Rabu, 25 April 2018

Genmuda – Ujian nasional 2018 ditutup dengan klimaks. Soal matematika begitu susah karena disebut engga sesuai kisi-kisi. Di antara kakak kelas XII yang serius protes ke akun medsos Kemendikbud, ada beberapa yang ngasih komentar lawak yang kocak. Salut.

Itu baru UNBK, loh. Masih ada ujian kehidupan SBMPTN, SNMPTN, atau ujian mandiri masuk perguruan tinggi negeri yang perlu dihadapi nanti. Sudah, lah. Ujian nasional telah berlalu jadi jangan terus-terusan diratapi.

Sekarang, saatnya bersantai sedikit sambil melakukan hal yang pasti semua kakak kelas XII suka. Apa itu? Makan-makan. Ya. Dengan happy food di bawah ini, kamu bisa ningkatin mood dan menenangkan diri untuk menghadapi ujian selanjutnya.

1. Sushi

via afamily.vn
(Sumber: afamily.vn)

Pastikan sushinya yang mengandung ikan salmon. Soalnya, kandungan omega-3 dan vitamin D pada salmon berfungsi buat ningkatin zat serotonin di otak. Saat serotonin bertambah, kamu bakalan merasa senang.

2. Pisang

via cookpad.com
(Sumber: cookpad.com)

Mau makan banana split, naget pisang, atau pisang goreng, terserah, deh. Kombinasi natrium, magnesium, vitamin B6 pada pisang kan punya efek nambahin tingkat serotonin sekaligus nambahin dopamin, zat yang bikin seseorang merasa bergairah.

3. Jus buah

via imedis.net
(Sumber: imedis.net)

Kalo bingung buah apa, pilih aja apel. Coba deh minum jus atau sari buah apelPasti kamu ngerasa lebih bahagia dan tenang. Kalo bisa, sih, kamu makan keseluruhan buahnya karena ada penelitian yang bilang kalo mengonsumsi 7-8 porsi buah dan sayur sangat ningkatin mood.

4. Popcorn

via stonerchef.pl
(Sumber: stonerchef.pl)

Tau engga penyebab nonton bioskop sambil makan popcorn terasa lebih seru daripada tanpa popcorn? Karena karbohidrat pada kudapan berondong jagung itu termasuk salah satu perangsang zat serotonin di otak.

5. Green tea

via karpasia-hp.com
(Sumber: karpasia-hp.com)

Green tea murni, loh. Tanpa latte, tanpa krimer, tanpa gula, dan tanpa tambahan apapun kecuali teh hijau dan air. Coba minum lima gelas sehari, maka rasain kandungan anti oksidan pada tehnya menenangkan kamu.

6. Seafood platter

via taste.com.au
(Sumber: taste.com.au)

Pastiin di dalam seafood platter itu ada salmon dan tiram. Kenapa tiram penting? Karena mengandung zinc yang bikin mood terasa tenang. Orang-orang Eropa zaman dulu juga percaya kalo tiram bikin pemakannya merasakan cinta dan bergairah.

7. Es krim kacang merah

via resepkuekeringku.com
(Sumber: resepkuekeringku.com)

Sebanding sama harganya yang terbilang mehong, es krim kacang merah punya efek positif buat tubuh dan mood. Kandungan magnesium dan gula pada es krim kacang merah bikin kamu merasa berenergi. Bubur kacang merah juga punya efek yang serupa, kok.

8. Jamur goreng

via liputan6.com
(Sumber: liputan6.com)

Kurang vitamin D dan depresi itu ada hubungannya menurut riset Universitas Melbourne. Jadi, engga ada salahnya makan jamur untuk ningkatin kandungan vitamin D di dalam tubuh. Jamurnya harus yang halal, loh!

9. Cokelat hitam

via intisari.grid.id
(Sumber: intisari.grid.id)

Sebenernya, makanan yang paling berfungsi sebagai mood booster adalah cokelat hitam. Tanpa gula dan kebanyakan susu, jenis cokelat yang pahit ini mengandung banyak antioksidan yang berfungsi mengurangi stres menurut Jurnal Proteome Research.

10. Jamu kunyit

via angelarfd.blogspot.co.id
(Sumber: angelarfd.blogspot.co.id)

Bila bahan makanan di atas engga sesuai dengan isi dompet kamu, coba deh kamu nongkrong di depan rumah sore-sore sambil nunggu mbok jamu lewat. Atau, pergi ke toko jamu terdekat.

Terus, pesan jamu kunyit. Terserah deh mau kunyit plus beras kencur, kunyit asam, atau kunyit polos. Kandungan curcumin pada kunyit itu loh yang merangsang otak supaya merasa gembira.

Lebih gembiranya lagi, kamu cuma ngeluarin sekitar Rp 3 ribuan untuk nikmatin minuman mood booster itu. Murah tapi fungsinya nampol! Kurang apa coba!? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.