Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupTeknoTeknomotive

10 Kamera Analog Ini Favoritnya Pecinta Fotografi dari Masa ke Masa, Loh!

via IstimewaHasil gambar kamera analog terbaik pasti keren kayak gini. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Pecinta fotografi gak mungkin bisa lepas dari kerennya kamera analog. Bukan cuma bentuknya yang cihuy, hasil jepretannya juga keliatan lebih oke dari kamera digital karena gak dibatasi besaran megapixel. Dicetak sebesar apapun, fotonya tetep cerah dan gak burem asalkan dijepret dengan tepat.

Gambar yang tersimpan dalam filmrollnya juga gak bakalan korup kayak yang biasa terjadi di memory card, –kecuali karena lembaran negatif pada filmrollnya rusak parah. Kalo rusaknya cuma sedikit sih, orang-orang studio cetak masih bisa mengakalinya biar tetep terpakai.

Kelebihannya gak cuma di situ. Ketiadaan fitur autofokus dan fitur menghapus gambar pada kamera analog justru memaksa fotografer belajar one shot one take. Ketika megang kamera digital, skill-nya udah gak perlu dipertanyakan lagi. Nah, kalo kamu tertarik menjajal kamera analog, pakai aja kamera keren di bawah ini.

1. Nikon FM10

via dpreview.com
(Sumber: dpreview.com)

Semua yang pernah megang SLR keluaran tahun 1995 ini pasti suka sama keentengan dan kemampuannya ngejepret dengan kecepatan antara 1 hingga 1/2.000 detik. Bahkan lensa Nikkor 35-70 mm bawaannya, yang jadi lensa standar bisa ngasilin gambar kece. Tapi sayang, bodi metal ini terkenal gampang ngelupas.

2. Nikon FM2

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

“Kakaknya” FM10 yang lahir pada 1982 ini masih bisa beroperasi di suhu ekstrem -40 derajat celcius hingga 50 derajat celcius, loh. Cocok banget dipakai para petualang buat ngejepret objek jarak dekat hingga jarak jauh. Udah gitu, kecepatan jepretnya mulai dari 1 hingga 1/4.000 detik. Multi fungsi banget, ya kan.

3. Canon AE-1

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

SLR yang udah terjual lebih dari 1 juta unit dalam periode 1976-1984 ini merupakan kamera analog pertama yang dipasangi mikroprosesor untuk membantu pengambilan gambar. Selain itu viewfindernya terbilang lebar sehingga bisa ngeliat the big picture sebelum mencet shutter yang kecepatannya 2 hingga 1/1000 detik.

4. Yashica FX-3 Super 2000

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Biasa juga disebut FX-3 si ringan tapi lincah karena beratnya cuma 450 gram. Lensanya udah jelas bisa diganti-ganti dengan semua lensa manual focus keluaran Yashica / Contax. Dibuat tahun 1986, kamera ini punya kecepatan ngambil gambar hingga 1/2000 detik.

5. Pentax K1000

via casualphotophile.com
(Sumber: casualphotophile.com)

Antara 1976-1997, Pentax K1000 jadi favorit fotografer yang berusaha nyari sensasi beda dari kamera Nikon, Canon, dan Fuji. Sepanjang masa produksinya, SLR full-manual yang bisa ngejepret 1 hingga 1/1000 detik ini udah terjual hingga 3 juta unit, loh. Terbukti keren engga cuma dari desainnya.

6. Fujica M1

via memangterlalu.blogspot.co.id
(Sumber: memangterlalu.blogspot.co.id)

Masa hispter kamera mirrorless jaman sekarang dimulai dengan populernya Fujica M1, kamera buatan Indonesia hingga ke Prancis. Bodinya yang plastik semua bikin kamera ini sangat enteng. Hasil jepretannya, sungguh mirip kamera-kamera LOMO.

7. Yashica Electro 35 G SN

via thephoblographer.com
(Sumber: thephoblographer.com)

Psst. Percaya gak kalo kamera yang dipakai Peter Parker di “The Amazin Spiderman” (2012) ini dipasangi lensa fixed lens 45mm. Meski fokusnya masih harus dicari secara manual, teknologi kamera yang rilis tahun 1976 ini kabarnya punya fitur mengatur pencahayaan secara otomatis, loh. Tapi, bodinya yang kecil gak sebanding sama beratnya yang lumayan.

8. Olympus MJU II

via cjo.info
(Sumber: cjo.info)

Kamera pocket Olympus MJU II udah dipasangi lensa fix 35mm dengan aperture f/2,8. Dengan kata lain, hasil jepretannya tuh tajam dan bisa bokeh-bokeh gimana gitu kayak kamera-kamera mirrorless jaman sekarang. Sumpah. Jangan anggap enteng kamera mungil ini karena hasilnya cihuy abis.

9. Olympus Trip 35

via 35mmc.com
(Sumber: 35mmc.com)

Masih sodaraan dengan MJU-II, Trip 35 juga tergolong kamera point and shoot. Diproduksi pertama kali tahun 1967, kamera ini dilengkapi lensa 40mm dengan apperture f/2,8 hingga f/22. Jepretannya berfungsi dengan kecepatan 1/40 atau 1/200 detik. Dan, hasil gambarnya terbilang gokil.

10. Canon Canonet QL17

via japancamerahunter.com
(Sumber: japancamerahunter.com)

Kamera yang diproduksi tahun 1969 ini bisa ngejepret antara 1/4 hingga 1/500 detik. Selain itu, lensanya dilengkapi f/2,6, yang berarti bisa ngambil gambar dengan jelas dan agak-agak bokeh.

Tuh. Pilihan kamera analognya ada banyak, kan. Kalo kamu suka yang SLR, langsung aja sikat nomor 1-5. Kalo mau yang kamera pocket bisa dibawa ke mana-mana, sikat yang nomor 6-10. Kamu juga bisa beli kamera bekasnya yang harganya udah di bawah 1 jutaan rupiah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.