Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Udah tau ceritanya klise, eh penontonnya masih aja percaya. Inilah yang sering terjadi dalam cerita-cerita film horor. Entah tokoh antagonisnya kasat mata atau engga kasat mata. Saking klisenya, mungkin lo akan familiar dengan 10 adegan gak masuk akal di bawah ini!

1. Suka cari-cari masalah

via Ouija
Salah satu adegan horor di film Ouija. (Sumber: Istimewa)

Awal film diceritakan ada sesuatu yang terlarang atau bahkan gak masuk akal. Tapi entah gimana tokoh-tokoh di film horor bakal cari-cari masalah dengan ‘yang dilarang’ tersebut. Padahal dia bisa aja selamat kalo engga cari-cari masalah. Iya kan?

2. Udah tau seram, eh malah disamperin

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ada suara misterius, lampu tiba-tiba nyala sendiri, atau sesuatu yang mencurigakan di tempat angker, ini malah disamperin. Seriously??? Tau sih kalo itu seninya film horor, tapi secara logika mau ngapain orang nyamperin hal mengerikan kayak gitu?

3. Lebih baik berpencar daripada berbarengan

(Sumber: Istimewa)

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Eh ini malah pada berpencar satu-satu. Dalam kehidupan nyata, apalagi kondisinya mengancam nyawa, adegan satu ini jelas terasa bodoh dan konyol.

4. Gak pernah kepikiran ke tempat ramai

via thecinemen.com
(Sumber: Istimewa)

Ada juga kasusnya film horor dengan latar kehidupan di kota-kota besar. Tapi lucunya adegan kemudian cuma fokus pada satu tempat kecil dan menyeramka. Padahal kalo karakternya pindah kei tempat ramai pasti bakal banyak orang yang nolongin.

5. Panik, terus ‘ada aja’ apesnya

Dokumentasi Blumhouse
(Dok Blumhouse)

Ini gak kalah klise dari semua adegan film horor. Tokoh utamanya lari ketakutan terus kesandung dan jatuh. Belum lagi saat panik dan genting pasti selalu aja ada apesnya. Entah pintunya macet, kunci mobilnya hilang, atau mantra habis. Gitu-gitu aja terus triknya.

6. Pasti ada karakter serba tau

via imdb.com
(Sumber: imdb.com)

Selanjutnya penonton bakal kenalan sama tokoh serba tau di film horor. Adegan tokoh ini pasti muncul saat terornya udah berlangsung setengah film. Dia biasanya muncul sebagai solusi masalah untuk mengalahkan tokoh antagonis di dalam film. Endingnya bisa dia yang terbunuh atau malah jadi penyelamat. Klise banget lah!

7. Matinya satu-satu

©GoodHouse/2018
©GoodHouse/2018

Selain emang buat kebutuhan durasi, lo pasti bertanya-tanya kenapa tokoh-tokoh film horor matinya harus satu persatu. Seolah gak berani keroyokan kayak anak STM, para karakter antagonis di film horor pasti muncul dari adegan di poin kedua.

8. Gak ada yang percaya tokoh utama

©GoodHouse/2018
©GoodHouse/2018

Setelah shock dikejar hantu, teman-temannya tewas, hingga banyak kejadian di gak masuk akal, selalu ada adegan di film horor dimana semua yang telah dilalui oleh tokoh utama dianggap halusinasi. Semua orang di dalam film seperti dibuat engga percaya sama kata-katanya. Basi kan!

9. Paginya cepat, malamnya lama

©CBS Films, Lionsgate/2019
©CBS Films, Lionsgate/2019

Adegan konyol satu ini pasti selalu muncul di benak pikiran lo. Baru juga ketemu pagi, eh latarnya udah balik malam lagi.

10. Antagonisnya selalu hidup lagi

©WarnerBros Pictures/2019
©WarnerBros Pictures/2019

Setelah perjuangan panjang hingga berdarah-darah, ending film horor selalu menyisakan adegan klise dimana tokoh antagonisnya gak benar-benar mati. Kalo musuhnya setan, ternyata ia cuma pindah ke prantara lain. Kalo musuhnya manusia, ternyata kutukannya belum patah atau ia masih punya keturunan yang menyimpan dendam dengan tokoh utamanya. Gitu aja terus sampai tujuh turunan.

Comments

comments