Kamis, 18 Oktober 2018

Genmuda – Makeup udah jadi kebutuhan utama buat Kawan Muda, terutama cewek. Selain produknya banyak dan terus berkembang, makeup ternyata gak lepas juga dari yang namanya mitos.

Biarpun zaman udah modern dan internet semakin cepat, faktanya ada banyak banget mitos soal makeup yang terlanjur dipercaya sama banyak orang. Dilansir dari Buzzfeed ini dia 10 mitos makeup yang paling sering dipercaya sama cewek-cewek.

1. Buang maskara saat menggumpal

via: Buzzfeed
(Sumber: Buzzfeed)

Maskara menggumpal bisa aja dilarutkan, tapi terlepas dari kondisi udah menggumpal atau masih bagus, makeup satu ini sebaiknya dibuang setelah tiga bulan pemakaian. Soalnya maskara adalah barang yang rentan membuat mata infeksi. Ketika ujung sikatnya menyentuk mata yang kotor terus kembali lagi ke dalam botol, saat itulah bakteri berkembang biak.

2. Menekan ujung sikat maskara di dalam botol untuk menghilangkan gumpalan

Ngaku deh, saat maskara menggumpal kamu pasti pernah menekan ujungnya ke dalam botol supaya ujung sikatnya kembali kering dan mengembang. Padahal cara ini malah membuat banyak udara masuk ke dalam botol. Semakin banyak udara masuk, maka makin banyak juga bakteri yang masuk di dalamnya.

3. Gak masalah tidur dengan kondisi wajah penuh makeup

via: Youtube
(Sumber: YouTube)

Ketika tidur kulit kamu sejatinya akan memperbaharui dirinya sendiri, sehingga saat bangun tidur wajah kelihatan segar dan engga kering. Penggunaan makeup justru akan menyumbat pori-pori kulit sehingga kulit menjadi kering dan rentan infeksi.

4. Makeup bikin muka jerawatan

Tergantung. Produk makeup bukan satu-satu penyebab timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, para pakar kecantikan kulit lebih menganjurkan untuk menggunakan produk makeup sesuai kondisi kulit dan selalu menjaga kebersihan alat-alat makeup kamu setelah dipakai.

5. Makeup gak kadarluarsa

via Marie Claire
(Sumber: Istimewa)

Banyak Kawan Muda yang suka anggap remeh atau malah engga engeh akan hal ini. Padahal produk makeup biasanya punya keterangan tanggal kadarluarsa di badan kemasannya. Jadi ada baiknya mulai teliti sebelum membeli atau menggunakan makeup kesayangan kamu.

6. Gak perlu cuci kuas selama kamu pakai untuk diri sendiri

BIG NO! Bakteri gak pernah peduli atau pilih-pilih barang buat berkembang. Faktanya, kuas makeup sering banget bersentuhan dengan banyak produk hingga ke wajah kamu yang belum tentu benar-benar bersih. Semakin dicuekin, semakin banyak juga bakteri yang tumbuh di kuas makeup kamu.

7. Kuas yang bikin kotor makeup

via: Shutterstock
(Sumber: Istimewa)

Kamu salah. Kenyataannya kotoran dan bakteri berkembang di tempat yang gelap dan hangat seperti dalam produk makeup berbahan cair. Nah, kuas makeup itulah menjadi media tumbuh kembangnya bakteri dari satu alat makeup ke alat makeup yang lain.

8. Maskara tahan air lebih baik daripada yang tidak tahan air

Buat kamu yang hobi pake maskara tahan air setiap hari, sebaiknya kamu pikir dua kali. Soalnya bahan-bahan dalam maskara jenis ini cenderung susah dihilangkan jika sering kamu pakai. Dalam jangka panjang, penggunaan maskara tahan air dapat membuat bulu mata kamu kering dan mudah patah.

9. Gak semua orang cocok pake lipstik merah

via: Youtube
(Sumber: Istimewa)

Klise ya, tapi warna merah cocok untuk semua orang kok. Warna ini tetep bisa keren, netral, atau malah kalem selama kamu bisa memadupadankannya dengan outfit kamu.

10. Pelembab dijadiin primer makeup

Dua-duanya punya fungsi yang berbeda. Primer digunakan untuk menjadi dasar buat foundation, concealar, dan lain-lain. Sedangkan pelembab berguna untuk mencegah kulit kering. Selain itu pelembab akan menyerap ke dalam kulit sedangkan primer cuma akan memberikan pelapis sebagai dasar riasan kamu.

Gitu deh, kira-kira dari mitos di atas, mana nih yang sering atau terlanjur kamu percaya?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.