Rabu, 12 Desember 2018

Genmuda – Sebagai salah satu organ paling penting dalam makhluk hidup jantung bekerja non stop untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh kamu.

Banyak cara bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga jantung supaya tetap sehat. Mulai dari menjaga makanan, rutin olahraga, sampai menghindari sakit hati yang bisa bikin jantung kamu sakit walau gak tertusuk. *tsah!

Selain wajib punya jantung sehat. Ternyata organ dalam ini punya segudang fakta yang mungkin jarang Kawan Muda ketahui. Eits, kamu gak perlu kuliah kedokteran kok buat cari tau fakta ini. Yuk, kita simak ulasannya.

1. Jantung manusia berdetak sekitar 100 ribu kali per hari

via: Giphy

Pernah menghitung berapa kali jantung kamu berdetak setiap hari? Menurut berbagi penelitian ilmiah, jantung manusia bertedak sekitar 100 ribu kali per hari dan 35 juta kali dalam setahun. Selama masa hidup seseorang jantung bisa bertedak sekitar 2,5 miliar kali.

2. Jantung cewek bertedak lebih cepat daripada cowok

via: Giphy

Kok bisa? Menurut studi yang dirilis dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, menemukan bahwa ritme sirkadian berlangsung antara 1,7 dan 2,3 ham, atau delapan ketukan per menit lebih cepat daripada cowok. Hal ini dipengaruhi oleh hormonal antara cowok dan cewek.

3. Jantung dapat berdetak di luar tubuh

Pernah lihat atau nonton film dimana jantung berdetak di luar tubuh? Itu bukan fiksi Kawan Muad. Menurut ahli jantung Dr. Joseph Mercola dalam dokumentasi lmiah bertajuk “Of Hearts and Minds” menyebutkan bahwa hal ini terjadi lantaran jantung manusia punya otot yang kompleks dan mempunyai sistem elektrik yang membuatnya bisa berdetak di luar tubuh. Tentunya itu terjadi selama ada persedian oksigen yang cukup.

4. Jantung memompa banyak darah

Seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung selama kamu hidup? Perbandingannya hampir sama dengan keran air di tempat cuci piring yang dibuka selama 45 tahun. Jadi jawabannya banyak buaaaangeeett!

5. Tertawa meningkatkan aliran darah ke jantung

Ketawa itu bikin awet muda bukan mitos. Menurut WebM, tertawa sangat baik untuk jantung kita. “Tawa perut yang baik dapat memberikan 20 persen darah lebih banyak yang mengalir ke seluruh tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa ketika seseorang menonton film lucu, aliran darah mereka meningkat. Itu sebabnya tawa mungkin menjadi obat penangkal stres paling sempurna.”

6. Energi yang dihasilkan bisa mengantar kamu sampai ke bulan

via: giphy

Gombalan “CIntaku lebih besar daripada bulan.” atau “Demi cintamu aku rela bolak-balik ke bulan” didasari oleh fakta ini. Situs Fact Retriever melaporkan bahwa jumlah energi yang dihasilkan oleh jantung selama hidup mereka setara dengan energi yang dibutuhkan untuk mengantarakan seseorang ke bulan. Wadiaw!

7. Kurang tidur bikin detak jantung gak teratur

via giphy.com

Bahaya kesehatan ini sering banget dianggap remeh sama Kawan Muda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Science Daily menunjukan bahwa kurang tidur berpotensi membuat detak jantung kamu gak beraturan hingga 29 persen.

8. Detak jantung orang jatuh cinta bisa selaras

Studi dari University of California membuktikan bahwa dua orang yang sedang jatuh cinta dapat membuat detak jantung mereka selaras. “Para peneliti berspekulasi bahwa perempuan (punya) hubungan kuat dengan pasangan mereka akan membuat hubungan mereka banyak empati.”

9. Tekanan jantung cukup untuk menyemburkan darah sejauh 30 kaki

Jantung manusia adalah organ paling kuat. Tekanan jantung saat kontraksi dapat menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki, menurut situs MonkMed.

10. Putus cinta berbahaya buat jantung

via: giphy

Ini bukan teori doang, Mayo Clinic melaporkan bahwa sindrom patah hati akan membuat kamu nyeri dada dan sesak napas yang mirip dengan serangan jantung. “Sindrom patah hati berbahaya karena adanya reaksi jantung terhadap lonjakan stres.”

Walaupun kasus orang meninggal lantaran gagal jantung habis patah hati gak banyak, namun dari kasus ini seenggaknya kita bisa lebih berhati-hati dan memikirkan hal-hal positif sekaligus menyenangkan untuk kesehatan jantung kita. (sds)

Comments

comments