Minggu, 22 Oktober 2017
Hiburan

10 Musisi dengan Prestasi Akademik yang Engga Kalah Mentereng (Wajib Dicontoh!)

Maudy Ayunda (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Faktor penampilan, gaya hidup, dan kemampuan bermusik selalu menjadi daya tarik musisi di atas panggung. Kemilau sang musisi bahkan engga hilang ketika mereka turun panggung dan berbaur di kehidupan sehari-harinya. Saking pentingnya, sebagian musisi mengasah tiga senjata utamanya itu tanpa kenal waktu. Sampe-sampe, ada yang memutuskan pendidikannya buat mengejar karir di dunia hiburan.

Eits! Kawan Muda jangan ambil kesimpulan dulu. Masih ada sebagian artis dalam dan luar negeri yang menyelesaikan pendidikan tingginya, sekaligus tetap fokus berkarya sebagai musisi ternama. Tanpa ditunda lagi, nih Genmuda.com kasih tahu 10 artis dengan gelar pendidikan yang mentereng (bahkan bisa bikin kamu iri).

1. Tompi

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira - genmuda
(Sumber: blog.ruangguru.com)

Kawan Muda pasti tau dong, kalau cowok yang digadang-gadangkan media sebagai musisi Jazz berbakat ini juga merupakan Dokter Spesialis Bedah. Pria kelahiran 22 September 1978 ini menempuh pendidikan Kedokteran di Universitas Indonesia pada 1997-2003.

Engga putus sampai di situ, penyanyi bersuara khas ini pun melanjutkan pendidikannya hingga mendapat gelar Dokter Spesialis Bedah. Pendidikannya dilanjutkan lagi-lagi di Universitas Indonesia pada 2003-2010. Sekarang, Tompi pun udah mendirikan klinik Beyoutiful Aesthetic Clinic, yang memberian layanan bedah estetik, dermatologi, serta perawatan kecantikan. Baginya, menyanyi justru merupakan kerja sambilan yang menyenangkan.

2. Maudy Ayunda

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Selanjutnya, siapa yang engga kenal penyanyi manis Maudy Ayunda. Penyanyi kelahiran 19 Desember 1994 yang pernah berduet dengan penyanyi Amerika David Choi ini ternyata merupakan mahasiswa jurusan Politics, Philosophy, and Economics di Oxford University, Inggris, Kawan Muda.

Artis multitalenta yang juga membintangi film ‘Perahu Kertas’ ini pun sempat menjadi pembicara di Regional Meeting And Stakeholder Consultation di Nusa Dua, Bali, 2012. Konferensi itu diadakan buat membahas mengenai rencana pembangunan sejumlah negara setelah tahun 2015. Dalam kesempatan itu, Maudy masih berusia 17 tahun, namun udah membicarakan soal kemiskinan, pendidikan, dan pendayagunaan anak-anak muda Indonesia. Talk about a whole package.

3. Cinta Lura Kiehl

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: cintalaurakiehl-clk.com)

“Udah ujan, bechek, gak ada ohjeg.” Itulah dialog yang sempat dipopulerkan gadis kelahiran Quakenbrück, Jerman, 17 Agustus 1993 dalam salah satu sinetron di Indonesia. Artis ini pun dikenal multitalenta, terutama karena telah membintangi film, sinetron,serta merilis dua album lagu, yaitu Cinta Laura dan “Hollywood Dreams.”

Selain pandai berakting dan bernyanyi, Cinta juga mengenyam pendidikan tinggi yang luar biasa. Jurusan Psikologi dan Sastra Jerman diselesaikannya dalam waktu tiga tahun DOANG di Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat.

Engga tanggung-tanggung, doi lulus dengan predikat kehormatan Cum Laude karena memperoleh IPK 3,9. “Aku satu-satunya di wisuda hari ini yang lulus cum laude dalam waktu tiga tahun. Yang lain ada juga yang cum laude, tapi empat tahun,” kata Cinta, seperti dikutip VOAindonesia.com, Selasa (24/5).

4. Gita Gutawa

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: Merahputih)

Gadis dengan jangkauan suara sangat tinggi yang satu ini pun memprioritaskan pendidikannya. Aluna Sagita Gutawa, atau yang lebih dikenal dengan nama Gita Gutawa udah menyelesaikan pendidikan S2-nya dalam waktu setahun di London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris.

