Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Kelebihan kolesterol waktu ngerayain lebaran Idul Adha perlu diwaspadai sama anak-anak muda. Kebanyakan makan daging dan santan yang berlemak bikin anak muda makin rentan aja sama yang namanya penyakit kolesterol.

Kalo kata Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dibuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada 0,7% (sekitar 1,8 juta orang) anak muda usia 15-24 tahun yang menderita penyakit jantung koroner.

Kolesterol jadi faktor yang memicu penyakit itu. Dengan kata lain, banyak juga anak muda Indonesia yang engga perhatian sama pola makannya. Nah, biar kamu engga ikut nambahin angka itu, inilah makanan yang bisa netralin kadar kolesterol di badan kamu:

1. Oats

via YouTube Image
(Sumber: YouTube Image)

Kalo udah kebanyakan makan berlemak, jangan tambahin beban badan sama makanan manis yang bikin obesitas. Bikin aja bubur oats yang seratnya baik buat badan kamu. Di supermarket udah banyak kok oats kemasan yang dijual dengan harga yang ramah di kantong.

2. Apel

Biar oats yang kamu buat engga hambar, tambahin aja irisan buah apel. Selain enak dan bisa netralisir kolesterol, kandungan vitamin C pada apel dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan juga menutrisi kulit.

3. Stroberi

Ini juga termasuk buah yang cocok ditambahin jadi dressing-nya oats. Karena mengandung Omega 3, stroberi juga bisa bikin orang jadi makin encer lagi otaknya. Udah gitu, rasanya yang asem manis selalu jadi pilihan terbaik buat teman ngemil sehat kamu.

4. Anggur

via tumblr
(Sumber: tumblr)

Buah anggur loh. Bukan Anggur Merah atau Putih yang beralkohol. Kalo itu mah fungsinya buat kudapan seru pas lagi party-party. Buah anggur sendiri mengandung zat yang baik bagi melarutkan kolesterol di dalam darah.

5. Jeruk

Engga heran kalo jeruk sering dijadiin pelengkap pencuci mulut di setiap ‘nasi kotak’. Soalnya, jeruk punya banyak pectin, semacam serat yang baik banget buat nurunin kadar kolesterol di dalam darah.

6. Kacang kedelai

via greatist.com
(Sumber: greatist.com)

Baik dimakan langsung, disayur, dibuat tahu, dijadiin susu kacang, atau dibikin snack batangan, fungsinya tetep baik. Sebanyak 10 ons tahu atau 2,5 gelas susu kacang bisa mengurangi paling engga 5-6% kolesterol di dalam darah.

7. Sterol dan Stanol

Dua zat ini berasal dari getah tumbuhan dan fungsinya baik banget buat menetralisir kelebihan kolesterol. Tenang, Kawan Muda engga perlu ngemut getah pohon beneran. Karena ada makanan olahan yang ditambahin zat ini. Selain itu, udah ada juga suplemen khusus Sterol dan Stanol dijual di pasaran.

8. Terong

Kabar gembira buat sipapa pun yang suka sambal terong. Kalo engga suka sambel, sayuran ini juga bisa dijadiin gorengan yang renyah, enak, dan juicy. Tapi tetap gunakan minyak rendah kolesterol yah.

9. Ikan laut

Baiknya sih makan ikan laut dua hingga tiga kali seminggu. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi asupan daging berlemak. Sementara itu, Omega-3 yang ada di dalam ikan bisa menjaga jantung tetap sehat dan kolesterol tetap netral.

10. Gandum utuh

via giphy.com

Gandum utuh mengandung serat yang bisa larut di dalam darah. Nantinya, serat itu yang bisa menetralisir kelebihan kolesterol. Beruntung deh kebanyakan sereal yang enak berasal dari gandum utuh.

Sepuluh makanan di atas merupakan kombinasi yang direkomendasiin para peneliti Sekolah Kedokteran Harvard, Amerika Serikat lewat situsnya. Jadi, udah pasti makanan di atas sehat dan bisa bantu kamu ngejaga berat badan. Selamat mencoba Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.