Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Radja Nainggolan menjadi pemain penting dalam performa AS Roma di Serie A hingga Liga Champions musim 2017/18. Sayang, performa apiknya musim ini malah berbanding terbalik lantaran gak masuk dalam pilihan pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez.

Diketahui bahwa nama Nainggolan gak tercatat dalam 28 daftar pemain sementara skuat Belgia di Piala Dunia 2018. Gara-gara hal itu pula, pemain nyentrik itu kemudian memutuskan untuk pensiun dari Timnas Belgia. Sedih!

Kabar itu doi umumkan dalam akun Instagram Pribadinya pada Selasa (22/5). “Dengan sakit di hati saya mengakhiri karir internasional.. Saya selalu melakukan segalanya untuk berada di sana dan mewakili Belgia… Dan mulai sekarang saya akan menjadi suppoter utama Belgia.” tulis Nainggolan.

Sejumlah fans sempat memberikan dukungan lewat petisi supaya Nainggolan bisa kembali mengenakan nomor punggung 4, namun belum ada keputusan lebih lanjut apakah Martinez bakal merevisi skuatnya pada beberapa hari ke depan. Terlepas dari itu, keputusan Nainggolan untuk pensiun dianggap tepat karena tahun ini dirinya udah memasuki usia 30 tahun.

Tapi Kawan Muda juga perlu tau kalo Nainggolan bukan satu-satunya pemain bintang yang ditinggal oleh negaranya ke Russia bulan depan. Berikut Genmuda.com rangkum 10 bintang lainnya yang bernasib serupa:

Joe Hart

Nigel French/PA
(Sumber: Nigel French/PA)

Kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City dianggap salah satu penyebab karir Hart semakin meredup. Setelah gagal dapetin posisi kiper utama di City, penampilannya di West Ham juga makin melempem.

Imbasnya nama penjaga gawang 31 tahun itu malah gak masuk dalam skuat Three Lions racikan Gareth Southgate. Sang pelatih lebih memilih kiper Jack Butland, Nick Pope, dan Jordan Pickford untuk Piala Dunia 2018.

Sergi Roberto

(Sumber: Istimewa)

Beda kasusnya sama Joe Hart, bek kanan andalan Barcelona dalam dua musim terakhir ini gagal masuk skuat Spanyol di Rusia karena emang saking banyaknya pemain Spanyol yang bertalenta. Dalam konteks ini Sergi ternyata kalah saing oleh bek muda Real Madrid, Dani Carvajal.

Melihat kedalaman skuat tim Matador dalam satu dekade terakhir, wajar aja sih kalo pelatih Julen Lopetegui dibuat galau buat memilih pemainnya di Piala Dunia 2018. Tapi kalo melihat usia Sergi yang masih 26 tahun, gak menutup kemungkinan kalo doi masih bisa nyicipin Piala Dunia 2022.

Marcos Alonso

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Walau Chelsea cuma dapetin satu trofi musim ini, tapi penampilan Alonso sebagai bek kiri The Blues sangat bisa diandalin. Gak jarang pula Alonso mencetak gol lewat bola mati.

Jika kamu inget lagi pada April 2018, Alonso malah sempat masuk dalam daftar PFA Team of The Year 2018. Namun Julen Lopetegui justru memilih bek kiri Arsenal, Nacho Monreal. Positif thinking aja buat Alonso, kan Monreal lebih senior dari doi, jadi belum tentu bakal tampil lagi di Piala Dunia tahun 2022.

Javi Martinez

(Sumber: Istimewa)

Bermain di salah satu tim terbaik Eropa gak jadi jaminan buat Javi Martinez masuk ke skuat Spanyol. Bek tangguh itu kalah bersaing dari Sergio Ramos dan Gerard Pique.

Sedihnya lagi nih, Martinez juga gak ikut membela Spanyol di Euro 2016 karena cedera. Lantaran sering keluar masuk ruang medis inilah yang disinyalir jadi pertimbangan utama Lopetegui gak ngebawa doi ke skuat Spanyol.