Gelar Masternya diperoleh hanya dalam waktu satu tahun, pada 2014-2015. Perlu Kawan Muda ketahui, gelar S1 pelantun lagu ‘Parasit’ ini juga menyelesaikan gelar sarjananya dalam waktu relatif cepat, yaitu selama tiga tahun di Jurusan Ekonomi Universitas Birmingham, Inggris.

5. Vidi Aldiano

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: YouTube Image)

Oxavia Aldiano, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Vidi Aldiano pun merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang memprioritaskan pendidikannya. Pemuda itu menyelesaikan kuliah S1 di Jurusan Manajemen Universitas Pelita Harapan pada 4 Mei 2009 dalam waktu 3,5 tahun.

Sekarang, pelantun lagu ‘Nuansa Bening’ itu telah menyelesaikan gelar Masternya di Jurusan Innovation Management and Entrepreneurship Universitas Manchester, Inggris pada 2014, namun baru diwisuda di tahun berikutnya. Predikat kehormatan cum laude pun diraihnya ketika itu.

6. Brian May

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: Huffington Post)

Siapa bilang musik rock itu suram otaknya, Kawan Muda? Buktinya, gitaris rock gaek Brian May mampu meraih gelar PhD dari Imperial College, Inggris dalam bidang Astrofisika. Jurusan matematika dan fisika emang udah digelutinya sejak memperjuangkan gelar sarjana di kampus tersebut.

Gitaris band legendaris Queen ini sempat keteteran menyelesaikan pendidikan doktornya pada 1970-1974. Alasannya pasti Kawan Muda ketahui. May sibuk bermusik karena Queen sedang laris-larisnya saat itu. Namun, May kembali melanjutkan pendidikannya pada 2006 dan mampu menyelesaikan studi pada 2007.

7. John Legend

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira - genmuda
(Sumber: RockinRio)

Penyanyi, penulis lagu, dan aktor John Legend mendapatkan gelar Bachelor of Arts jurusan Bahasa Inggris di University of Pennsylvania, Amerika Serikat pada 1999. Pelantun lagu “All of Me” itu menyatakan sempat ditawari beasiswa di Universitas Harvard, Georgetown, dan Morehouse, namun menolaknya.

Fokus pendidikannya di Penn adalah literatur African-American, Kawan Muda. Ketika di kampus itulah karir bermusiknya dimulai. John menjadi ketua sekaligus pengarah grup jazz dan a capella kampusnya, Counterparts.

8. Seohyun

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: KPop Fighting)

Anggota K-Pop SNSD Seohyun juga merupakan salah satu penyanyi yang mendapat gelar pendidikan tinggi. Perempuan cantik dan langsing ini merupakan lulusan Dongguk University, Korea Selatan dengan jurusan Theatre/Acting, Agustus 2014.

Di kampus itu, doi juga kuliah bareng sama Yoona, –anggota SNSD lainnya. Atas prestasi akademiknya itulah kini Seohyun mendapat gelar Achievement Award pada 2014.

9. Miryo

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: Ceffany / ceffany.wordpress.com)

Miryo dari grup Brown Eyed Girls juga termasuk cantik asal Korea Selatan yang juga mengenyam pendidikan tinggi Kawan Muda. Ada kisah drama sebelum penyanyi bergolongan darah A ini berkuliah di Joongang University, Korea Selatan.

Sebelum diterima di salah satu kampus ternama Korea Selatan itu, Miryo sempat di-DO dari SMA-nya. Namun, doi mengambil General Education Development (GED), semacam Paket C di Indonesia, kemudian berhasil membuktikan keenceran otaknya dengan diterima di Joongang.

10. Tom Morello

10 musisi ini lebih pintar dari yang kita kira
(Sumber: YouTube Image)

Gitaris asal New York ini mendapat gelar sarjananya di salah satu universitas paling bergengsi di Dunia, Harvard pada 1982-1986. Doi membuktikan kecerdasannya dengan mengambil jurusan Ilmu Politik dan lulus mendapatkan gelar Bachelor of Arts.

Paham-paham ilmu sosial-politiknya pun tercermin dalam lagu-lagu Rage Against The Machine (RATM) yang digawanginya. Keunikan bermain gitar dan paham sosial-politiknya membuat RATM menjadi salah satu band rock paling fenomenal di era 1990-an. Kawan Muda dari generasi ’90an pasti tahu dong ya.

So, menggeluti dunia hiburan sama sekali bukan alasan buat menghentikan pendidikan kita, Kawan Muda. Applause buat musisi-musisi di atas, dan kamu jangan mau kalah juga ya sama mereka! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.