Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Hari pertama masuk bisa banget diibaratin hari pencitraan besar-besaran bagi anak yang baru naik tingkat, entah itu ke SMP, SMA, atau universitas. Anak-anak yang dulu tampil sebagai si pendiam cupu yang oldschool bisa ngerubah image jadi si asik nerdy yang trendy, begitu juga sebaliknya.

Sayangnya, pencitraan ulang itu sering gagal akibat terlalu bersemangat ditambah grogi karena engga tau apa yang harus dilakuin. Makanya, Genmuda.com mau ngasih tau kamu caranya ngasih first impression sebagai anak keren di hari pertama. Lakuin aja 10 hal di bawah ini.

1. Tidur lebih cepet

(Sumber: Instagram/Sheryl Sheinafia)
Tidur deh sangking lama jalannya (Sumber: Instagram/Sheryl Sheinafia)

Engga mau jadi anak lemot di hari pertama sekolah kan? Makanya, jaga konsentrasi tetep tinggi dengan cukup tidur. Selain itu, tidur cukup juga engga bikin mata kamu kayak mata panda dan kamu bisa tampil cakep tanpa riasan sekalipun.

2. Pakai seragam yang fit

sragam-batik-sekolah
(Sumber: ANTARA FOTO)

Sebelum tidur, jangan lupa siapin seragam yang fit engga terlalu besar atau kesempitan kalau kamu pengen ke sekolah bergaya casual. Kecuali, kamu pengen tampil retro, karena seragam kebesaran dan kesempitan terakhir kali keren tuh sejak sekitar sepuluh hingga dua puluh tahun lalu.

3. Wangi

(Sumber: Istimewa)

Seimbangin dong gaya yang udah kekinian dan muka udah seger cukup tidur dengan badan dan mulut wangi. Jadi, jangan lupa mandi yang bersih, sabunan, keramas, sikat gigi, dan terakhir semprot parfum. Badan wangi kan engga bikin temen-temen baru kamu pada jijik.

4. Punya nama panggilan seru

via tumblr.com

Jangan nanggung deh kalo mau pencitraan. Kamu yang engga suka dengan nama panggilan semasa dulu bisa bikin nama panggilan sendiri yang lebih keren, seru, dan kamu banget. Terus, langsung kasi tau nama panggilan itu ketika berkenalan sama orang biar kamu engga dikasih panggilan aneh-aneh sama temen.

“Hai, nama gue Charisma Rahmat Pamungkas tapi panggil aja gue Mamet.” Hazek!

5. Berangkat bareng besties

via bintang.com
(Sumber: Bintang.com)

Tunjukin juga kegaulan kamu dengan berangkat sekolah bareng temen, sekalipun kalian beda sekolah. Ya kan? Pasti kamu bakalan tambah pede kan kalo ngelewatin hari pertama bersama orang yang udah dikenal. Udah gitu, bakal keliatan keren karena belum mulai pelajaran aja udah punya geng.

6. Punya lingo baru

via Istimewa
Tulisan yang di papan tulis itu termasuk lingo gaul. Tapi, pada masanya dulu. (Sumber: Istimewa)

Istilah-istilah di masa dulu jangan dibawa-bawa ke tingkat pendidikan baru, deh. Kata-kata macam “Salfok,” “sans,” apalagi “takis” tuh tahun lalu banget. Masa masih ngomong takis sih? Takis Entertainment aja udah bubar.

7. Tampinin gaya baru

(Sumber: tygimage)

Ganti gaya rambut, frame kacamata, jam tangan, sepatu supaya pencitraan kamu bisa total. Meminjam aksesoris-aksesoris keren sama sodara atau temen juga boleh, asal jangan sampai ketauan orang lain karena kamu bisa dikira seseorang gak modal yang maksain diri tampil keren. Zonk, deh.

8. Cari banyak temen

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Mau kamu pendiam atau periang, punya banyak temen selalu jadi cara tampil keren. Selain itu, kamu juga punya banyak orang yang suatu saat bisa bantu kamu menyelesaikan sebuah masalah sesepele ngerjain tugas.

9. Siapin foto liburan

pantai-kuta
(Sumber: phinemo.com)

Foto liburan yang dimaksud ini gak mesti foto dengan latar belakang pantai berpasir putih atau puncak gunung berlangit biru. Bisa juga screenshot game komputer dengan spec “ULTRA HIGH” untuk nandain kamu tuh gamer sejati atau kegiatan lain sepanjang liburan kamu.

Kalo foto-fotonya udah diupload ke medsos, bagus! Biar orang-orang bisa liat. Kalo belum, gak apa. Jadi, fotonya bisa dintujukin langsung ke temen saat kamu nyeritain liburan kamu yang seru tapi sebenernya sih biasa aja.

10. Bikin band

©Genmuda.com/2016 TIM
Penampilan Trees & The Wild yang musiknya ambience banget bikin penonton ngefly sendiri. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Kalo anak band gak keren, mana ada orang yang mau bikin band dan nonton band. Mau alirannya pop, rock, jazz, atau EDM, tergabung ke dalam sebuah kelompok musik tuh bikin tingkat kekerenan kamu +273.648 atau mungkin lebih. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.