Shkodran Mustafi

(Sumber: Istimewa)

Saat rekan sejawatnya di Arsenal, Mezut Ozil dipanggil Joachim Low ke Rusia, Mustafi harus rela nonton Der Panzer dari layar tv. Walau kokoh di lini belakang The Gunners, posisinya di timnas digeser oleh Boateng, Hummels, Sule, dan Rudiger.

Gagalnya Mustafi dipanggil ke Rusia disinyalir dari kegagalan Arsenal di musim ini serta penampilannya yang gak lebih baik ketimbang empat bek di atas. Tapi kalo ngelihat usianya yang masih 26 tahun, bek tengah ini masih punya peluang buat tampil di dua Piala Dunia berikutnya.

Jack Wilshere

(Sumber: Istimewa)

Gelandang tengah yang pernah digadang-gadang sebagai bintang Arsenal ini bernasib serupa kayak Mustafi. Walau musim ini Wilshere mulai kembali tajam, tapi hal itu gak bikin Southgate tertarik memanggilnya.

Selain rentan cedera, performa doi di Arsenal masih kalah jika dibanding sama Fabian Delph yang musim ini kembali bersinar bareng Manchester City. Semoga aja penampilan gelandang tengah ini bisa lebih baik di musim-musim selanjutnya.

Mario Gotze

via: Euro Sport
(Sumber: Euro Sport)

Ini gak kalah sedih dari Nainggolan gengs. Setelah sempat jadi pahlawan Jerman atas golnya final piala dunia 2014. Gelandang kreatif ini harus diparkir Joachim Low pada gelaran Piala Dunia 2018.

Alasan utama Low ogah manggil Gotze lantaran penampilannya dalam 2 musim terakhir saat membela Bayern Munich dan Dortmund dianggap kurang memuaskan. Bahkan, musim lalu sang pemain lebih banyak cedere ketimbang main di lapangan.

Anthony Martial

via theguardian.com
Reaksi sesal Anthony Martial setelah tendangannya melebar di babak pertama. (Sumber: TheGuardian.com/Dean Mouhtaropoulos/Getty) Images

Nasib apes juga dialami bintang MU, Anthony Martial yang ngejalanin musim terakhirnya dengan performa kurang memuaskan buat skuat Prancis racikan Deschamp untuk Piala Dunia 2018.

Kehadiran Alexis Sanchez pada bursa transfer musim dingin juga bikin Jose Mourinho memarkir pemain sayap Prancis itu di bangku cadangan. Setelah gagal tampil di Rusia, kira-kira Martial bakal cabut dari MU gak ya?

Alvaro Morata

spanyol menang lawan korsel 3
Tendangan datar Alvaro Morata yang ini engga bisa dihalau sama kiper Jin Hyeon. (Sumber: Sky Sport)

Siapa sangka, kepindahan Morata ke Chelsea justru membuatnya gagal masuk skuat Spanyol. Hal lain yang jadi pertimbangan lainnya adalah penampilannya yang gak memuaskan di lini depan Chelsea.

Posisinya di timnas pun digantiin sama mantan rekannya di Real Madrid, Asensio dan Vasquez. Kayaknya torehan 16 gol dan 6 assists dari 48 laga Morata belum terlalu mengesankan buat Lopetegui.

Mauro Icardi

via: Sportskeeda
(Sumber: Istimewa)

Yang terakhir ini gak kalah heboh, bersinar sama Inter Milan dan jadi buruan tim-tim besar Eropa, sosok Mauro Icardi juga absen di gelaran Piala Dunia 2018.

Doi gagal menembus daftar penyerang skuat tim Tanggo yang diisi oleh Lionel Messi, Higuain, Aguero, dan Dybala. Padahal jika dibandingin sama dua nama terakhir, perfoma Icardi musim ini malah masih lebih unggul.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.