jauh sebelum keduanya jadi pemain profesional atau mungkin lahir ke dunia, sepakbola udah jadi olahraga paling mendunia dengan berbagai rekor menarik. Saking melegendanya, ada 10 rekor sepakbola yang rasanya susah dilalui di zaman sepakbola modern seperti sekarang.

Kawan Muda penasaran ada rekor apa aja? Enggak? Penasaran aja dong, biar penulis gak sedih tulisannya di-close dari smartphone kamu. Nih, baca aja fakta menarik 10 rekor ini!

1. Kiper dengan gol terbanyak

via: Football times
(Sumber: Istimewa)

Penyerang, gelandang, dan bek cetak gol udah biasa. Tapi, gimana dengan seorang kiper? Masih biasa aja buat kamu? Yaudah, coba kamu pikir kalo kipernya bisa bikin gol sebanyak 131 sepanjang karirnya? LUAR BIASA, DONG!

Rekor ini dipegang sama mantan kiper Sao Paolo dan Timnas Brasil, Rogerio Ceni. Dengan torehan 131 gol, jumlahnya udah dua kali lipat lebih banyak dari gol kiper Jose Luis Chilavert dengan koleksi 60 gol sepanjang karirnya.

Karir profesional Ceni sebagai kiper berlangsung hampir 25 tahun. Setelah pensiun, kiper dengan tendangan bebas mematikan itu sempat ngelatih mantan timnya Sao Paolo, dan sekarang melatih tim liga Brasil lainnya, Fortaleza. Dari total ratusan gol, rasanya sulit buat kiper lain buat ngalahin rekor tersebut.

2. Pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa

via: UEFA
(Sumber: UEFA)

Banyak fans sepakbola mengklaim kalo Pele ada pemain dengan gol terbanyak. Tapi sebelum tahun 60-80an, rekor gol terbanyak dipegang sama Josef Bican pada periode 1931-1956 dengan 805 gol dari semua laga kompetitif. Jumlah gol tersebut belum dihitung dengan pertandingan persahabatan yang pernah dimainin sama pemain Austria-Hungaria tersebut. Kalo ditotal koleksinya ada 1.468 gol, loh!

Rekor tersebut emang masih diperdebatin sampe sekarang lantaran di era Bican hingga Pele, seorang pemain bola profesional bisa bermain lebih dari 1.000 laga sepanjang karirnya. Walau di era sepakbola modern ada juga pemain bintang yang udah tampil lebih dari 1.000 laga, tapi belum ada pemain yang melampaui Bican. Dari catatan wikipedia, sekelas CR aja baru ngoleksi 651 gol dari 930 laga profesionalnya sejak tahun 2002.

3. Raja Eropa 5 kali beruntun

via: footballmemories.net
(Sumber: footballmemories.net)

Sebelum EUFA menerapkan format Liga Champions, Real Madrid adalah tim dengan rekor juara beruntun paling banyak pada era Piala Eropa. Masa keemasan itu berlangsung pada tahun 1955 hingga 1960, sekaligus menjadikan El Real sebagai klub eropa tersukses yang pernah meraih gelar ‘Raja Eropa’ selama 5 musim beruntun.

Rekor tersebut masih abadi karena kompetisinya udah berubah jadi Liga Champions. Meski demikan, Madrid kembali mencatatkan rekor sebagai juara Liga Champions dua kali beruntun pada musim 2016 dan 2017.

Kira-kira tahun ini anak asuh Zidane bisa menang lagi gak ya? Layak kita tunggu, mengingat Liga Champions Eropa adalah satu-satu gelar paling realistis buat Madrid, setelah di kancah domestik mereka gagal di Copa Del Rey dan di La Liga tertinggal 15 poin dari Barcelona.

4. Jumlah penonton terbanyak

via: FIFA
(Sumber: FIFA)

Pada gelaran Piala Dunia 1950, partai final mempertemukan tuan rumah, Brasil, saat bentrok dengan Uruguay. Laga yang dimenangi oleh tim tamu dengan skor 2-1 di stadion Marcana itu juga tercatat dalam sejarah sepakbola dunia. Brasil yang unggul 1 poin sebenernya cuma perlu hasil imbang, etapi gawang mereka malah kebobolan 11 menit sebelum bubaran.

Selain dikenang sebagai kejadian Maracanazo atau ‘Tamparan Maracana’ dalam bahasa Portugis, sejarah juga mencatat jika laga itu adalah laga dengan jumlah penonton terbanyak dengan 210 ribu orang. Padahal tiket yang terjual cuma 173 ribuan.

