Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Perawatan udah, ngikutin tips dari internet udah, tapi jerawat masih aja tetap nongol di wajah lo? Kesel gak? Jawabannya pasti kesel bin sebel ya. Udah keluar uang dan banyak usaha, tapi hasilnya malah gak ada sama sekali.

Munculnya jerawat emang dipengaruhi banyak faktor bro and sis, mulai dari hormon, kebersihan wajah, sampai gaya hidup lo yang kurang sehat. Paham sih udah banyak cara dan solusi mengatasi jerawat. Tapi kali ini Genmuda.com cuma pengen kasih tau lo obat alami mengatasi jerawat dengan mengonsumsi 10 makanan enak dan murah berikut ini! Silakan dicatat ya, biar bisa rasakan sendiri khasiatnya!

1. Kacang

(Sumber: Istimewa)

Selama ini kacang sering kan dijadiin kambing hitam karena mengandung lemak yang bikin lo jerawatan. Padahal itu bisa aja terjadi karena kulit sensitif atau lo emang alergi kacang. Lebih dari itu kacang kaya akan kandungan vitamin E, tembaga, magnesium, kalium, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat buat kulit sehingga lebih bersih dan awet muda. So, selama dikonsumsi dalam porsi yang wajar, kacang masih aman kok.

2. Alpukat

Selain dijus, buah alpukat yang dimakan langsung kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi meremajakan kulit dan meningkatkan vitalitas kulit. Nilai positif lainnya adalah kandungan vitamin C pada alpukan mampu mengurangi peradangan kulit akibat jerawat dan menjaga kelembapannya. Kalo mau lebih berasa lagi, coba aja jadikan alpukat sebagai masker wajah.

3. Beras Merah

Karena salah satu penyebab jerawat adalah stress, beras merah justru dapat membantu mengurangi stress karena terdapat kandungan vitamin B, protein, dan magnesium. Gak cuma baik untuk kesehatan dan kecantikan, beras merah juga terbukti lebih sedikit mengandung gula daripada beras putih yang juga rentan menyumbang lahirnya jerawat dan obesitas.

4. Bawang putih

Gak usah minder atau takut mulut lo jadi bau bawang putih. Sebaliknya bawang putih sangat baik untuk menekan timbulnya jerawat. Selidik punya selidik, kandungan senyawa kimia pada bawang putih dapat menjadi ‘tameng’ dari bakteri jahat yang menyerang kulit.

5. Air putih

(Sumber: Pinterest)

Ini adalah obat paling murah yang seharusnya bisa terus dijadikan kebiasaan sama Kawan Muda. Ya, meminum air putih delapan gelas sehari dapat menjadi detoks mujarab. Ini dikarenakan air mampu membantu meremajakan kulit dan dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi secara baik sehingga gak gampang kering terus jadi jerawatan. Makanya rajin-rajin ya minum air putih.

6. Wortel

Siapa bilang vitamin A cuma buat mata doang? Justru kandungan vitamin A pada wortel juga berkhasiat untuk menjaga kulit lo tetap sehat dan bisa mencegah timbulnya jerawat.

7. Susu

Susu bikin gemuk dan jerawatan karena banyak mengandung lemak? Eits, itu mitos kok. Justru kandungan vitamin A dan D pada susu sapi sangat baik bagi kesehatan kulit, lho!

8. Teh hijau

Selain menjadi bahan alami untuk detoks racun di tubuh lo, teh hijau diyakini mampu mengembalikan kulit lo supaya lebih segar, bersih, dan mempertahankannya dari jerawat. Ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang mampu menjadi pelindung kulit dan dapat meratakan warna kulit. FYI, teh hijau juga sangat ampuh buat pemulihan kondisi pasca sakit, serta dapat secara efektif membantu menyembuhkan noda bekas jerawat.

9. Buah berry

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Apapun jenisnya, mau itu strawberry, blueberry, raspberry atau blackberry, semuanya punya kandungan antioksidan serta beta karoten yang tinggi. Kandungan ini nih yang akan berfungsi sebagai fitokimia untuk membantu proses penyembuhan infeksi kulit seperti jerawat.

10. Mentimun

Sayur yang sering dijadikan lalapan ini dipercaya ampuh membersihkan kulit. Air mentimun sangat kaya akan vitamin C dan kadar serat yang tinggi  sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat dan peradangan pada wajah. Lo juga bisa menjadikannya masker mentimun untuk dipakai di malam hari sebelum tidur. Inget ya, bikin maskernya jangan pakai timun bekas pecel lele. *canda. (sds)

Comments

comments