Kamis, 12 Desember 2019
StudentKampus

10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Usia 25-an

©Genmuda.com/2016 TIMMuka Tiyo Alibasjah keliatan puas tiap denger anak-anak band Tiyo Alibasjah Grup improvisasi di atas panggung. Ntaps. ©Genmuda.com/2016 TIM

Genmuda – Perjalanan mengejar ilmu pengetahuan, hidup anak muda tuh penuh banget sama drama dan hura-hura. Cita-cita pun seputar kerjaan menyenangkan (padahal engga) seperti jadi baristaselebgram, dan YouTuber.

Itu semua gak ada yang salah, karena hidup emang harus dinikmati, bukan dibawa pusing. Tapi, jangan lupa tingkatin kapasitas diri lo jadi lebih baik buat menempuh hidup saat dewasa nanti.

Idealnya, sih, anak muda udah punya 10 kemampuan hidup di bawah ini sebelum menginjak usia 25 atau dengan kata lain saat lo masuk usia untuk dituntut lebih dewasa dari sebelumnya. Yuk, langsung baca sampe kelar!

1. Pilih temen yang beneran temen

via Istimewa
Ini kamu saat jelasin tentang blockchain ke temen-temen kamu. (Sumber: Istimewa)

Maksudnya gimana? Jadi lo harus mulai bisa cari temen yang bisa ngertiin lo luar-dalam. Dalam artian kalian bisa saling percaya dan engga ada deh tuh drama gak penting di antara kalian. Lebih baik punya temen sedikit tapi bisa diandalkan, ketimbang banyak namun cuma ada maunya doang.

2. Belajar ilmu baru

Contohnya sekarang lo suka ilmu komputer dan jago coding. Jangan cuma berhenti sampe di situ doang. Asah juga skill lain yang sekiranya lo suka atau tertarik buat dipelajari. Nambah skill baru jelas jadi poin plus buat diri sendiri dan juga daya tarik buat CV lo di mata HRD.

3. Berani terima kritik positif dari orang lain

via: Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Cara ngelakuin kebiasaan ini adalah dengan praktik sehari-hari. Jangan jadi apatis sama komentar orang lain. Apalagi yang menyangkut sama diri lo. Selama kritiknya positif dan membangun kenapa gak coba lo lakuin.

4. Lakuin apa yang lo suka

Berdasarkan pengalaman dari berbagai narasumber di Ngobrol Bareng Genmuda.com, kunci sukses dari karir mereka adalah memulai sesuatu usaha yang lo suka sejak muda. Kenapa? Karena saat lo gagal, lo masih punya banyak waktu untuk memulai dari ulang.

5. Belajar jadi orang tua

©Genmuda.com/2016 TIM
Pasangan suami-istri bersama anak bayinya lagi becanda sama panitia Showcase dan pameran artwork album ‘Solitude’ Gerald Situmorang di RUCI Art Space, Jakarta, Selasa malam (25/10). ©Genmuda.com/2016 TIM

Mayoritas anak milenial banyak kok yang menikah di usia muda. Nah sebelum lo punya anak nanti engga ada salahnya belajar jadi orang tua dengan ‘ngejagain’ keponakan atau anak temen lo.

6. Belajar masak

Jangan cuma bisa masak mie instan sama air putih doang ya. Seenggaknya skill masak bisa berguna dalam keadaan darurat, entah lagi bokek, mager ke luar rumah, dan alasan-asalan males masak lainnya.

7. Atur keuangan

Yang sering ngutang sama temen, nunggak kartu kredit, sampai terjebak oleh pinjaman setan online mulai deh atur keuangan lo sedini mungkin. Gak usah berat di gaya, tapi harus maksa pinjam sana-sini. Inget hidup lo bukan video game yang gagal terus bisa diulang lagi.

8. Mulai cari pekerjaan pertama

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Gak perlu muluk-muluk gaji 8 juta lantaran lo lulusan kampus ternama. Yang namanya ‘budak korporat’ itu harus dimulai dari nol. Lagian segede-gedenya gaji lo di kantor kan statusnya tetep karyawan. Jadi mulai deh cari pekerjaan pertama yang seusai sama skill dan passion lo. Syukur-syukur gajinya juga pas. Yakan!

9. Gak terus-terusan jadi korban teknologi

Emang sih hasrat kebendaan buat gonta-ganti gadget udah familiar buat anak milenial. Terus kapan nabungnya, gengs? Sebelum masuk usia 25 akan lebih baik kalo lo memilih gadget berdasarkan kepentingan dan kebutuhan, bukan cuma keinginan doang.

10. Berani untuk lebih serius dalam urusan asmara

via: Golden Village Image
(Sumber: Golden Village Image)

Genmuda.com percaya bahwa urusan ini balik ke pribadi lo masing-masing, tapi kami percaya di antara lo yang baca tulisan ini pasti ada sedikit niat buat menikah sebelum umur 25. Makanya mulai deh yakinin hati lo buat berani melangkah ke jenjang lebih serius. Masa masih mau main-main lo. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.