Rekor itu masih abadi sampe sekarang, karena setelah insiden tersebut FIFA kemudian membuat regulasi batas kapasitas penonton demi keselamatan. FYI, Camp Nou aja cuma punya kapasitas 99.354 penonton. Jadi gak mungkin dong buat ngalain rekor ini.

5. Tim yang paling banyak kebobolan

via: delinquentidelpallone
(Sumber: Istimewa)

Rekor tahun 2012 ini kayaknya gak bakal terulang untuk kedua kalinya. Kenapa gitu? Coba kamu pikir, kebobolan dengan jumlah 2 digit mungkin udah jadi bahan bully, apalagi kalo tiga digit di depan? Wadiaw! Kejadian itu beneran terjadi pada laga AS Adema lawan SO l’Emyrne di Madagaskar dengan skor akhir 149-0. Serius!

Ceritanya terdapat empat tim yang memperebutkan gelar juara nasional. Tapi, SO l’Emyrne justru ngerasa gak puas sama keputusan wasit di laga sebelumnya yang dianggap bias dan berat sebelah. Ngerasa gak punya peluang buat menang, mereka kemudian ngelakuin protes dengan cara gol bunuh diri sepanjang laga.

Dianggap gak sportif, pelatih SO l’Emyrne kemudian diskors dengan larangan mengikuti pertandingan selama tiga tahun dan 4 orang pemain di tim tersebut juga diskors larangan bermain sampai akhir musim.

6. Rekor kemenangan paling sedikit di Premier League

via: Four Four Two
(Sumber: Four Four Two)

Kayaknya belum ada tim liga Inggris yang seapes nasib Derby Country di musim 2007/2008. Bayangin aja, dari total 20 tim di kasta tertinggi tanah Ratu Elizabeth, mereka cuma jadi bulan-bulanan oleh 19 tim lain dengan mengoleksi satu kemenangan dari 38 laga.

Kemenangan semata wawang Derby Country didapatin saat melawan Newcastle. Di akhir musim mereka (JELAS) finish di urutan bontot dengan 11 poin, dengan total 20 gol dan 89 kebobolan. Rekor terburuk ini kayaknya gak bakal terulang, karena siapa juga sih tim Liga Inggris yang mau dipermaluin kayak gitu. Sedih.

7. Pemain dengan penampilan paling banyak

via: Express.co.uk
(Sumber: Express.co.uk)

Rekor ini dipegang sama pemain Inggris, Peter Shilton dengan total 1.390 penampilan dari 31 musim. Berbanding terbalik sama rekor Rogerio Ceni, kiper legenda Leicester City itu cuma ngoleksi sebiji gol sepanjang karirnya. Dua pemain di belakang Shilton ada nama Ceni dan Roberto Carlos.

8. Tim yang menjuarai Piala Eropa dengan pemain lokal

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Real Madrid boleh bangga sama 5 gelar beruntun mereka di gelaran Piala Eropa, namun tahun 1967, Celtic justru mencatatkan nama sebagai satu-satu tim Eropa yang menjuarai kompetisi bergensi di benua biru itu dengan materi pemain lokal.

Tercatat 15 pemain mereka semuanya lahir dan besar di dekat stadiun Celtic Park alias pemain lokal asli. Rekornya makin keren karena sulit terulang untuk kedua kalinya, mengingat di zaman sekarang susah bagi sebuah tim eropa untuk tampil dengan 100 persen materi pemain lokal, —bahkan keluar jadi pemenang di Liga Champions. Ditambah lagi aktivitas jual beli pemain bintang udah jadi bisnis yang paling nguntungin.

9. Gol di laga internasional terbanyak

via: Iran Sport
(Sumber: Iran Sport)

CR7 dan Messi sebenernya masih bisa menyalip rekor ini selama mereka bisa mencetak lebih dari 109 gol yang dipegang sama pemain Timnas Iran, Ali Daei. Rekor tersebut Ali catatkan dalam 149 laga sejak tahun 1993-2006, dengan rata-rata 0,73 gol per laga. FYI, di level timnas, Cristiano Ronaldo baru mencetak 79 gol dari 147 laga sedangkan Messi baru 61 gol dari 123 laga.

10. Gol terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia

via: Fifa
(Sumber: Fifa)

Posisi gol terbanyak di pentas Piala Dunia emang dipegang sama legenda Jerman, Miroslav Klose dengan 16 gol. Tapi, itu semua dicetak Klose dalam empat kali gelaran piala dunia (2002, 2006, 2010, 2014) dengan total 24 laga.

Sebaliknya, belum ada pemain yang ngalahin rekor pemain Prancis, Just Fontaine dengan 13 gol dalam 6 laga di piala dunia tahun 1958. Walau gak menutup kemungkinan rekor ini dipecahin pemain lain di masa depan, tapi tetep aja peluangnya cukup kecil.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.