Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Kalah di babak 16 besar, Uruguay, Brazil, Rusia, dan Swedia nyusulin tim yang lebih dulu pulang kampung. Piala Dunia 2018 tinggal menyisakan Prancis, Belgia, Kroasia, dan Inggris dalam laga semi final.

Fans Prancis berharap betul piala dunia kembali dibawa pulang kayak 1998 sementara rakyat Inggris makin rame nyanyiin jargon “Football. It’s coming home” setelah nungguin gelar juara dunia sejak 1966.

Namun demikian, ada pula yang berharap Belgia bertemu Kroasia di final sehingga lahir juara baru. Maklum aja. Piala Dunia 2018 udah penuh kejutan sejak laga penyisihan grup yang menumbangkan tim-tim unggulan.

Yah, berhubung semi final kali ini diramaikan oleh negara yang udah lama dan jarang ngerasain berada pada 4 besar, inilah beberapa fakta yang harus kamu tau.

1. Pertandingan ketiga Prancis v Belgia

via ste.india.com
(Sumber: ste.india.com)

Di lapangan hijau, Prancis dan Belgia pernah bertemu 73 kali. Namun demikian, pertandingan semi-final nanti merupakan pertemuan ketiga mereka dalam laga Piala Dunia. Laga sebelumnya berlangsung tahun 1938 dan 1986.

2. Rekor Prancis bagus dalam kompetisi

via marca.com
(Sumber: marca.com)

Pada dua laga Piala Dunia itulah Prancis selalu ungguli Belgia dua gol lebih banyak. Pertandingan pertamanya berakhir 3-1 sementara pertandingan kedua berakhir 4-2.

3. Rekor Belgia bagus secara keseluruhan

via thehindu.com
(Sumber: thehindu.com)

Namun begitu, rekor Belgia lebih bagus secara keseluruhan. Dari total 73 kali pertemuan (termasuk friendly dan Euro), Prancis menang 24 kali, Belgia menang 30 kali, dan pertandingan seri 19 kali.

4. Tahun ini, Belgia lagi “naik”

via dnaindia.com
(Sumber: dnaindia.com)

Data FIFA nunjukin, Belgia masih memuncaki statistik gol terbanyak dengan mengantongi 14 gol. Lalu, pada laga persahabatan 2015, tim yang baru dua kali masuk semifinal Piala Dunia itu menang 4-3 atas Prancis. Itu pertemuan terakhir mereka.

5. Digelar di Krestovsky Stadium

via jeffwallpapers.com
(Sumber: jeffwallpapers.com)

Stadion yang juga dikenal dengan nama Saint Petersburg Stadium itu yang bakalan jadi saksi bisu semifinal 11 Juli nanti. Sebanyak 64.468 fans sepakbola bakal ramein bangku penonton sementara lebih dari itu bakal membanjiri area sekitar stadion bintang 4 itu.

6. Pertandingan besar kedua Kroasia v Inggris

via sportskeeda.com
(Sumber: sportskeeda.com)

Inggris menang 4-2 atas Kroasia pada babak penyisihan grup Euro 2004. Itu laga besar kedua tim tapi keduanya pernah bertanding total 8 kali. Dari semua pertandingan, Inggris menang 8 kali, kalah 2 kali, dan seri sekali.

7. Semifinal ketiga Inggris

via independent.co.uk
(Sumber: independent.co.uk)

Walau terkesan jago banget, sebenernya ini pertandingan semifinal ketiga Inggris. Semifinal pertama diperoleh pada 1966, momen ketika Inggris jadi tuan rumah sekaligus juara dunia. Semifinal ketiga diperoleh pada 1990, ketika Inggris kalah penalti dari Jerman.

8. Kroasia punya 8 pencetak angka

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sementara distribusi gol Inggris terpusat pada Harry Kane, distribusi gol Kroasia tersebar ke 8 pemain. Mereka adalah Modric, Rakitic, Rebic, Perisic, Badelj, Mandzukic, Kramaric, dan Vida.

9. Inggris belum teruji banget di Piala Dunia 2018

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dari fase grup sampai semifinal nanti, Inggris bisa dibilang belum ngerasain tanding lawan tim yang pernah juara. Lain dari Prancis yang menang lawan Argentina dan Uruguay atau Belgia yang menang lawan Brazil. Saat bertemu tim yang punya pemain sekaliber Mandzukic, Rakitic, dan Modric, bisakah Inggris menang?

10. Inggris v Kroasia di Luzhniki Stadium

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Momen penentuan Inggris bakal digelar di Luzhniki Stadium, 12 Juli mendatang. Stadion dengan rumput hybrid standar olimpiade itu menampung 78.011 penonton di bangku dan ratusan ribu penonton di luar stadion. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.